Motor Jawa 350 OHC motor jadul era 60-70an


Stuff | 25 April 2017

Disain motor klasik masih di produksi oleh Jawa Motor asal Ceko

Pabrikan motor dari Republik Ceko memiliki perusahaan motor Jawa.

Tidak berhubungan dengan nama Indonesia, hanya mirip saja. Motor Jawa kembali memperkenalkan motor klasik 350 OHC.

Dengan mesin 4 tahap dan pernah menjadi motor legendaris. Maklum motor Jawa ini sudah berusia 88 tahun.

Walau motor Jawa 350 OHC mungkin tidak menarik kalangan muda. Tapi pengendara yang sudah berumur di Eropa mungkin mengenal motor ini.

Peninggalan motor Jawa seperti model Grand Prix 250 dan model 350cc di era 50 an dan 60 an. Sampai tahun 1987 pabrik tersebut telah memproduksi 3 juta motor.

Tahun 1990an perusahaan Jawa tidak berhenti dan masih berproduksi. Varian 350 yang lebih terjangkau dan dapat diandalkan. Pabrik Jawa berada di Tynec Nad Sazavou, entah dimana letaknya pastinya ada di negara Ceko. Pabrik tersebut masih memproduksi motor klasik model 350 tipe 640. Dan sampai saat ini tidak banyak berubah sejak diproduksi 1991.

Mesin klasik silinder Twin masih dipasarkan ke Rusia dan Amerika Tengah. Kecuali Eropa memang dilarang dijual disana, karena aturan emisi yang ketat.

Kekuatan motor Jawa 350 OHC memiliki silinder 397cc dengan tenaga 27,4 hp atau 20,4kW pada putaran 6500rpm. Kekuatan motor Jawa sedikit lebih rendah dibanding Honda, mungkin rasio kompresi yang berbeda.
Disain berganti dengan gaya motor Roadster klasik gaya motor Inggris dengan roda 19 inci depan dan 18 inci belakang, tangki bahan bakar 12 liter. Walau klasik berat motor Jawa mencapai 160kg (tanki kosong. Teknologi yang ditambahkan dengan sistem ABS mengikuti standar Eropa.  Harganya tidak murah, motor Jawa 350cc terbaru mencapai $4.000.
Model motor lain juga tampil seperti tipe 645 Classic dan 660 Vintage yang diperkenalkan tahun 2011.



Tertarik melihat disain moto retro dari pabrikan Jawa Ceko dapat dilihat via website Jawa

Berita terkait
Kendaraan apa yang masih mampu berjalan di ketinggian 6000 meter. Ketika kandungan oksigen tipis membuat mesin akan kehilangan tenaga dorong. Rekor baru dari Unimog U5023 ternyata mampu pergi ke ketinggian tersebut. Tidak kosong, tapi membawa beban pemancar radio darurat di puncak gunung api aktif tertinggi

Bugatti Chiron menjadi mobil tercepat saat ini. Sebagian terjual tanpa demo unit dari dealer Bugatti. Bugatti hanya mampu memproduksi 70 kendaran pertahun untuk edisi terbatas Chiron. 2 Agustus 2019, menembus kecepatan 490 km perjam



Motor Harley cc besar sering dimodifikasi untuk tampil menarik. Disain motor rancangan modder luar negeri mampu merubah tampilan motor lebih keren dibanding disain aslinya.

Mobil  Lamborghini Sesto KW ini bukan asli, tapi dirancang oleh pencinta kendaraan asal Kyrgyzstan. Mereka membangun mobil tersebut dari rangka mobil Volvo tua. Versi aslinya hanya di produksi terbatas

Motor Black Pearl dirancang membuat motor kostum Revatu. Motor Black Pearl mengunakan mesin steam seperti sistem pengerak kereta jaman dulu. Tidak terlalu cepat, tapi tidak perlu mampir ke stasiun pompa bensin.

Motor Honda Bulldog ini masih dirancang dengan mesin 400cc, tapi roda motor dirancang berukuran 15 inci. Ada yang menarik dari disain motor jalan jalan keluar kota ini. Di bagian tangki depan, terdapat ruang bagasi untuk membawa barang.

Motor kelas Moge rancangan BMW ini memiliki kapasitas mesin 1200cc. BMW Urban Racer tampil dengan disain futuristik. Mengunakan twin engine mampu menghasilkan tenaga 115 HP. Ada lagi yang lebih heboh.




No popular articles found.
< /body>