Kereta vs pesawat mengapa kereta lebih mahal


Kategori : Green | Date : 11 April 2017
Kereta api lebih menguntungkan untuk rute yang sepi transportasi
Tiket pesawat di luar negeri lebih murah dibanding tiket kereta api.

Demikian juga di Indonesia, harga kedua moda transportasi relatif sama. Kadang lebih murah, tapi rata rata tiket kereta lebih mahal dari pesawat.

Mengapa tiket kereta lebih mahal, walau seluruh biaya perjalanan dan waktu seharusnya lebih murah.

Di Eropa dengan rute perjalanan yang sama, tiket pesawat dan kereta sangat bersaing. Bahkan di Inggris pesawat lebih murah dibanding kereta api.

Amerika dengan perjalanan antar kota.
New York ke Washington, harga tiket kereta mencapai $49, tapi pesawat tidak berbeda jauh $52.
New York ke Chicago, harga tiket kereta $108 tapi harga pesawat lebih murah lagi $59

Mengapa tiket pesawat lebih murah dari kereta api


Kereta di semua negara, lebih banyak ditangani oleh perusahaan pemerintah. Berbeda dengan perusahan penerbangan, ditangani oleh perusahaan swasta atau publik.

Tapi bandingkan dengan harga moda transportasi sendiri

Sebuah pesawat berukuran sedang, nilainya mencapai $49.000.000 atau tidak kurang dari setengah miliar rupiah
Kereta listrik super cepat lebih umum digunakan di negara maju, rata rata nilainya tidak lebih dari $10.000.000, sekitar 100 miliar dengan total rangkaian gerbong dan lokomotif.



Biaya bahan bakar
Pesawat memerlukan bahan bakar 3,9 liter perkm, sedangkan kereta dengan tenaga listrik seharusnya jauh lebih murah dalam hitungan jarak tempuh.

Mengapa tiket pesawat lebih murah dari kereta api

Tetapi disini perbedaan kenapa harga tiket pesawat lebih murah dari kereta api.

Biaya kereta api memasukan biaya karyawan
85.000 penumpang kereta Amtrac Amerika, ditangani oleh 20 ribu staf kereta api.
Rata rata satu staf untuk menangani 4 penumpang.
Biaya gaji karyawan merupakan biaya terbesar perusahaan kereta, karena karyawan akan di gaji bulanan.

Penerbangan dapat menghitung biaya karyawan dalam waktu jam terbang. Pesawat menerima penumpang, berangkat dan mendarat adalah biaya karyawan perusahaan penerbangan.

Sedangkan staf kereta dengan perjalanan lebih lama maka karyawan harus bekerja dengan waktu yang sama selama kereta melakukan perjalanan di atas rel.

Perjalanan dari kota Los Angeles ke Chicago, dengan pesawat hanya membutuhkan waktu 4 jam artinya staf penerbangan dibayar dengan jam kerja tersebut
Kereta api dengan jarak yang sama menghabiskan waktu 44 jam

Biaya infrastruktur
Kereta api, membutuhkan biaya perawatan rel, stasiun, dan keretanya sendiri. Walau biaya perawatan kereta tidak semahal komponen pesawat, bila di total mencapai jutaan dollar.

Pesawat hanya membayar biaya secara umum dalam hitungan jam. Seperti biaya parkir terminal, lamanya pesawat mendarat. Ketika di langit, pesawat tidak memiliki biaya lain kecuali bahan bakar dan jam kerja awak penerbangan.

Sebuah perjalanan kereta dengan tiket $77, keuntungan perusahaan kereta hanya $22. Sedangkan $50 adalah biaya pengoperasian kereta.
Tapi keuntungan tersebut harus menutup biaya lain / subsidi rute berbeda, seperti rute yang kurang menguntungkan.

Harga tiket kereta di luar negeri mengikuti kebutuhan. Harga murah pada sesi tertentu, dan mendadak naik bila jatah tempat duduk murah habis.

Bisa saja tiket yang ditawarkan di Inggris 30 Pound, setelah 10 tempat duduk naik menjadi 35 pound dan seterusnya.

Tiket promo pesawat dan kereta terlihat sama, mengikuti tren kebutuhan penumpang. Beli lebih awal lebih murah, beli terakhir akan jauh lebih mahal.
Layanan turis lebih umum mengambil tiket promo, agar biaya perjalanan lebih murah. Dengan kereta, turis dapat tiba tepat waktu dan kereta umumnya tidak terganggu cuaca buruk (kecuali cuaca ekstrem seperti badai salju).

Sedangkan penduduk lokal atau pengusaha yang mengunakan alat transportasi kereta memiliki satu alasan.
Tidak ada alternatif atau mereka membayar tiket kereta lebih mahal, disebabkan waktu keberangkatan bisa kapan saja.
Pesawat mungkin tidak seperti itu. Bisa saja satu rute selalu penuh dan belum tentu tersedia tiket pada jam sibuk.

Bagaimana kereta bisa bertahan


Amtrac perusahaan kereta Amerika tidak selalu mengambil rute paling menguntungkan karena penumpang akan tergerus oleh penumpang penerbangan.
Mereka lebih umum melayani jalur yang sepi dengan transportasi.
Melintas di stasiun kereta kecil yang membutuhkan staf lebih sedikit dan sangat minim pesaing.

Dengan pesawat, maka biaya tiket jauh lebih mahal untuk menuju tempat terpencil. Karena ditangani oleh pesawat jet lebih kecil dan jumlah penumpang lebih sedikit.
Pengelolaan bandara tetap akan membebankan biaya parkir pesawat diwilayah terpencil. Karena rute lebih sepi penumpang maka biaya parkir pesawat tetap dihitung dan lebih mahal.

Sekarang kita mengetahui, dimana saja harga tiket kereta menjadi lebih mahal. Karena kereta memiliki rute tersendiri dibanding transportasi pesawat.
Kereta tetap dibutuhkan, khususnya untuk rute terpencil dimana dengan moda tranportasi lain melihat tidak ekonomis.
Tempat dimana tidak tersedia lapangan terbang, disanalah kereta bisa singgah untuk mengantarkan penumpang.

Berita terkait
Kereta peluru Jepang Shinkansen ternyata memiliki ruang khusus atau First Class. Disebut Gran Class untuk rute dari Tokyo ke utara Aomori. Seperti apa ruang kabin kereta ini. Mirip layanan pesawat udara tapi ini kereta dengan kecepatan 320km perjam

Bila berpergian ke Jepang dan ingin melakukan perjalanan dengan kereta MRT. Perhatikan tanda seperti ini, sebaiknya tidak duduk dibangku tersebut. Walau bangku memang kosong.



Satu lagi tentang kereta di Jepang, bagaimana meminimalkan tenaga kerja. Seperti membali kursi ketika kereta akan kembali. Untuk melewati rute pulang, bangku diputar secara otomatis dari sistem gerbong kereta

Jangan melihat tampilannya seperti hidung bebek, kerena Lo Mag dari Jepang ini sudah di test dan mampu mencapai kecepatan 500km perjam. Test dilakukan selama 9 menit dengan jalur sepanjang 40km.

Dari BBC menampilkan rekaman video dalam tahun berbeda. Ada 3 video di tahun 1953, 1983 dan 2013. Semuanya disatukan dalam sebuah gambar video. Semuanya sama, hanya berbeda tahun saja




No popular articles found.