Pabrikan United Microelectronics' (UMC) dikenal sebagai produsen chip. Dari perangkat tambahan pada computer sebelum semua dibuat terintegrasi. Nama UMC tetap ada sampai sekarang, bahkan memiliki pabrik baru pembuat chip 12 inci di Xiamen China.

2 produsen dan disainer chip Mediatek dan Spreadtrum baru memperpanjang kontrak untuk produksi chip mereka ke UMC.

Mediatek dan Spreadtrum meminta UMC untuk memproduksi chip procesor mereka dengan proses 28nm. Karena pabrik UMC terlihat sudah siap memproduksi procesor mobile.

Sebelum tahun 2017, UMC melakukan tranfer teknologi 28nm anak perusahaan mereka di Xiamen United Semiconductor (US). Dari jadwal UMC, anak perusahaan US tersebut akan siap memproduksi chip mulai kuartal 2 tahun 2017. Targetnya mendapatkan pesanan dari produsen handset lokal di china.

Ada kabar kualitas perusahaan lain dari China Semiconductor Manufacturing International (SMIC) belum mampu memproduksi denbgan baik pada proses 28nm.

Salah satu penguna layanan pabrik SMIC adalah Hisilicon Technology, dan meminta SMIC membuat produksi chip procesor lokal di China. Tapi tingkat produksi masih rendah.
Sampai chip procesor Hisilicon juga mencari alternatif pabrik lain seperti UMC.

Pabrikan SMIC dari perusahaan lokal di China hanya mampu memproduksi 3,5% total penjualan wafer silikon procesor pada akhir tahun 2016.

Pabrik procesor lain adalah Shanghai Huali Microelectronics (HLMC). Proses pengembangannya berjalan lambat untuk transisi ke 28nm bagi permintaan Mediatek. Artinya perusahaan lokal HLMC belum siap.

Satu satunya produsen yang sudah siap Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Bersiap membuka pabrik 12 inci baru di Nanjing China. Tapi baru dibuka tahun 2018. Pabrik TSMC di China sendiri memiliki teknolopgi 16nm FinFET dengan kapasitas 20 ribu wafer perbulan.

Kendala pembuatan smartphone tidak hanya di bagian komponen seperti panel OLED sampai baterai. Tapi terkendala oleh teknologi pembuatan procesor.

Kasus yang sama seperti Qualcomm yang memberikan hak khusus kepada Samsung untuk memproduksi Snapdragon 835. Itupun menjadi kendala baru bagi produsen smartphone high end. Karena Samsung lebih memprioritaskan kebutuhan procesor Snapdragon 835 untuk Samsung Galaxy S8 mereka sendiri.