Produsen mobil berlomba memasarkan mobil listrik. Tapi ada permainan lain di bisnis energi listrik yaitu power listrik.

Tesla sudah membuat power listrik yang dapat digantung, model Powerwall berisikan baterai yang dapat menyimpan energi listrik dari panel surya atau sumber terbarukan lain.

Mercedez juga menawarkan produk dengan nama Mercedez Benz Energy, memiliki bentuk kotak berisikan baterai untuk menyimpan energi.

Mercedez Benz Energy dikembangkan oleh ACCUmotive, anak perusahaan Daimler yang merancang baterai untuk mobil hibrida. Mengunakan bahan baterai lithium untuk menyimpan listrik dari panel surya atau turbin angin.

Satu kemasan baterai dapat menampung 2,5kWh dan dapat dipasang modular sampai beberapa unit untuk menyimpan total 20kWh energi. 4 modul baterai lithium dapat digabung menjadi satu unit output power.
Skala power masih lebih kuat dari produk Tesla yang menampung 7,5 - 10kWh permodul atau digabung menjadi 58kWh.

Mercedez Benz Energy dapat menampung energi sampai 90% di baterai. satumodel 2,5kWh dapat dipakai untuk output 2,3kWh, atau 10kWh untuk 9,2kWh. Mercedez mengatakan baterai dapat digunakan 10 tahun dengan penurunan kapasitasnya menjadi 80% dari kapasitas awal. Untuk suhu ruang disarankan baterai diletakan pada suhu ruang 6-44 deg.C
Energi berlebih atau ketika tidak dipakai dapat disimpan ke baterai dan digunakan sebagai energi cadangan ketika jaringan listrik naik atau jam sibuk. Sehingga biaya listrik pada jam tertentu lebih rendah dengan mengambil energi dari baterai.

Mercedez Benz Energy powerbank tidak murah, untuk pemasangan standar mencapai $10.000. Termasuk biaya pemasangan.
Satu modul baterai 2,5kWh dijual $5000, atau kapasitas terbesar 13.000 dollar untuk kapasitas 20kWh.


Powerbank Mercedez Benz Energy satu modul 2,5 kWh

Tesla menawarkan Powerpack yang dapat menyimpan power sangat besar mencapai 210kWh perunit
Nissan memiliki xStorage Home.

Pengunaan powerbank di rumah kapasitas besar menarik penguna mobil listrik yang ingin lingkungan lebih baik. Untuk mengisi baterai kendaraan listrik sebenarnya biayanya 0, bila sebuah rumah sudah memiliki panel surya dan pengisian baterai.
Sedangkan pengunaan power listrik dari baterai banyak dipilih oleh penguna di rumah pada malam hari. Rata rata rumah di Amerika menghabiskan listrik 30kw setiap harinya. Dan menghindari tagihan listrik yang naik pada peak hours.

Bila listrik padam, produk baterai dari Mercedez-Benz dapat digunakan untuk power listrik. Dengan baterai  20kWh cukup untuk menyalakan semua peralatan di rumah selama 18 jam. Tesla dengan 13,5kWh mampu memberikan power 12jam. Bila tidak mengunakan power besar seperti peralatan pemangang listrik, pengering rambut, bateari dapat digunakan 2 hari.

Biaya baterai untuk sumber listrik disana lebih murah, dibanding membeli generator listrik. Satu perangkat portabel generator 7000W setidaknya seharga $1.000-1.500 perunit, dan membutuhkan bahan bakar. Untuk generator kelas industri seperti generator listrik Honda mencapai $4.000

Data dari Daimler