Planet LHS 1140b seukuran bumi dengan radius 18 ribu km


Kategori : Science | Date : 20 April 2017
Planet LHS 110b mengitari bintang setiap 24 hari sekali
Sebuah planet ekstrasurya terlihat mengorbit di sebuah bintang katai merah, jaraknya 40 tahun cahaya dari Bumi.

Mungkin planet ini menjadi tempat untuk mencari tanda tanda kehidupan diluar tata surya

Tim astronom ESO mengunakan instrumen HARPS dari teleskop di Las Silla dan dibantu oleh beberapa teleskop di seluruh dunia.

Ditemukan sebuah planet bahkan disebut Super Earth yang mengorbit di zona layak huni.

Bintang LHS 1140 adalah bintang dengan cahaya merah, ukuran tidak besar dan masuk sebagai bintang tipe M. Sehingga cahayanya tidak panas walau planet cukup dekat ke bintang.

Letak bintang LHS 1140 berada di konstelasi Cetus. Sedangkan planet LHS 1140b jaraknya hanya 1/10 lebih dekat dibanding jarak matahari dan bumi. Dan planet LHS 1140 juga menerika cahaya dari pans bintang hanya separuh saja.
Untuk posisi planet, astronom memperkirakan jaraknya berada di tengah tengah area zona habitat.



Peneliti menyebut bintang LHS 1140 berputer lebih lambat dan tidak terlalu memancarkan energi tinggi seperti bintang serupa kata Nicola Astudillo Defru dari observastorium Jenewa Swiss. Dengan kondisi seperti ini, planet dengan poisisi ini dapat memiliki air atau permukaan cairann dan mempertahankan suasana atmofer.

Bintang katai merah atau bintang kerdi, umumnya memancarkan radiasi yang merusak atmofer planet yang mengorbit di sekitarnya. Ukuran planet besar akan terpapar radiasi dan menjadi samudra magma selama jutaan tahun. Akibat lava yang bergolak dipermukaan planet akan memberi uap ke atmofer ketika bintang kembali tenang seperti saat ini di LHS 1140b. Setelah cahaya stabil maka planet dapat terisi kembali dengan air.





Penemuan planet LHS 1140b diawali dari pemindaian di fasilitas MEarth yang menditeksi tanda pertama bahwa ada sebuah planet melintas di depan sebuah bintang. Dan ditindaklanjuti dengan teleskop HARPS milik badan antariksa Eropa ESO.

Peneliti mengatakn usia planet LHS 1140b setidaknya sudah 5 miliar tahun. Dan ukuran planet tersebut 1,4x lebih besar dari planet bumi, radius planet sekitar 18.000km.
Untuk mengungkap lebih lanjut seperti apa planet LHS 1140b, masih harus menunggu teleskop lebih besar dari ELT atau Extremely Large Telescop beroperasi.

+ ESO

Berita terkait
Bagaimana manusia mencari planet lain seperti bumi dengan teleskop Kepler. 30 tahun lalu kita tidak tahu ada planet lain di luar tata surya. Instrumen baru, astronom dapat membuka mata adanya tata surya dan planet di bintang lain. 4000 Exoplanet telah ditemukan, tapi tidak ada satupun yang mendukung kehidupan.

Tata surya di bintang Ci Tau ini bikin geleng geleng kepala para ahli. Letaknya 518 tahun cahaya dari Bumi Sekarang yang terlihat aneh sebenarnya tidak aneh, yang aneh adalah bintang induknya sendiri diperkirakan planet yang muncul disana dari usia bintang yang hanya 2 juta tahun. Tata surya Ci Tau telah diperkirakan ada 4 planet gas raksasa



Planet Wolf 503b diketahui sebagai Exoplanet. Berada pada jarak 145 tahun cahaya dari Bumi. Ditemukan pada tahun 2018. Planet Wolf 503b lebih mudah diteliti karena data dari planet dapat terlihat ketika melewati bintang induknya. Sejauh ini tipe planet Wolf 503b belum ditemukan memiliki bentuk dan posisi yang sama di galaksi kita.

Planet Wasp-104b diperkirakan menjadi planet paling gelap yang pernah ditemukan. Benar benar gelap, sampai 97-99% cahaya diserap oleh planetnya sendiri layaknya rumah kaca di dalam planet

Planet K2-18b ditemukan tahun 2015, memiliki orbit di zona habitat. Ditemukan oleh teleskop Kepler ketika planet transit di depan bintang. Mengorbit ke bintang kerdil merah atau Red Dwarf Star setiap 33 hari. Memiliki atmofer dan berbatu seperti Bumi.

Tim astronom dengan peralatan BOSS - Baryon Oscillation Spectroscopic Survey memetakan seperempat bagian langit, dengan program Sloan Digital Sky Survey - SDSS III. Menjadi peta paling lengkap yang dibuat dari isi sebagian alam semesta. Mencapai 650 kubik miliar tahun cahaya.

Michelle Kunimoto 22 tahun seorang mahasiswa di universitas Columbia. Dia tertarik dengan planet yang jauh. Sebagai mahasiswa dia mengambil bagian untuk menganalisa data dari teleskop ruang angkasa Kepler. Dan dia menemukan 4 planet dan satu planet diantaranya adalah seukuran planet Neptunus di posisi hangat.



Peneliti menemukan sebuah planet HD 20782b, dengan orbit paling unik dan esentrik yang pernah ditemukan. Memiliki eksentrisitas 0,96 atau bentuk elips hampir seperti garis datar. Dari orbit terjauh, lalu seperti ketapel dan mendekat cepat ke arah bintang. Seperti apa tinggal di planet ini.




No popular articles found.