Bintang UY Scuti bintang terbesar di galaksi Bima sakti seperti apa ukurannya


Science | 14 April 2017

Sebesar apa bintang raksasa UY Scuti dalam skala

Mungkin kita sering melihat angka besar. Pesawat besar sampai galaksi yang besar. Kali ini hanya mengambarkan bintang UY Scuti.

Apa itu bintang UY Scuti, bintang ini ditemukan oleh observasi Boon di tahun 1860 oleh seorang astronom Jerman.

Menjadi bintang terbesar yang pernah diteliti oleh astronom 1000 tahun lalu. Dan masuk daftar dari 10 bintang raksasa terbesar.

Sejak itu tidak ada yang meneliti lebih lanjut dengan bintang UY Scuti. Sampai observasi Very Large Telescope di gurun Atacama Chile mengukur ulang, sebesar apa bintang ini.

UY Scuti adalah bintang raksasa merah, dan tipe bintang variabel raksasa. Letak bintang ini berada di rasi bintang Scorpii dan KW Sagittari

Gambar dibawah ini dari foto pusat observasi Rutherford yang dibuat pada 7 September 2014.

Bentuk bintang terbesar UY Scuti

Tahun 2012 teleskop VLT akhirnya terdokumentasi dengan baik. Bintang terbesar di galaksi kita yang pernah ditemukan dan diukur ulang ini adalah bintang UY Scuti

Ukurannya mengalahkan rekor ukuran bintang Betelgeuse, VY Canis Majoris dan NML Cygni, yang ukurannya juga sangat besar.

Ada beberapa bintang lain yang lebih besar, tapi bukan ukuran. Bintang raksasa dibagi menjadi beberapa tipe.
  • Kekuatan cahaya atau terangnya bintang dan masuk di kategori bintang Super Blue Giant masuk dalam bintang yang sangat panas. Biru menandakan sebuah bintang memiliki cahaya lebih panas. Disebut bintang tipe O, B dan A. Diantara biru dan merah raksasa dengan warna cenderung putih disebut bintang F.


  • Ukuran besar dengan warna merah  Bintang braksasa merah atau Super Red Giant Star masih dipegang oleh UY Scuti. Di tipe G
  • Bintang normal seperti matahari kita berwarna kuning. Dibawahnya berwarna merah tapi berukuran kecil, dan terakhir berwarna coklat sebagai bintang terkecil dengan tipe K dan M.

Kembali ke bintang UY Scuti, ukuran bintang ini antara 1,054,378,000 atau 1,321,450,000 mil
Bila di kilokan maksudnya dalam lingkaran km mencapai 1.696.856.908 atau 2.126.667.628 km

Dibanding matahari, jari jari bintang UY Scuti mencapai 1.700x lebih lebar dari Matahari.

Volume bintang ini bahkan mencapai 21 miliar kali volume matahari.

Kita bandingkan dengan skala.
  • Seandainya bumi mewakili bola seukuran 12cm.
  • Ukuran matahari mencapai 30 meter atau sekitar ketinggian gedung 5-6 lantai
  • Sedangkan ukuran skala bintang UY Scuti  mencapai 38 km keatas. Naik keatas dan menembus startosfer bumi.
Bintang terbesar di Galaksi Bima sakti

Bila posisi matahari di gantikan UY Scuti, tepi bintang ini melewati orbit planet Jupiter. 5 dari 9 planet akan berada di dalam bintang.

Bagaimana posisi orbit planet lain. Seperti Uranus atau Saturnus yang masih diluar lingkaran bintang UY Scuti.

Disebut bintang karena ukurannya besar, dan memiliki cahaya. Bintang berputar serta memiliki daya gravitasi. Bumi mengorbit ke matahari karena gravitasi matahari.

Karena disini berbicara dengan bintang Supergiant, ukuran besar tentu memiliki gaya tarik lebih besar.

Planet lainnya seperti Uranus, Neptunus, Pluto yang ada paling jauh, bahkan planet di tepian tata surya, perlahan akan tertarik masuk ke dalam bintang UY Scuti.

Bila digambarkan, ketika bintang matahari di gantikan bintang UY Scuti.

Tidak ada planet yang dekat sekitar bintang ini, bahkan planet lain sampai jarak planet Pluto atau lebih jauh lagi akan bersih. Bila ditemukan planet di sekitar bintang UY Scuti, dipastikan planet tersebut akan berada sangat jauh dari bintang agar aman dari gravitasi. Karena yang dekat akan habis tertarik ke dalam bintang.

Semua benda di dekat bintang, baik cincin asteroid, dan sampah ruang angkasa akan dibersihkan oleh gravitasi bintang UY Scuti, seluruhnya lenyap masuk ke dalam bintang.


Berita terkait
Nikon Astro D850 aslinya adalah dari bodi Nikon D850. Dirancang untuk foto astronomi, perbintangan dan galaksi. Memiliki internal pendingin dengan heatsink dan fan khusus. Bagian depan ditempatkan unit filter.  Membuat camera lebih besar dari ukuran bisa, karena sensor dipindah ke bagian depan

Di abad ke 17 Charles Messier astronom menemukan banyak benda di ruang angkasa. 93 nama masuk daftar di katalog Messier. Hubble membuat daftar benda ruang angkasa. Dari kelompok bintang, galaksi dan tentu saja yang baru ditemukan. Tentu dengan detil gambar dari teknologi di abad ke 20.



Cluster Gaia 1 adalah kumpulan bintang yang berkelompok di dalam satu area. Dan pertama kali ditemukan atau teridentifikasi Mei 2017. Kelompok bintang tersebut tidak berada di dalam galaksi, tapi di atas piring galaksi Bima Sakti

Apakah semua bintang memiliki ukuran bulat sempurna. Tidak semua bintang, ketika bintang memiliki putaran sangat cepat. Bentuknya menjadi oval bahkan seperti telur. Bintang J0406 putaran yang sangat cepat ditemukan, bintang tersebut terlempar.

Sebuah bintang tidak jauh dari bumi, bintang EBLM J0555-57Ab merupakan bintang terkecil yang pernah ditemukan. Ukurannya menakjubkan. Sementara bintang raksasa atau bintang lumayan besar seperti matahari. Yang ini hanya seukuran  planet Saturnus saja dan mengalahkan rekor sebelumnya bintang Trappist-1

Sebuah bintang IPTF16gau meledakdan menjadi sebuah supernova. Tetapi bintang tersebut terlihat sangat jauh, tapi muncul dengan intensitas 50x lebih terang.

Tim ASAS-SN bahkan tidak terlalu yakin apakah cahaya yang mereka dapatkan berasal dari sebuah supernova. Bila benda tersebut adalah ledakan bintang supernova, menjadi ledakan paling kuat saat ini. Bila dihitung ledakan cahaya tersebut mencapai 570 miliar kali lebih terang dari matahari, dan setara 20 kali lebih terang dari sumber bintang di galaksi Bima Sakti.



Letak Terzan 5 ke bumi mencapai 19 ribu  tahun cahaya. Disana terdapat 2 kelompok bintang dalam. Tetapi kandungan diantara kedua kelompok bintang tersebut berbeda, bahkan berbeda sampai 7 miliar tahun.Beberapa bintang yang lahir dengan memiliki usia lebih mudah antara 4,5 miliar tahun

Peneliti sedang melihat sebuah tata surya baru di bintang TW Hydrae. Terlihat sedang membentuk celah dari cincin debu dan gas, dimana nantinya terdapat protoplanet dan menjadi planet baru. Gambar yang diambil oleh teleskop Atacama large Millimeter di Chili tersebut, terlihat pembentukan planet mulai terjadi.

Sebuah tata surya , disana terdapat 2 bintang. Satu bintang dengan nama IRAS 08544-4431 akhirnya meledak dan tamat riwayatnya. Tetapi peneliti menemukan sesuatu yang aneh. Apakah akan muncul generasi planet kedua

Yang berukuran sedang saja masih 90x lebih besar dari Matahari. Dan masih ada bintang Antares sejauh ini ukurannya sebagai bintang paling besar yang pernah dipelajari saat ini. Semua ada di galaksi Bimasakti. Bintang adalah sebuah gas, dan membentuk cahaya karena di dalam intinya terjadi fusi nuklir. Dan ukuran bintang serta usia bintang dengan perubahan bentuk




No popular articles found.
< /body>