Bintang LL Pegasia adalah bintang raksasa merah yang sudah sekarat. Menjelang masa akhir sebelum bintang tersebut menghancurkan dirinya sendiri.

Tim astronomi ALMA / Atacama Large Milimeter baru baru ini mengabadikan bintang Pegasi yang letaknya 3.400 tahun cahaya dari Bumi.

Dan tim astronom berhasil membuat bentuk gambar atau seperti penyebaran gas bintang LL Pegasia.

Pengamatan tersebut adalah pengamatan terakhir, karena tidak beberapa lama lagi bintang akan meledak menjadi supernova.

Terlihat di lingkaran bintang terdapat orbital raksasa merah yang kehilangan gas dan angin yang berputar dari bintang. Seperti semprotan air di taman, yang memancarkan air ke segalah arah dalam lingkaran..

Dengan analisa gambar dari teleskop ALMA, tim peneliti mengambarkan seperti apa yang kita lihat dan keadaan dari bintang LL Pegasia dalam bentuk 3 dimensi.

Tim ALMA mengatakan bintang LL Pegasi telah kehilangan masanya antara 200x massa  matahari atau lebih.

Keunikan bentuk bintang LL Pegasia seperti banyak membuat lingkaran. Tetapi efek tersebut bukan diakibatkan dari bintang Pegasi sendiri, ada satu bintang lain didekatnya yang merubah pola gas menjadi seperti ini. Karena bintang Pegasis adalah bintang biner, atau ada bintang lain yang mengorbit disekitar bintang utama.

Bintang Pegasi di momen terakhir sebelum hancur dari teleskop ALMA

Gambar bagian tengah, kiri adalah bintang yang ditangkap oleh teleskop Hubble, gambar tengah dari teleskop ALMA, dan gambar ketiga dari simulasi computer dengan perkiraan bentuk 3 dimensi dari bintang disana.