UdaraKita Android diteksi polusi dengan smartphone untuk kota di Indonesia


Kategori : Software | Date : 17 March 2017
Greenpeace Indonesia memiliki aplikasi untuk menditeksi polusi udara di kota kota Indonesia.

Sensor polusi udara dipasang di dekat jalan yang ramai, dan penguna bisa mengetahui di area mana saja yang terindikasi memiliki polusi tingkat tinggi dan berbahaya.

Aplikasi UdaraKita akan memperlihatkan di daerah tertentu yang sudah dipasang, dan penguna aplikasi dapat melihat berapa tingkat polusi yang berbahaya.

Dan menghindari melintas di daerah tersebut, khususnya mereka yang mengunakan sepeda atau sepeda motor.

Sebagai catatan, tingkat polusi udara di Indonesia mengunakan standar 10ppm, tetapi Greenpeace mengunakan standar keduanya 2,5ppm
PM10 menditeksi partikulat 10mikrometer atau kurang, sedangkan PM2,5 merupakan partikel 2,5 mikrometer atau kurang.
PM2,5 digambarkan sebagai partikel halus yang ada di udara.

Partikel diatas termasuk debu, partikulat, partikel yang dapat dihirup, asap, atau kabut. Ukuran tersebut adalah partikel yang dapat terhirup dan masuk ke paru paru. Sementara partikel yang lebih besar, secara umum dapat ditahan pada hidung, mulut atau tenggorokan.

Di aplikasi UdaraKita diberikan keterangan dengan keterangan warna dimana sensor diletakan seperti
  • Hijau kondisi udara baik
  • Kuning sedang
  • Oranye tidak sehat untuk mereka yang sensitif terhadap debu
  • Merah tidak sehat
  • Jingga sangat tidak sehat
  • Coklat berbahaya

Sejauh ini kota kota di Indonesia masih aman dengan bahaya polusi udara. Tetapi gas buang dan kendaraan terus mencemari lingkungan padat dan jalan raya. Kita tidak tahu kapan dan dimana udara tersebut menjadi berbahaya dan menghindari daerah tersebut.
Kota besar lain seperti New Delhi dan beberapa kota kota besar di China sudah memerangi tingkat polusi asap dari knalpot kendaraan dan asap pabrik. Sampai hari ini tidak menjanjikan solusi tuntas bagi penduduk mendapatkan udara sehat.

Semoga dengan aplikasi UdaraKita dari Greenpeace dapat menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Perlahan masyarakat dapat sadar bahwa kendaraan yang sering digunakan perlahan terus mencemari orang lain termasuk dirinya sendiri.

UdaraKita Android diteksi polusi dengan smartphone untuk kota di Indonesia

Untuk mendownload, aplikasi UdaraKita diberikan gratis dan minimal untuk smartphone Android 4.1 melalui Google Play Store UdaraKita


Sebuah perusahaan asal Korea membuat perangkat Pico. Alat dengan seukuran kantong dapat menditeksi partikel PM10 dan partikel debu PM2,5. senyawa organik yan gmengupa, gas CO2 atau konsentrasi gas.

Pertama kali pembuktian dari partikel beracun dari kendaraan diesel dapat masuk ke paru paru dan masuk ke aliran darah. Penelitian sebelumnya tidak dapat membuktikan mengapa partikel dari gas buang kendaraan bisa masuk ke dalam tubuh.

Polusi asap dapat membunuh orang begitu banyak. 5,5 juta orang meninggal di tahun 2013 akibat asap. Polusi asap tidak menganggu kesehatan penduduk lokal, tapi asap dapat terbang tanpa perbatasan



Senin kemarin, tingkat polusi mencapai 700mg, dan di beberapa tempat mencapai 1000. Angka tersebut 16x lebih tinggi dari ambang batas aman dan 70x lebih tinggi dari ketentuan badan WHO.
Tingkat polusi setara memasok 3 bungkus rokok bagi seluruh penduduk kota. Yang ramai adalah rumah sakit, pasien datang dengan keluhan sesak napas, pusing, nyeri dada dan lainnya.

Kendaraan yang tidak memenuhi pemakaian bahan bakar nasional akan dikeluarkan dari jalan raya. Kota Tiongkok mendapatkan polusi dari gas buang kendaraan bermotor. Sekitar 6 juta pemilik kendaraan tua harus bersiap mengeluarkan mobilnya dari dalam kota.


No popular articles found.