Sensor Sony IMX390 untuk camera dengan teknologi HDR gambar lebih terang


Technology | 13 April 2017

Teknologi Sensor Sony IMX390 baru tampil tahun 2018

Sony mengembangkan dan memproduksi sensor camera, dari camera DSLR sampai smartphone dan Action Cam.

Terbaru sensor Sony IMX390 memiliki sensitif 120dB HDR.

Artinya menerima sinyal lebih baik pada gambar yang diterima sensor.

Sony sensor memiliki sensitif cahaya sampai 0,1 lux, dapat menangkap gambar dengan penerangan sinar bulan purnama.

Salah satu teknologi Sony IMX390 dapat digunakan untuk camera kendaraan, seperti Selft Driving. Gambar yang tertangkap sensor lebih bersih dan kecerahannya seragam. sehingga lebih mudah pearngkat lunak untuk memecahkan gambar.

Teknologi sensor ini dapat merekam gambar dengan pemisahan gelap dan terang lebih cepat.

Seperti gambar baris pertama adalah teknologi LED Flicker, lampu yang berkedip di depan akan terlihat seperti aslinya
Baris kedua menampilkan HDR, dimana transisi gelap dan terang tetap jelas tertangkap oleh sensor IMX390

Sensor Sony IMX390 teknologi HDR dan Flicker gambar lebih jernih

Sensor camera Sony model high end sudah di pasang di smartphone Google Pixel. Tapi masih tipe Sony IMX378, sensor tersebut sudah memiliki kemampuan HDR.

Untuk Sony IMX390 sensorterbaru  tentu bukan untuk camera kendaraan saja. Pengembangannya dapat dipasang ke ponsel dan kemampuan sensor untuk merekam gambar sampai 60 fps. Ukuran sensor 1/2.7 inci dan efektif 2,45 megapixel CMOS



Sensor mulai dikirim ke produsen bulan Mei 2017, untuk diuji oleh pabrikan. Tapi produksi masal baru dipasarkan dalam produk jadi antara bulan Maret 2018. Harga satu sensor Sony IMX390 5000 Yen atau sekitar 600 ribu Rupiah.


Berita terkait
Tahun 2020 Samsung kembangkan 4 sensor baru dan lengkap untuk smartphone. Termasuk sensor selfie, sensor 108MP, sensor wide angle atau sensor telephoto. 4 sensor baru menggunakan proses 0,7um dari generasi sebelumnya 0,8um. Beberapa teknologi baru seperti Smart-ISO dan ISOCELL 2.0

Samsung ISOCELL GN1 sensor 50MP untuk smartphone. Pixel sensor camera lebih besar, dampaknya mampu menangkap cahaya lebih baik. Tampil dengan teknologi Dual Pixel dan Tetracell sensor. Mampu fokus lebih cepat dalam pencahayaan rendah. Mengabungkan 4 sensor untuk membuat gambar foto 12,5MP



Sony IMX700 53MPukuran sensor lebih besar lebih sensitif cahaya (Feb2020). Sony IMX586 ketajaman resolusi 48 Mega Pixel untuk foto dan video. Kemampuan sensor dapat dimanfaatkan untuk rekaman video 4K 90fps. Tetapi procesor apa yang mampu mengolah data gambar dari sensor tersebut.

Kita sering memilhat model camera smartphone, DSLR, camera Dashcam sampai Actioncam. Terdapat tipe Sony Exmor atau IMX. Exmor trademark sensor teknologi Sony. Disini dapat dilihat perubahan teknologi sensor camera dari spesifikasi camera smartphone. Dari tingkat resolusi sensor, ukuran dan aplikasi. Tidak hanya Sony, beberapa produsen lain juga membuat sensor camera.

Disain sensor ISOCELL Slim 3T2 untuk rancangan camera Pin Hole 2019. Memiliki ketajaman 20MP untuk camera depan, atau camera belakang smartphone. Dibuat solusi dengan Samsung Isocell. Samsung Isocell Plus bekerja sama dengan teknologi Fujifilm. Membantu disain sensor menangkap cahaya lebih baik walau kondisi malam

Amerika memproduksi Plutonium-238 dalam jumlah lebih banyak. Fasilitas nuklir Federal yang diperbaharui di Idaho dan Tennessee membuat Plutonium-238. Untuk apa bahan Plutonium-238, pastinya untuk misi ruang angkasa. Mengapa bahan ini penting untuk ilmu pengetahuan.

Tahun 2015 Mediatek pembuat procesor smartphone menawarkan Helio X20 dengan pembagian 3 cluster procesor. Samsung dan Huawei Kirin menawarkan procesor baru di tahun 2018. Samsung Exynos 9820 dan Huawei Kirin 980, di dalamnya memiliki 3 cluster core procesor. Snapdragon 8150 buatan Qualcomm akan dibuat 3 cluster. Kombinasi Kyro Gold dan Kyro Silver terbagi menjadi 3 grup procesor terpisah.



Cerita menarik dengan industri monitor. Kabarnya beberapa monitor dengan panel 1440p mengunakan panel dengan resolusi lebih tajam 4K. Ada kabar bahwa panel monitor 1440p sebenarnya mengunakan panel 4K yang lebih tinggi. Mengapa spesifikasi monitor 4K malah dipasang ke monitor dengan resolusi lebih rendah.

Sony memperkenalkan sensor camera IMX318 CMOS dengan fitur keseimbangan stabilzier dan teknologi hyrid auto focus. Sensor CMOS untuk camera tersebut mengikuti suksesnya dari sensor generasi IMX230 dengan kemampuan 22.5Mpix, dan berukuran 1/2.6 1.0um. Sensor IMX318 lebih kecil tapi tidak berdampak dengan kualitas foto.

Toshiba mengumumkan membuat sensor ukuran 1/2,7 inci dengan ketajaman 1.12 micron. Modul dengan 8.1x8.1mm autofocus Phase Comparison yang cepat umumnya digunakan untuk camera DSLR. Bersaing dengan sensor Sony seri IMX

Sony membuat revolusi teknologi kembali dengan sensor Active-Pixel Color Sampling dan disingkat APCS. Mampu mengabadikan video kecepatan tinggi , kualitas dynamir range. Sensor kecil akan dipasang di smartphone model 2015




No popular articles found.
< /body>