Peneliti akhirnya mengungkap sebuah sumber aneh di galaksi tetangga Andromeda. Walau jarak galaksi tersebut jauhnya lebih dari 2 juta tahun cahaya dari Bumi. Tertangkap sebuah bintang neutron ada di dekat lubang hitam.

Mengunakan data teleskop NuSTAR yang dapat menangkap radiasi sinar X-Ray. Objek yang sangat jauh tersebut dinamai Neutron Swift J0042.6 + 4112
Bahkan masuk sebagai daftar dari objek di teleskop Swift milik nasa. Karena sumber cahaya X-Ray tersebut lebih terang dari panjang gelombang yang ditangkap dari sumber galaksi Andromeda.

Beradasarkan analisa spektrum, cahaya tersebut terlihat sama seperti bintang Pulsar yang ada di galaksi Bima Sakti.

Bintang Pulsar sebenarnya memiliki energi tinggi, dan memiliki panjang gelombang sinar X-Ray lebih pendek dibanding lubang hitam. Peneliti Mihoko Yukita mengatakan, awalnya kami tidak tahu ketika melihat data dari teleskop NuSTAR.

Bintang pulsar ini sangat padat dan masuk dalam jenis bintang Neutron. Bentuknya sepeti 3 kali ukuran matahari, tapi dipadatkan menjadi beberapa km saja.

Ketika lubang hitam memakan materi ditengah galaksi. Bintang pulsar memiliki ciri yang sama, dengan memunculkan cahaya X-ray atau sinar X karena mendapatkan panas dalam suhu tinggi. Peneliti memperkirakan aktivitas bintang Neutron Swift J0042.6 + 4112 sepertinya sedang memakan kembarannya yang mungkin sebuah bintang biasa

Tapi di Andromeda kekuatan sinar X tersebut diketahui sejak tahun 1978 oleh teleskop ruang angkasa Einstein. Dan penelitian lain oleh ESA mengunakan XMM-Newton.
Dan terditeksi oleh NuStar seperti penemuan dibawah ini, click gambar untuk memperbesar

Bintang Neutron Swift J0042.6 + 4112

+ Nasa JPL