Polusi knalpot mesin diesel dapat masuk ke paru dan darah


Kategori : Green | Date : 21 February 2019
Penelitian terbaru gas buang kendaraan diesel berukuran nanopartikel masuk ke tubuh
Pertama kali pembuktian dari partikel beracun dari kendaraan diesel dapat masuk ke paru paru dan masuk ke aliran darah. Beresiko meningkatkan serangan jantung dan stroke kata peneliti.

Pengukuran oleh tim riset ini membuktikan dengan alat nanopartikel, dimana peralatan kesehatan pemerintah tidak dapat mengukur. Partikel beracun dapat tinggal di dalam tubuh berbulan bulan dan cenderung terbentuk di daerah yang paling rentan terhadap penyakit.

Ilmuwan sudah mengetahui bila polusi udara itu buruk bagi paru paru manusia. Namun tim peneliti tidak mengetahui mengapa asap knalpot bisa menembus masuk ke dalam tubuh.

Tim peneliti dari universitas Edinburgh kali ini mengunakan peralatan berbeda dengan alat lebih sensitif. Mengunakan bahan nanopartile emas, dai dibuat setingkat diesel. Lalu percobaan kepada manusia dengan simulasi bersepeda di dalam kota.

Dengan melihat sampel tubuh, mereka menemukan kandungan emas terakumulasi di daerah lemak di dalam pembuluh darah.. Dan bagian tersebut berada di daerah paling beresiko seseorang terkena serangan jantung atau stroke.
Berdasarka data penelitian sebelumnya dengan penyakit jantung dan stroke. 80% dari kematian 50 ribu kematian dini setiap tahun disebabkan polusi udara di Inggris.

Dr Nicholas Mills, Profesor Kardiologi di Edinburgh dan salah satu rekan penulis studi ini. Kami menduga partikel nano di udara yang kita hirup memang bisa masuk ke dalam tubuh ketika terhirup oleh paru paru. Tapi tidak bisa dibuktikan.

Polusi knalpot mesin diesel dapat masuk ke paru dan darah

Yang lebih berbahaya lagi, partikel emisi knalpot mobil juga menembus masker yang fungsinya untuk menahan polusi dan digunakan para pengendara sepeda.
Dr Mark Miller, yang memimpin studi di Edinburgh mengatakan sangat mengejutkan partile dari udara untuk kita bernapas, dapat masuk ke dalam darah kita dan dapat membawa mereka ke bagian tubuh lain.

Solusi polusi dari kendaraan diesel juga dipertanyakan. Apakah bisa kendaraan diesel dipasangkan dengan saringan partikel. Karena kinerja kendaraan menjadi tidak efisien dan perlu membakar lebih banyak bahan bakar dan hasilnya lebih mahal. Tim peneliti hanya menyarankan filter knalpot kendaraan seharusnya wajib dipasang.
Mesin diesel menghasilkan gas buang nanopartikel sampai 50x lebih banyak dibanding kendaraan bensin.



Bagi mereka yang berada di jalan, khususnya pengendara sepeda. Emisi kendaraan bermotor akan menjadi masalah. Kota di Indonesia sudah memasang sensor pencemaran udara. Greenpeace Indonesia memiliki peralatan lebih sensitif untuk memonitor polusi udara di berapa kota di Jakarta dengan aplikasi Android UdaraKita

Studi dengan laporan resmi - Februari 2019
Kendaraan bermotor bertanggung jawab atas 47% meninggalnya penduduk.
Tingkat kematian naik 66% di Perancis, Jerman, Italia dan India. Dimana disana masih mengunakan mesin diesel.

Penelitian dari International Council on Clean Transportation (ICCT) yang juga menungkap kecurangan produsen VW di tahun 2015 beserta 2 universitas.
Mereka menemukan bahwa sektor transportasi global bertanggung jawab atas 11 persen dari 3,4 juta kematian prematur setiap tahun yang disebabkan oleh polusi dari partikel halus (PM2.5) dan paparan ozon di permukaan tanah.

Biaya beban kesehatan yang disebabkan oleh polusi transportasi, yang telah dikaitkan dengan penyakit paru-paru, jantung, dan diabetes, bertambah hingga $ 1 triliun (880 miliar euro) pada 2015, kata mereka.
Kematian terkait dengan polusi transportasi

Di China saja, sekitar 114.000 orang menjadi korban asap knalpot kendaraan tahun itu, tetapi itu masih hanya menyumbang 10 persen dari polusi seluruh China
Amerika Serikat melihat 22.000 kematian akibat polusi transportasi, yang 43 persennya terkait dengan mesin diesel.
Sementara itu India mencatat 74.000 kematian dini akibat knalpot kendaraan, dibandingkan dengan 13.000 di Jerman, 7.800 di Italia dan 6.400 di Prancis.

Terburuk ada di Jerman dengan 17 kematian dini per 100.000 penduduk akibata asap knalpot— tiga kali lebih tinggi dari rata-rata global.
Milan, Turin, Stuttgart, Kiev, Cologne, Berlin dan London adalah di antara kota paling mematikan dalam hal polusi transportasi, catat para peneliti.

Para penulis mengingatkan bahwa perkiraan mereka "konservatif" karena studi mereka tidak memperhitungkan semua jenis emisi berbahaya atau penyakit yang berhubungan dengan polusi.

AC disain modern mengunakan lengkungan di bodi, dapat diatur dengan remote smartphone. Mesin AC SmartMi DC Air Conditioner dengan rating 1,5HP. Memiliki kapasitas pendingin 3500W dan pemanas 4500W dengan volume udara 700 meter persegi perjam.

Topher White seorang insinyur dari San Francisco pernah mendaki dan bekerja untuk hutan Indonesia. Idenya lahir untuk membuat alat yang dapat mendengar mesin gergaji. Lain lagi upaya PES, lebih baik memberikan subsidi kepada masyarakat untuk biaya hidup bila mereka tidak menebang hutan



Apa yang terjadi pada tubuh ketika lari marathon. Membuat tubuh seperti pengilingan daging. Tubuh menjadi panas seperti demam, ginjal  terganggu, sampai kalori dalam tubuh terkuras habis. Disini pelari akan seperti menabrak dinding.

Aplikasi untuk menditeksi polusi udara di kota kota Indonesia. Dimana sensor dipasang di dekat jalan yang ramai, ditampilkan di layar smartphone anda. Dan kita dapat menghindari daerah dengan polusi berbahaya ditengah kota Indonesia

Senin kemarin, tingkat polusi mencapai 700mg, dan di beberapa tempat mencapai 1000. Angka tersebut 16x lebih tinggi dari ambang batas aman dan 70x lebih tinggi dari ketentuan badan WHO.
Tingkat polusi setara memasok 3 bungkus rokok bagi seluruh penduduk kota. Yang ramai adalah rumah sakit, pasien datang dengan keluhan sesak napas, pusing, nyeri dada dan lainnya.

Berkebun bukan kegiatan orang tua saja, tapi bisa dilakukan untuk yang muda. Manfaatnya dapat melatih otak karena kegiatan rutin untuk menyiram tanaman, setara olahraga, melakukan diet sampai menurunkan tingkat stress



No popular articles found.