Galaksi ledakan yang dinamai CDF-S XT1 tapi jauhnya 10,7 miliar tahun cahaya


Science | 1 April 2017

Mengapa radiasi sinar X-Ray dengan energi sangat kuat ini muncul

Para ilmuwan telah mengambil gambar paling jauh dengan teleskop X-Ray Chandra

Terlihat di sebuah tempat terlihat seperti ledakan sinar X setara energi paling kuat di alam semesta.

Tetapi jauhnya mencapai 10,7 miliar tahun cahaya dari bumi. Diperkirakan sumber tersebut berasal dari sebuah galaksi.

Galaksi sendiri begitu jauh, bahkan cukup samar. Tetapi pada bulan Oktober 2014, tiba tiba muncul lebih terang mencapai 1000x selama beberapa jam dan kembali redup dan menghilang.

Menurut peneliti, tidak ada fenomena astronomi untuk menjelaskan cahaya tersebut. Karena adanya cahaya yang muncul begitu kuat, tapi menghilang begitu saja.

Satu orang peneliti Kevin Schawinski, dari ETH Zurich di Swiss mengatakan seperti ini. Mungkin kita telah mengamati jenis yang sama sekali baru dari bencana besar (pada waktu 10,7 miliar tahun lalu).

Sejak penemuan diatas, anggota tim Franz Bauer dari Universitas Pontikikal Chile mencoba memahami apa yang terjadi dan sumber sinar.

Sementara peneliti sendiri bingung untuk menjelaskan. Muncul hipotesa untuk menjelaskan keanehan ini. Kemungkinan sebuah bintang besar yang runtuh. Kedua 2 bintang neutron yang bergabung, atau bintang neutron bergabung dengan lubang hitam. Terakhir semburan sinar gamma atau GRB, yang kebetulan langsung menuju ke arah Bumi.

Gambar cahayz dibawah ini tertangkap oleh teleskop Chandra X-Ray. Dibantu dengan data teleskop Hubble dan Spizter, akhirnya peneliti dapat mempersempir sumber ledakan sinar-X sampai diketahui sumbernya berasal dari 10,7 miliar tahun dari Bumi.

Peneliti akan mempelajari lebih lanjut dengan melihat kembali arsip dari gambar teleskop Chandra. Dan mengunakan data lain seperti data teleskop European Space Agency's XMM-Newton dan telesskop NASA Swift.



Galaksi ledakan yang dinamai CDF-S XT1 tapi jauhnya 10,7 miliar 
tahun cahaya

Ada 2 kemungkinan sumber radiasi X-Ray ini.
  • Semburan radiasi sinar Gamma.
  • Ada bintang raksasa yang sedang tertarik oleh sebuah black hole atau lubang hitam berukuran sedang.
Video ilutrasi dibawah ini mengembarkan yang terjadi pada benda yang dinamai CDF-S XT1.


Berita terkait
Galaksi XMM-2599 disebut sebagai monster galaksi. Ketika alam semesta baru kurang dari 1 miliar tahun. Disana terus membentuk bintang baru yang sangat cepat. Mencapai 1000 bintang pertahun. Masalahnya kemana galaksi tersebut sekarang, terhintung waktu saat ini adalah 13,8 miliar tahun setelah big bang

Bagian luar galaksi olahraga lengan spiral besar yang membentuk pseudoring yang mengelilingi galaksi. Sementara bagian dalam yang unik, Di bagian dalam galaksi ditemukan tidak stabil terlihat dalam bentuk warna seperti kabut. Bertentangan dengan bagian luar yang terlihat sudah membentuk lengan galaksi.




Bila 2 galaksi bergabung, ada 2 dampak yang terjadi. Bergesernya debu dan gas dapat memicu pembentukan bintang baru. Tetapi ada biaya yang harus dibayar oleh kehidupa di sebuah galaksi. Lubang hitam juga berperan aktif, dan mengambil sebagian dari debu dan gas tapi hanya di lontarkan ke ruang angkasa kembali.

Proses pengabungan ke 14 galaksi tersebut sudah terjadi di masa lalu, dan astronom baru menemukan dan melihat di waktu sekarang ini. Disini sebenarnya terjadi mala petaka. Karena kejadian pengabungan tersebut dilihat dari jarak 12,4 miliar tahun cahaya dari Bumi. Dan terjadi pada waktu 1,4 miliar tahun setelah Big Bang.

Alam semesta ini unik, hal yang tidak biasa dapat terjadi. Tidak selurunya selaras, ada bintang yatim, bintang biner. Satu lagi kelompok bintang M10 atau Globular Cluster NGC 6254. Kelompok bintang ini kadang menyebrang dari bawah ke atas dan kembali turun ditengah tengah galaksi kita.

Sebuah bintang berukuran kecil atau disebut White Dwarf ditemukan sebagai bintang unik. Peneliti dari Warwick melihat dibintang yang sudah mati tersebut terlihat cincin berwarna merah. Cincin tersebut terbentuk akibat bintang tersebut hancur, dan cincin yang terlihat adalah sampah seperti batuan dan debu mengelilingi bintang.

Dengan teleskop Alma, astronomi dapat melihat pembentukan formasi gas sebelum menjadi galaksi. Usia foto yang diambil ini mencapai 800 juta tahun sebelum terjadinya alam semesta (big bang). Begitu jauhnya, gas asal mula pembentukan galaksi memiliki cahaya kemerahan.



Alam semesta yang luas, tetapi galaksi berada dalam beberapa kelompok besar. Atau ada galaksi tetangga letaknya tidak terlalu jauh. Tetapi galaksi yang satu ini kesepian, galaksi NGC 6503 ditemukan tahun 1987 berada di area Local Void

Tim astronomi dari universitas Yale dan UC Santa Cruz baru saja mengumumkan mereka menemukan galaksi paling jauh yang ditemukan saat ini. Galaksi EGZ-ZS8-1, diperkirakan memiliki jarak 13 miliar tahun cahaya. Bila dihitung mundur, baru terbentuk 670 juta tahun setelah alam semesta mulai terbentuk




No popular articles found.
< /body>