Pesawat ruang angkasa MRO di planet Mars foto camera HiRISE


Kategori : Science | Date : 14 July 2019

Satelit MRO di planet Mars

Satelit Mars Reconnaissance Orbiter adalah pesawat ruang angkasa yang mengorbit di atas planet Mars.
Satelit tersebut memiliki multi fungsi untuk melakukan pengamatan ekplorasi Mars.

Dibangun oleh Lockheed Martin dengan pengawasan JPL. Misi di kelola oleh institusi teknologi California.

MRO dikirim 12 Agustus 2005, dan sampai di orbit Mars 10 Maret 2006.
MRO membawa berbagai instrumen, dari camera, spektrometer, dan radar. Untuk analisa bentangan alam, stratigrafi, mineral batuan dan es di Mars.
MRO merupakan pesawat paling banyak mengirim data ke Bumi dari semua misi antar planet.
MRO juga difungsikan sebagai satelit relai berkemampuan tinggi dimasa mendatang.
MRO akan bertugas, setidaknya sampai tahun 2030an mendatang.
MRO berada di atas permukaan planet Mars dengan jarak antara 450km dan diturunkan sampai 250-316 km

Tahun 2010 data dari MRO ke Bumi telah mencapai 100TB

Sistem power didukung oleh 2 panel surya dan bergerak secara terpisah. Ukuran panel mencapai 5 x 2,5 meter.
Menghasilkan 1000W power karena letak Mars lebih jauh, walau di bumi telah di uji dapat menghasilkan energi 3000W
Ketika pesawat MRO tidak menghadap matahari, power ditopang oleh baterai 50Ah walau saat ini kondisi kapasitas baterai tidak sebaik ketika awal bekerja.
MRO memiliki sistem computer utama hanya berkecepatan 133Mhz procesor PowerOC 750, walau lambat tetapi procesor yang dipakai sangat tangguh dan mampu bekerja di ruang angkasa.
SIstem pengoperasian perangkat luniak dari VxWorks dengan protokol dan pemantai perlindungan kesalahan.


Data disimpan dalam modul memory 160GB. Kapasitas memory sangat besar, walau satu gambar dari camera hanya menbcapai 28GB.
Komunikasi ke Bumi dari satelit MRO mengunakan sinyal UHF untuk komunikasi ke robot yang ada di planet Mars.
Dari bumi diterima oleh antena khusus untuk pesawat ruang angkasa atau Deep Space Netowrk mengunakan frekuensi X band 8Ghz dan Ks band 32Ghz untuk data kecepatan tinggi.
Komunikasi MRO ke Bumi mencapai 6Mbit perdetik.
MRO juga membawa perangkat cadangan untuk komunikasi data dengan 100 X band, dan satu 35 K band serta 2 transponder kecil / SDST.

Bila terjadi keadaan darurat, 2 antena low gain kecil dapat digunakan untuk memastikan komunikasi dengan MRO terjangkau.

Foto Curiosity rover di planet Mars 2019 Juli

Foto ini diabadikan dari camera satelit milik Nasa. Satelit MRO / Mars Reconnaissance mengabadikan posisi robot Curiosity pada tanggal 31 Mei 2019 lalu.

Sebuah gambar terlihat berbeda di atas permukaan tanah mars seperti berwarna biru. Benda tersebut adalah rover milik Nasa.

Posisi sedang di teluk Woodland, walau di Mars tidak ada laut hanya namanya saja disebut teluk.
Jarak robot sekitar 4,5 dari kawah Gale ketika foto dibuat. Tentu saja robot tersebut sudah bergerak lebih jauh saat ini.

Untuk mendapatkan posisi robot Curiosity, sudut camera Hires dari satelit MRO yang berada di ketinggian 400km di atas permukaan planet Mars harus berada pada posisi yang tepat.
Agar mendapatkan pantulan dari cermin panel surya, serta sudut cahaya matahari dan sudut camera.

Pada gambar terlihat robot Curiosity yang berada di planet Mars. Gambar yang berbeda tersebut adalah pantulan dari panel surya.
Posisi pantulan cahaya panel surya dan foto yang diabadikan memerlukan sudut yang tepat antara posisi MRO dan cahaya matahari.

Foto planet 
Mars dari camera HiRise dan posisi Curiosity di planet Mars 31 Mei 2019

Foto asli dari Nasa


Permukaan planet Mars 2017 Maret

Video ini adalah foto asli di permukaan planet Mars. Diambil oleh pesawat ruang angkasa mengunakan camera HiRise. Dari gambar yang ditangkap, Jann mengkonversi dalam bentuk 3D, jadilah sebuah video yang memperlihatkan permukaan planet Mars.

Dengan bentuk 3 dimensi, Jan dapat membuat sebuah video seperti rekaman film dari pesawat ruang angkasa yang sedang bergerak.

Memperlihatkan kawah, lembah dan gurun di planet Mars begitu sunyi.

Foto planet Mars dari camera HiRise dirubah menjadi 3D dan video

Camera HiRise ditempatkan di pesawat ruang angkasa Mars Reconnaissance Orbiter, memiliki berat 65kg. Menghabiskan dana 40 juta dollar, memiliki ketajaman 0,3m/ pixel atau sekitar 30cm pertitik ketika mengabadikan permukaan planet Mars.

Jan mengatakan membuat video ini sangat lama. Dia harus mengabungkan gambar yang komplek. Bahkan mencapai 33.000 / foto. Karena dia hanya mengambil beberapa foto milik Nasa dari bagian ini : PSP_007769, ESP_018859, ESP_012435, ESP_034285, ESP_011648, ESP_045091, ESP_020878, ESP_045634, ESP_037704, ESP_046725, ESP_037705, ESP_018548, ESP_016641, ESP_027236, ESP_011729, ESP_045571, ESP_047503, ESP_023464, ESP_013049.
Dari foto inilah dia membuat video tersebut, dimana foto digabung menjadi video selama 3 bulan. Foto aslinya adalah hitam putih.

Jan sempat kesulitan untuk memproses foto di planet Mars, karena tidak ada software yang dapat bekerja otomatis. Dan dia melakukan secara manual untuk proses gambar menjadi video.



Video Jan tentang planet Mars dapat dilihat dibawah ini.


Berita terkait
Asteroid 2019 LF6, memiliki orbit sangat dekat dengan Matahari sehingga satu kali orbit selama 151 hari. Sampai Juli 2019, menjadi objek paling dekat ke matahari. Bahkan berada di depan planet Merkurius Objek-objek ini sangat sulit dideteksi. Masih banyak benda atau batuan cukup besar di luar sana dan menunggu untuk ditemukan.

Sekarang kita dapat mengetahui laporan cuaca di planet Mars. Nasa JPL membuat data suhu di planet Mars setiap hari. Maret 2019, telah 100 hari bekerja.Nasa mengirim probe Insight ke planet Mars, dirancang menelaah permukaan tanah planet Mars. Robot InSight menditeksi adanya gempa di planet Mars, sepertinya terjadi getaran kecil dari getaran gempa



Astronom amatir mendapatkan foto langka ketika stasiun ruang angkasa lewat di depan bulan. Kesulitan mendapatkan stasiun ruang angkasa tepat lewat di depan bulan adalah kecepatan dan lokasi. Stasiun hanya tampak dalam waktu 0,3 detik, setelah itu lenyap dari bidang bulan.

Tahun 2004 Nasa mengirim robot Opportunity ke planet Mars, 15 tahun berlalu robot tersebut ada disana. Awalnya untuk misi selama 90 hari. Nasa mendapat kabar buruk, robot Opportunity sementara tidak bekerja masalah baterai. Setelah beberapa bulan tidak mengirim sinyal. Panel surya tertutup debu, membuat robot kehabisan power pada baterai. Kemungkinan tidak dapat bekerja lagi.

Rover Curiosity terkena badai di planet Mars Juni 2018. 6 Juni 2018 usia robot memasuki tahun ke 6 dan terus berjalan. Robot tersebut diabadikan dari satelit Mars Reconnaissance Orbiter. Sejak pertama mendarat 6 Agustus 2012. Salah satu penelitian ilmiah, planet Mars yang kering pernah memiliki air. Masalah robot masih diteliti kerusakan pada sistem memory di computer B, dan rencana cadangan menyiapkan computer A.

Video belajar foto dengan cahaya lampu pertama mendemontrasikan mengunakan cahaya lampu tabung untuk efek foto. Dari setting camera, cahaya lampu yang tidak perlu terlalu terang, dan bahan yang dipakai untuk efek foto Tube atau tabung cahaya.

Apakah bisa planet Mars dan Bulan ditanam pepohonan. Di jawab mungkin bisa kata tim Universitas Wageningen. Salah satunya kentang bisa tumbuh, setelah di uji coba di gurun Peru. China mengirim Change 4, sayangnya percobaan menanam di Bulan gagal.
Penelitian lain tanah Mars lebih beracun dari perkiraan sebelumnya.



Probe ExoMars sudah berangkat ke planet Mars. Setelah mencapai orbit di planet Mars, tim ESA dan Roscomos, satu probe lander Schiapareli dilepas dan jatuh, Nasa menemukan seperti spot hitam di planet Mars

Satu foto langkah ini memperlihatkan posisi planet Venus sedang transit tepat di depan matahari dan dapat dilihat dari Bumi. Walau Venus memiliki orbit sangat dekat dengan matahari tapi untuk posisi satu garis dari Matahari dan planet Venus ke Bumi sangat jarang terjadi.

Apa yang dimaksud planet Terrestrial adalah planet berbatu. Tetapi ada beberapa kategori dari planet tipe ini, untuk Bumi masuk ketegori planet dengan permukaan berbatu dimana terdapat inti besi cair di dalamnya. Ada 2 kategori planet lain yang juga masuk dalam planet Terrestrial.

Bagaimana bumi terbentuk, ada 4 tahapan sebelum bumi memiliki penghuni. Bagaimana atmofer Bumi ketika jaman purba. Bumi tidak bulat, agak membengkak di bagian khatulistiwa. Dahulu mungkin bumi lebih dingin dari sekarang. Bagaimana Bumi mampu melindungi mahluk hidup dan menjadi planet yang lebih hangat.




No popular articles found.