Google menyiapkan Android 8 dengan nama O.

Nantinya akan diberikan untuk smartphone Google untuk diuji coba. Seperti Nexus 5X, Nexus 6P dan Pixel. Android O akan tampil lebih menarik dibanding OS Android sebelumnya.

Rencananya, Google baru memberi nama Android O pada kuartal 3 tahun ini. Sekarang masih versi Alpha, jadi belum dapat digunakan untuk umum. Hanya diberikan untuk pengembang aplikasi Android Developer

Nantinya setiap App di Android O akan terlihat kosong, tujuannya untuk mengurangi konsumsi power. Android O juga memberikan notifikasi / keterangan pesan masuk baru, dan dapat diatur oleh penguna sendiri.

Fitur tambahan Picture in Picture / PiP, khusus untuk Android TV. Tampilan gambar tetap di layar, dan pesan masuk tampil pada layar berukuran lebih kecil. Suara musik dengan Bluetooth, sudah didukung oleh Android O dengan LDAC, dan AAudio API.
WIFI ware, dasarnya fitur ini untuk aplikasi dapat menditeksi perangkat terdekat, dan berkomunikasi melalui WIFI tanpa perlu koneksi internet.
Keyboard navigasi lebih baik.
Notifikasi

Android 8 kabarnya sudah mencapai preview 3. Nama O masih menjadi misteri, setelah Google mengunakan nama Android Kitkat mungkin yang satu ini adalah Oreo.

Android O atau Android 8

Baterai di Android O
Disain smartphone Android O mirip seperti sistem operasi Apple IOS. Android akan membatasi dan mengatur aplikasi yang bekerja di background, sementara beberapa aplikasi dibuka.
Sistem OS Android saat ini, ketika penguna membuka sebuah aplikasi. Tetapi aplikasi lain seperti Google Maps yang dibuka dalam mode Background, akan aktif mencatat lokasi layanan dan sering mengupdate. Dan dapat menguras power baterai.

Mendapat upgrade Android O
Oneplus 3T , Oneplus 3. Dikonfirmasi oleh CEO Oneplus Pete Lau via Twitter.
Nokia 6, Nokia 5, dan Nokia 3 info dari HMD
Google Nexus 5X, 6P, Pixel dan Pixel XL (Agustus 2017)