Microsoft sudah lama bekerja dengan ARM. Windows RT dengan bentuk notebook murah malah tidak diterima oleh pasar.

Alasannya terlalu sederhana, dan kemampuannya masih dibawah notebook berbasis Windows dengan procesor Intel.

Tapi kabar terbaru, ARM arsitek akan mengerjakan tugas procesor untuk PC dengan OS Windows 10.

CEO Qualcomm Steve Mollenkopf memberikan informsai terbaru tentang masa depan Windows dan Arm procesor. Bahkan computer berbasis ARM akan hadir tahun ini.

Microsoft dan Qualcomm pertama kali mengungkap rencana pembuatan PC berbasis procesor ARM pada bulan Desember 2016. Namun hanya sedikit rincian yang diberitakan ketika itu.
Microsoft belajar dari masa lalu, dan tidak mau produk mereka gagal seperti Windows RT. Ketika Windows RT tidak mendukung aplikasi untuk desktop sepenuhnya.
Tampilan Windows RT langsung tergerus oleh Tablet dan iPad yang lebih sederhana.

Microsoft akan mengembangkan emulator internal di OS Windows 10 untuk ARM procesor. Jadi aplikasi desktop dapat bekerja seperti biasa.

ARM procesor untuk Windows 10

Microsoft sudah menampilkan Windows 10 tanpa lag berarti mengunakan procesor Qualcomm Snapdragon 820. Bekerja baik dengan Edge bahkan Photoshop.
Dengan procesor arsitek ARM, maka sebuah notebook akan lebih hemat power, baterai tahan lama dibanding notebook biasa, mendukung modem selular seperti smartphone yang dapat terkoneksi internet langsung.

Dibanding procesor Intel dan AMD. Seharusnya procesor ARM akan lebih murah. Artinya sebuah notebook dengan procesor ARM akan lebih murah dibanding notebook biasa.
Google memiliki notebook berbasis ARM yang disebut Chromebook. Masalahnya pengembangan Chromebook masih mengunakan procesor kecepatan rendah. Tentu saja harga yang ditawarkan harus murah, jadinya procesor diambil yang murah.

Microsoft kali ini berbeda. Akan membuat notebook berbasis ARM dengan kekuatan procesor terbaru. Sehingga produsen dapat menghemat komponen dibanding membuat notebook dengan procesor Intel.

Lenovo kabarnya berencana ikut membuat Windows berbasis ARM notebook.

Sejauh ini, hanya kabar diatas yang terungkap ke media. Mungkin Microsoft atau Qualcomm akan membicarakan pada konferensi Build pada bulan Mei 2017.

Video dibawah ini ketika Microsoft menampilkan Windows 10 dengan aplikasi Photoshop.