Caleb Kerr adalah seorang fotografer asal Austin Texas Amerika. Dia berbagi cerita kalau ransel camera itu suck, kenapa.

Karena hanya dirancang untuk melindungi camera tapi bukan kenyamanan yang membawa.

Dia berbagi pengalaman ketika membawa banyak peralatan untuk foto. Dari beban camera, lensa, notebook, memory card, tripod dan baterai. Rasa di pundak mendapatkan beban 10-15kg, bahkan seperti ditusuk. Disebutkan merek ransel camera adalah Think Tank Photo dan LowePro.

Bila tertarik membeli ransel khusu camera.  Coba perhatikan terlebih dahulu, disain ransel untuk camera yang anda lihat.

Memilih ransel camera yang baik jangan percaya merek
Terlihat sangat melindungi camera, tapi tidak yang membawa ransel

Dia memiliki pengalaman buruk dengan ransel khusus camera. Sampai menyampai apa yang perlu dipertimbangkan ketika memilih ransel camera :
  • Nyaman
  • Tidak terlalu besar
  • Memiliki pelindung seperti tahan air atau sebuah jaket anti hujan
  • Ada tempat untuk tripod
  • Cukup untuk menyimpan sebuah notebook dengan lebar layar 15 inci.
  • Serba guna.

Solusinya
  • Salah satu yang di coba adalah Osprey Pack model Stratos 24 liter.
  • Alasannya, tali bahu lebih besar, memiliki tali punggung, memiliki bagian padding / busa, bagian punggung memiliki udara sehingga nyaman.
Karena tas mendaki gunung lebih nyaman, tapi tidak memiliki perlindungan untuk camera. Dapat ditambahkan tas kecil yang dapat masuk ke ransel. Dia mengatakan produk tas Tenba BYOB dapat memuat semua peralatannya dan dimasukan ke dalam ransel. Dengan ukuran tas camera, dapat memasukan 2-3 lensa, bahkan lensa ukuran 200mm, di dalam terdapat pembagian ruangan untuk barang

Dibawah ini foto yang dibagikan oleh Caleb, bagaimana membawa peralatan camera dengan ransel.

Baris gambar pertama adalah tas Osprey ransel untuk mendaki gunung, dan tas khusus camera buatan Tenba. Baris kedua memasukan tas camera Tenba ke dalam ransel

Memilih ransel camera adalah kenyamanan untuk camera dan orang yang membawa

Salah satu keuntungan mengunakan tas ransel mendaki gunung. Beberapa bagian bisa di stretch atau lebih lebar, khususnya bagian kantong. Biasanya untuk botol air, bagian ini dapat digunakan untuk lensa besar.

Sedangkan bagian tripod dapat digantung dibagian luas tas ransel. Cukup ditambahkan tali pengait. Gambar diatas adalah contoh untuk ransel ukuran 24 liter, bila diperlukan dapat mengunakan ransel ukuran 34 liter yang lebih besar tapi lebih tinggi. Khususnya mereka yang memiliki perangkat cukup banyak, bahkan membawa drone untuk foto.

Pengalaman Caleb memberikan kita bahwa produsen yang berpengalaman akan memiliki produk terbaik di bidangnya.
Tas ransel backpack atau ransel besar dari produsen ternama, memiliki pengalaman merancang ransel yang baik dan tidak menyakitkan. Bila dimodifikasi dengan memasukan tas pelindung komponen camera. Maka ransel gunung dapat digunakan untuk ransel camera yang nyaman.

Tetapi beberapa produsen banyak yang tidak membuat produk ransel camera sendiri, dan diserahkan ke pabrik lain. Kasusnya seperti cerita Caleb ini. Produsen tas ransel camera tidak memiliki pengalaman dengan pendakian atau jalan jalan di alam bebas. Mereka hanya memenuhi disain tas di ruang tas ransel sebagai tempat komponen camera. Dari model tas terlihat sangat baik, tapi kita lupa melihat tali punggung ransel yang biasanya tidak terlalu terlihat pada foto. Bahkan kita tidak mencoba terlebih dahulu. Dari tali tas ransel yang tipis, beban yang tidak seimbang, leher terasa tertarik oleh ransel, sampai punggug yang terasa panas karena ransel tidak memiliki ventilasi.
Setelah membeli baru penguna merasakan bahwa ransel tidak senyaman untuk isi camera yang dibawa. Dapat kita bayangkan membeli ransel cukup mahal, setelah digunakan malah tidak terasa nyaman.

Intinya, jangan lihat model, harga, fungsi dan disain. Tapi kita tidak dapat mencoba terlebih dahulu. Camera boleh aman di ransel, tapi membawa ransel malah membuat lecet di pundak akan menyakitkan selama berjalan-jalan.