Bintang LL Pegasi di momen terakhir sebelum hancur dari teleskop ALMA


Kategori : Science | Date : 25 April 2018
Gas bintang raksasa merah perlahan tertarik oleh bintang kembar disampingnya
Bintang LL Pegasi adalah bintang raksasa merah yang sudah sekarat. Menjelang masa akhir sebelum bintang tersebut menghancurkan dirinya sendiri.

Tim astronomi ALMA / Atacama Large Milimeter baru baru ini mengabadikan bintang Pegasi yang letaknya 3.400 tahun cahaya dari Bumi.

Dan tim astronom berhasil membuat bentuk gambar atau seperti penyebaran gas bintang LL Pegasi.

Pengamatan tersebut adalah pengamatan terakhir, karena tidak beberapa lama lagi bintang akan meledak menjadi supernova.

Terlihat di lingkaran bintang terdapat orbital raksasa merah yang kehilangan gas dan angin yang berputar dari bintang. Seperti semprotan air di taman, yang memancarkan air ke segala arah dalam lingkaran..

Dengan analisa gambar dari teleskop ALMA, tim peneliti mengambarkan seperti apa yang kita lihat dan keadaan dari bintang LL Pegasi dalam bentuk 3 dimensi.

Tim ALMA mengatakan bintang LL Pegasi telah kehilangan masanya antara 200x massa  matahari atau lebih.

Keunikan bentuk bintang LL Pegasi seperti banyak membuat lingkaran. Tetapi efek tersebut bukan diakibatkan dari bintang Pegasi sendiri, ada satu bintang lain didekatnya yang merubah pola gas menjadi seperti ini. Karena bintang Pegasis adalah bintang biner, atau ada bintang lain yang mengorbit di sekitar bintang utama.

Bintang Pegasi di momen terakhir sebelum hancur dari teleskop ALMA

Gambar bagian tengah, kiri adalah bintang yang ditangkap oleh teleskop Hubble, gambar tengah dari teleskop ALMA, dan gambar ketiga dari simulasi computer dengan perkiraan bentuk 3 dimensi dari bintang disana.





Bintang LL Pegasi terletak 3400 tahun cahaya dari Bumi, dengan ukuran 20x lebih besar dari matahari.
Orbit bintang pendamping di LL Pegasi akhirnya menarik gas bintang yang lebih besar. Karena orbit bintang pendamping membentuk lintasan elips, ketika terlalu dekat gas tertarik oleh bintang pendamping dan terlempar keluar dari bintang.

Peneliti mengatakan bintang ini menarik, karena membuat gas yang keluar terlihat sempurna membentuk lingkaran. Bahkan ketigas gas keluar dari bintang utama, tidak terganggu oleh orbit bintang kembar yang menganggu.

+ESO

Bintang HIP68468 memiliki usia 6 miliar tahun, dan jaraknya 300 tahun cahaya dari Bumi. Praktis bintang ini seperti kembaran matahari. Tapi bintang ini telah memakan planet yang ada di dekatnya, setidaknya 1 atau bahkan 2 planet yang mengorbit sangat dekat ke bintang.

Tim ASAS-SN bahkan tidak terlalu yakin apakah cahaya yang mereka dapatkan berasal dari sebuah supernova. Bila benda tersebut adalah ledakan bintang supernova, menjadi ledakan paling kuat saat ini. Bila dihitung ledakan cahaya tersebut mencapai 570 miliar kali lebih terang dari matahari, dan setara 20 kali lebih terang dari sumber bintang di galaksi Bima Sakti.

Beatriz Villarroel mencari sebuah bintang dari data USNO-B1.0 yang mendadak hilang. Lenyap dari 290.000 sumber bintang yang diteliti dan menghilang begitu saja tanpa jejak. Mengapa yang satu ini menghilang. Sampai Beatriz mengatakan jangan jangan ini ulah alien



Bintang biner ini lari begitu cepat di sekitar galaksi kita. Disebut bintang PB3877, bukan satu bintang tetapi dua bintang kembar, dan lari dengan kecepatan sendiri di sekitar galaksi kita. Disebut sebagai Hyper-velocity star atau bintang hipe

Peneliti sedang melihat sebuah tata surya baru di bintang TW Hydrae. Terlihat sedang membentuk celah dari cincin debu dan gas, dimana nantinya terdapat protoplanet dan menjadi planet baru. Gambar yang diambil oleh teleskop Atacama large Millimeter di Chili tersebut, terlihat pembentukan planet mulai terjadi.


No popular articles found.