Microsoft sudah lama bekerja dengan ARM. Windows RT dengan bentuk notebook murah malah tidak diterima oleh pasar.

Alasannya terlalu sederhana, dan kemampuannya masih dibawah notebook berbasis Windows dengan procesor Intel.

Tapi kabar terbaru, ARM arsitek akan mengerjakan tugas procesor untuk PC dengan OS Windows 10.

CEO Qualcomm Steve Mollenkopf memberikan informsai terbaru tentang masa depan Windows dan Arm procesor. Bahkan computer berbasis ARM akan hadir tahun ini.

Microsoft dan Qualcomm pertama kali mengungkap rencana pembuatan PC berbasis procesor ARM pada bulan Desember 2016. Namun hanya sedikit rincian yang diberitakan ketika itu.
Microsoft belajar dari masa lalu, dan tidak mau produk mereka gagal seperti Windows RT. Ketika Windows RT tidak mendukung aplikasi untuk desktop sepenuhnya.
Tampilan Windows RT langsung tergerus oleh Tablet dan iPad yang lebih sederhana.

Microsoft akan mengembangkan emulator internal di OS Windows 10 untuk ARM procesor. Jadi aplikasi desktop dapat bekerja seperti biasa.

ARM procesor untuk Windows 10

Microsoft sudah menampilkan Windows 10 tanpa lag berarti mengunakan procesor Qualcomm Snapdragon 820. Bekerja baik dengan Edge bahkan Photoshop.
Dengan procesor arsitek ARM, maka sebuah notebook akan lebih hemat power, baterai tahan lama dibanding notebook biasa, mendukung modem selular seperti smartphone yang dapat terkoneksi internet langsung.

Microsoft kali ini berbeda. Akan membuat notebook berbasis ARM dengan kekuatan procesor terbaru. Sehingga produsen dapat menghemat komponen dibanding membuat notebook dengan procesor Intel.

Lenovo kabarnya berencana ikut membuat Windows berbasis ARM notebook.

Video dibawah ini ketika Microsoft menampilkan Windows 10 dengan aplikasi Photoshop.



Update Mei 2017

Qualcomm akan membawa Windows 10 tampil di sebuah notebook dengan procesor hemat power. Mengunakan teknologi emulasi, proses Windows ARM dapat berjalan baik di procesor kecil. Asus, HP, dan Lenovo produsen notebook tertarik membuat notebook 2-1.

Notebook dengan power procesor smartphone, membuat sistem baterai lebih hemat artinya notebook tidak memerlukan kapasitas baterai besar. Rancangan sirkuit dapat diperkecil setidaknya 3-050% dari ukuran board notebook biasa. Tidak memerlukan sistem pendingin dengan fan besar, dan procesor mengunakan pendingin pasif.
Daya tahan notebook menjadi lebih lama, sekaligus fungsinya dengan jaringan internet 4G LTE dan notebook dapat terus terhubung ke internet dengan chip X16 LTE modem.
Notebook Windows 10 ARM akan mendukung Gigabit LTE.

Salah satu fitur yang disebut Qualcomm, notebook dapat bekerja secara background. Walau layar sudah di tutup dan Windows 10 dalam sleep mode, sistem komunikasi tetap bekerja. Notebook seperti smartphone, memiliki bagian eSIM untuk jaringan provider.

Untuk tampilan grafik, karena Snadragon 835 memiliki GPU Kyro 280 maka tampilan grafik dapat lebih hemat untuk menampilkan gambar pada panel LCD notebook. Membuat baterai notebook 50% dapat bertahan lebih lama.

Apakah semua software Windows dapat bekerja di Windows 10 ARM. Sebagian besar, termasuk aplikasi Universal Windows Platform dapat bekerja biasa, dan Win32 akan bekerja dengan kernal sistem proses emulasi.  Qualcomm mengatkan Windows 10 ARM dengan Snapdragon 835 dapat bersaing dengan produk procesor Intel seri Y.

Tapi harga notebook Windows 10 ARM sebagai notebook murah ternyata tidak. Model pemula minimal $400, dan model paling lengkap mencapai $700.

ARM procesor untuk Windows 10 disain board notebook