Sebuah galaksi besar hanya tampak setelah 1,7 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta atau Big Bang. Tapi galaksi tersebut mati setelah lahir.

Dibanding galaksi Bima Sakti sudah berumur 13,7 miliar tahun setelah Big Bang dan tetap aktif.

Tidak ada yang dapat menjelaskan mengapa galaksi ZF-COSMOS-20115 mati, dan apa yang terjadi.

Umumnya dimasa tersebut, ukuran galaksi relatif kecil dan memiliki massar rendah. Galaksi di usia muda akan terbentuk banyak bintang, tentu saja belum ada massa berat yang dapat membentuk debu dan akhirnya menjadi planet. Galaksi di usia muda hanya membentuk bintang dan bintang saja.

Tetapi galaksi ZF-COSMOS-20115 yang terlihat ini, memiliki massa 5x lebih besar dari galaksi Bima Sakti yang kita tinggali ini. Di sekeliling galaksi sudah mengalami kondensasi, dan galaksi ini sudah selesai dari masa puncaknya untuk membentuk bintang baru. Terlihat menjadi lebih kecil seperti titik merah atau sekitar 12x lebih kecil dari galaksi umumnya.

Galaksi ZF-COSMOS-20115 mati terlalu cepat

Galaksi ZF-COSMOS-20115 adalah penemuan langka, kata peneliti Karl Glazebrook dari universitas Swinburne Australia. Peneliti tidak mengetahui kapan perkiraan galaksi tersebut akhirnya berhenti membuat bintang baru. Mungkin usia disana hanya sampai 3 miliar tahun saja.

Galaksi Bima Sakti ketika 1,7 miliar tahun atau waktu yang sama seperti ZF-COSMOS-20115. Galaksi Bima Sakti hanya sebuah galaksi kerdil (ukuran masih kecil), dan bentuknya masih berantakan bahkan massa - nya hanya 1/50 dari ukuran sekarang. Tapi galaksi ZF-COSMOS-20115 bertentangan dengan model galaksi kita.
Pembentukan galaksi diawali dari debu dan menjadi bintang, dan bintang meledak disertai menghasilkan elemen gas dan elemen padat, lalu sisa bintang kembali menjadi bintang baru. Seperti proses daur ulang bintang di alam semesta.

Mungkin di galaksi ZF-COSMOS-20115 sudah lebih banyak membentuk bintang terlebih dahulu, dan mencapai 3x lebih banyak dari galaksi lain. Sampai gas yang dibutuhkan untuk membentuk bintang disana lebih cepat habis dan tidak terjadi pembentukan bintang baru.