Bintang Neutron Swift J0042.6 + 4112


Science | 5 April 2017

Bintang Neutron ini bukan berada di galaksi Bima Sakti

Peneliti akhirnya mengungkap sebuah sumber aneh di galaksi tetangga Andromeda. Walau jarak galaksi tersebut jauhnya lebih dari 2 juta tahun cahaya dari Bumi. Tertangkap sebuah bintang neutron ada di dekat lubang hitam.

Mengunakan data teleskop NuSTAR yang dapat menangkap radiasi sinar X-Ray. Objek yang sangat jauh tersebut dinamai Neutron Swift J0042.6 + 4112
Bahkan masuk sebagai daftar dari objek di teleskop Swift milik nasa. Karena sumber cahaya X-Ray tersebut lebih terang dari panjang gelombang yang ditangkap dari sumber galaksi Andromeda.

Beradasarkan analisa spektrum, cahaya tersebut terlihat sama seperti bintang Pulsar yang ada di galaksi Bima Sakti.

Bintang Pulsar sebenarnya memiliki energi tinggi, dan memiliki panjang gelombang sinar X-Ray lebih pendek dibanding lubang hitam. Peneliti Mihoko Yukita mengatakan, awalnya kami tidak tahu ketika melihat data dari teleskop NuSTAR.

Bintang pulsar ini sangat padat dan masuk dalam jenis bintang Neutron. Bentuknya sepeti 3 kali ukuran matahari, tapi dipadatkan menjadi beberapa km saja.

Ketika lubang hitam memakan materi ditengah galaksi. Bintang pulsar memiliki ciri yang sama, dengan memunculkan cahaya X-ray atau sinar X karena mendapatkan panas dalam suhu tinggi. Peneliti memperkirakan aktivitas bintang Neutron Swift J0042.6 + 4112 sepertinya sedang memakan kembarannya yang mungkin sebuah bintang biasa

Tapi di Andromeda kekuatan sinar X tersebut diketahui sejak tahun 1978 oleh teleskop ruang angkasa Einstein. Dan penelitian lain oleh ESA mengunakan XMM-Newton.
Dan terditeksi oleh NuStar seperti penemuan dibawah ini, click gambar untuk memperbesar

Bintang Neutron Swift J0042.6 + 4112

+ Nasa JPL

Berita terkait
Inlah penyebab mengapa bintang sedang menjadi ukuran raksasa. Ketika gugus bintang dapat mencapai jumlah 1 juta bintang. Sebagian besar bintang lahir dalam periode yang sama. Uniknya bintang di  Large Megallanic Cluster muncul bintang besar dan usianya muda. Mengapa bintang tersebut ada disana. Peneliti memberi 2 pendapat.

Sebuah bintang pulsar bergerak dengan kecepatan 1100 km perdetik. Bagaimana bintang pulsar tersebut dapat berpindah di galaksi Bima Sakti. Dan mendorong bintang pulsar tersebut sampai keluar dari tempatnya berasal akibat sebuah supernova. Jejak bintang pulsar dapat dipelajari dengan teleskop Fermi.



Bila teori 2 peneliti senior ini benar. Sebenarnya tidak ada astronot yang benar benar meninggalkan atmofer bumi. Karena atmofer bumi masih mencapai bagian bulan, bahkan lebih jauh lagi. Pengertian ruang angkasa yang dimaksud, dimana manusia pergi dan benar benar tidak tersentuh lagi oleh bagian geocorona yang masih menjadi bagian dari atmofer Bumi.

Sistem bintang Eta Cariane diperkirakan 170 tahun lalu terdiri dari 3 bintang. Tapi salah satu bintang telah memasuki masa akhir. Ketika mulai membengkak satu bintang yang akan hancur, gas tertarik oleh bintang disebelahnya. Bintang tersebut mencuit dan terlempar keluar. Perjalanan keluar dari duet biner bintang malah membawa satu bintang yang lebih jauh tertarik masuk ke orbit sampai lebih dahulu lalu meledak menjadi nebula.

Bintang coklat atau bintang katai coklat disebut juga bintang gagal. Artinya bintang ukuran jauh lebih kecil, dibanding bindang berwarna kuning seperti matahari, dan masih lebih kecil dibanding bintang merah. Peneliti mengatakan jangan jangan jumlahnya cukup banyak.

Galaksi NGC 4874 adalah sebuah galaksi spiral. Walau disebut dengan galaksi spiral, penampakan galaksi ini tidak menampilkan debu dan gas seperti lengan. Ukuran galaksi ini mencapai 10x lebih besar dari galaksi Bima Sakti.

Tempat dimana terlihat seperti titik cahaya ini  bukan kunang kunang, bahkan bintang. Tapi galaksi yang berkelompok disebut Super Cluter. Diperkirakan ditempat ini terdapat 10 juta x miliar matahari. Supercluster adalah struktur terbesar di alam semesta



Sebuah bintang kerdil berwarna coklat ditemukan seorang ilmuwan amatir. Tapi dia tidak melihat dengan teleskop ukuran besar. Sebuah bintang kerdil ditemukan dari program Backyard Worlds: Planet 9. Modalnya hanya melihat foto, tapi dapat menemukan bintang kerdil.

Adanya lubang hitam berukuran kecil dari bekas bintang, dan jumlahnya mungkin lebih besar dari perkiraan sebelumnya.Tapi yang satu ini sangat tenang, mirip seperti lubang hitam siluman. Dibutuhkan beberapa peralatan teleskop untuk memeriksa, dan terakhir baru teridentifikasi benda ini adalah sebuah Black Hole

Black hole atau lubang hitam Swift J1644+57 letaknya 3,9 miliar tahun cahaya dari Bumi. Baru terditeksi pada tahun 2011 oleh teleskop milik Nasa Swift. Astronom mempelajari gangguan pasang surut lubang hitam tersebut, dan dipublikasikan tahun ini.

Tetapi lubang hitam memainkan peranan penting bagi kehidupan, khususnya manusia. Blackhole akan melemparkan jet. Jet yang terlempar mungkin menghantam galaksi yang berdekatan, dan disana terciptalah bintang. Seperti kejadian di galaksi HE0450-2958 memiliki sebuah quasar

Bulan Juni 2013 lalu, sebuah bintang biner terdiri dari satu bintang neutron yag berputar cepat mengalami perubahan dramatis dari aktivitas yang belum pernah diamati. Pulsar dari radio beacon bintang ini menghilang, tapi muncul lebih terang dengan 5x lipat cahaya sinar gamma.

Kita mungkin bertanya, apakah mungkin di sebuah galaksi ada 2 black hole. Atau mungkin saja 3 black hole. Beberapa tahun lalu astronom menditeksi karakteristik spektrum ganda yang memuncak dari jantung AGN di SDSS J1502 1115, disana ada 3.




No popular articles found.