Sebuah planet ekstrasurya terlihat mengorbit di sebuah bintang katai merah, jaraknya 40 tahun cahaya dari Bumi.

Mungkin planet ini menjadi tempat untuk mencari tanda tanda kehidupan diluar tata surya

Tim astronom ESO mengunakan instrumen HARPS dari teleskop di Las Silla dan dibantu oleh beberapa teleskop di seluruh dunia.

Ditemukan sebuah planet bahkan disebut Super Earth yang mengorbit di zona layak huni.

Bintang LHS 1140 adalah bintang dengan cahaya merah, ukuran tidak besar dan masuk sebagai bintang tipe M. Sehingga cahayanya tidak panas walau planet cukup dekat ke bintang.

Letak bintang LHS 1140 berada di konstelasi Cetus. Sedangkan planet LHS 1140b jaraknya hanya 1/10 lebih dekat dibanding jarak matahari dan bumi. Dan planet LHS 1140 juga menerika cahaya dari pans bintang hanya separuh saja.
Untuk posisi planet, astronom memperkirakan jaraknya berada di tengah tengah area zona habitat.



Peneliti menyebut bintang LHS 1140 berputer lebih lambat dan tidak terlalu memancarkan energi tinggi seperti bintang serupa kata Nicola Astudillo Defru dari observastorium Jenewa Swiss. Dengan kondisi seperti ini, planet dengan poisisi ini dapat memiliki air atau permukaan cairann dan mempertahankan suasana atmofer.

Bintang katai merah atau bintang kerdi, umumnya memancarkan radiasi yang merusak atmofer planet yang mengorbit di sekitarnya. Ukuran planet besar akan terpapar radiasi dan menjadi samudra magma selama jutaan tahun. Akibat lava yang bergolak dipermukaan planet akan memberi uap ke atmofer ketika bintang kembali tenang seperti saat ini di LHS 1140b. Setelah cahaya stabil maka planet dapat terisi kembali dengan air.



Penemuan planet LHS 1140b diawali dari pemindaian di fasilitas MEarth yang menditeksi tanda pertama bahwa ada sebuah planet melintas di depan sebuah bintang. Dan ditindaklanjuti dengan teleskop HARPS milik badan antariksa Eropa ESO.

Peneliti mengatakn usia planet LHS 1140b setidaknya sudah 5 miliar tahun. Dan ukuran planet tersebut 1,4x lebih besar dari planet bumi, radius planet sekitar 18.000km.
Untuk mengungkap lebih lanjut seperti apa planet LHS 1140b, masih harus menunggu teleskop lebih besar dari ELT atau Extremely Large Telescop beroperasi.

+ ESO