TP-Link Deco M5 Whole-Home WIFI system. Perangkat untuk memaksimalkan sinyal WIFI di area ruangan yang tidak mendapat sinyal WIFI. Berbeda dengan perangkat WIFI Router biasa, alat ini bisa bekerja sama dengan perangkat lain.

Perbedaan dengan perangkat Range Extender atau WIFI Router. Perangkat lebih mudah di setup, dan ditawarkan dengan paket 3 unit untuk TP-Link Deco M5 Kit.

Perangkat dapat diatur mengunakan aplikasi WIFI. Misal melihat perangkat apa saja yang sedang tehrubung, parental control untuk membatasi akses internet.

TP-Link Deco M5 mengunakan dual band yang mendukung MU-MIMO. Kecepatan tranfer dari perangkat ini mencapai 400Mbps di frekuensi 2,4Ghz dan 867Mbps di 5Ghz.

Dengan memasang 3 perangkat di beberapa tempat di ruangan rumah. Peralatan ini dapat memberikan sinyal WIFI sampai seluas 1000+ meter persegi (ruang terbuka).

TP-Link M5 Deco WIFI Router dan Access Point

Dari aplikasi smartphone, penguna dapat mengikuti setup lebih mudah.  Melakukukan test speed, dan ART (Adaptive Routing Technology)

Setting pertama TP-Link Deco M5 terhubung mengukanan kabel LAN dari WIFI Router /  Cable Modem / FO Wifi.

Setelah satu perangkat TP-Link Deco M5 terhubung, maka satu perangkat sudah dapat menjadi Access Point.
Cukup di setting untuk WIFI Password dari TP-Link Deco M5 dan dapat dilakukan mengunakan App smartphone
Setting unit ke 2 dan selanjutnya cukup di pasang dan koneksi dapat terlihat di aplikasi smartphone

Ukuran TP-Link Deco M5 cukup kecil.
Cara instalasi TP-Link Deco M5 hanya dilakukan di unit pertama saja yang terhubung ke LAN, konektor power adaptor untuk sumber power DC mengunakan port USB.
Selesai di setting dan memasukan nama SSID baru dan password. Maka unit pertama sudah memberikan sinyal WIFI

Dari unit pertama, sinyal WIFI akan terhubung ke unit ke 2 atau unit lain. Dan unit lain juga mengirim sinyal ke perangkat lebih jauh, misal unit ke 3.

Seperti WIFI Relay atau Range Extender, tapi tidak memerlukan setup khusus. Karena semua sistem sudah terintegrasi melalui aplikasi Smartphone. Dan nama SSID WIFI menjadi satu nama, walau memiliki 3 atau lebih perangkat TP-Link Deco M5.

Prinsip kerja TP-Link Deco M5, setiap perangkat dapat dipasang untuk memberikan kekuatan sinyal WIFI tambahan agar menjangkau ke semua ruangan.

Spesifikasi TP-Link Deco M5
  • Quad-core CPU
  • Wireless: 400 Mbps on 2.4 GHz + 867 Mbps on 5 GHz
  • 4 internal antennas per Deco unit
  • 2 Gigabit ports per Deco unit
  • 1 USB Type-C port
  • Compatible with IPv6 (Internet Protocol version 6)
  • Product dimensions (120 mm dia x 38 mm h)
  • Bluetooth 4.2