Polusi udara Jakarta data AirVisual dan Agicn - Dukung agar KLHK menganti dengan standar WHO


Kategori : Software | Date : 6 August 2019

Dukung Green Peace Agustus 2019

Green Peace meminta dukungan agar KLHK segera mengadopsi standar kualitas udara yang digunakan oleh WHO.

Selama ini Indonesia mengunakan standar sendiri, dimana lebih rendah dari standar WHO.

Dengan dukungan anda, diharapkan KLHK dapat merubah dan mengikuti standar kualitas udara Badan Kesehatan Dunia. Mengingat udara di Jakarta telah mencapai polusi tertinggi dibanding kota lain

Caranya cukup masuk ke akudanpolusi.org


Click Saya Dukung.
Dan isi email, nama dan alamat atau telepon.

Sebelum kondisi memburuk dan polusi menganggu kesehatan masyarakat,  sementara Pemprov DKI terlihat hanya mengatur sumber polusi.
Tetapi tidak melakukan upaya perbaikan atau insentif untuk mendukung warga Jakarta sendiri.

Setidaknya Pemprov DKI ikut menyertakan warga Jakarta. Seperti memberi isentif menanam pohon, dimana polusi dapat diserap oleh tanaman. Dengan insentif pajak, seperti memberikan potongan bagi warga yang sadar dimana rumah yang memiliki taman atau di pot dapat dibantu dengan insentif pajak. Tentu warga akan senang dan bertindak lebih cepat, dibanding menonton peraturan lalu-lintas baru dimana warga tidak dilibatkan.

Dibanding pemerintah DKI bekerja sendiri, untuk memangkas jumlah kendaraan dengan memperluas area ganjil genap. Mengecilkan sumber polusi hanya tindakan sementara.
Tindakan nyata yang harus dilakukan adalah meningkatkan serapan polusi di kota-kota Indonesia dapat bersifat permanen bahkan menurunkan polusi lebih signifikan.

Beberapa kota besar dunia sudah melakukan tindakan nyata.



Kota Beijing di tahun 2013 sudah berselimut asap.
Tindakan yang dilakukan pemerintah kota sangat jelas. Tahun 2015, ketika jumlah penduduk 13 juta, dan 7,5 juta kendaraan.
Pemerintah kota membatasi warga mendapatkan nomor mobil, mengeluarkan sementara kendaraan nomor luar kota pada jam tertentu dari jalan kota, perbaikan transpotasi publik listrik, membebaskan pajak dan memberi subsidi kendaraan listrik, sampai membuat mesin penyedot udara raksasa.

Kota Bogota, memberikan waktu kosong kendaraan ketika hari libur. Dimana warga dapat berlalu lalang di jalan raya

Negara Luksemburg memberikan transpotasi gratis kepada warga.

Kota Paris tahun 2014 sempat berselimut asap. Sampai membuat aturan transportasi gratis selama 3 hari setiap minggu. Tahun 2016, aturan baru dimana warga diijinkan untuk menanam pohon di ruang kota yang terbatas. Baik di dinding, halaman atau atap sesukanya asalkan tanaman hidup. Dan memberi insentif kendaraan listrik

Jakarta kota polusi Juli 2019

Jakarta masuk kota paling berpolusi di Indonesia.

Menjelang akhir Juni 2019, tingkat polusi standar internasional memasukan indek polusi Jakarta di 175 atau masuk kategori tidak sehat.

Beberapa sensor polusi udara dipasang di beberapa tempat di dunia.

Jakarta dapat melihat data dari kedutaan Amerika untuk tingkat pencemaran polusi udara. Dan mengikuti standar internasional

Data dapat dilihat di aqicn.org/map/world/

Data Jakarta di aqicn.org/city/indonesia/jakarta

Airvisual adalah data komulatif dari peralatan yang digunakan oleh masyarakat.
Penguna perangkat sensor penditeksi polusi udara tersebut dapat mengunakan informasi untuk pribadi seperti dirumah.
Atau memberikan ijin akses data untuk berbagi ke pusat server Airvisual melalui koneksi internet. Dan diberikan kembali ke publik dalam tampilan website.
Data AirVisual

Dan data berdasarkan grafik dunia dari Airvisual

Daftar kota paling berpolusi Juni 2019


Hari Rabu 24 Juli 2019
Kota Jakarta masih menduduki rangking 10 besar kota terpolusi

1.Russia Krasnoyarsk, Russia 197
2.United Arab Emirates Dubai, United Arab Emirates 171
3.Indonesia Jakarta, Indonesia 162
4.Chile Santiago, Chile 158
5.Vietnam Hanoi, Vietnam 156


6.India Delhi, India 156
7.Brazil Sao Paulo, Brazil 137.
8.Pakistan Lahore, Pakistan 118
9.Afghanistan Kabul, Afghanistan 117
10.Uzbekistan Tashkent, Uzbekistan 112

Hari Minggu 30 Juni 2019

Air quality and pollution city ranking - 30 June 2019, 17:22
Major city US AQI     
1 .Delhi, India    176   
2 .Dubai, United Arab Emirates 159   
3 .Tashkent, Uzbekistan    146   
4 .Dhaka, Bangladesh 129   
5 .Chongqing, China 127   
6 .Jakarta, Indonesia 124   
7 .Tehran, Iran    Tehran, 116   
8 .Lahore, Pakistan 111   
9 .Skopje, Macedonia 108   
10.Kathmandu, Nepal 107   

Data online dari website Airvisual dan Aqicn




AirVisual polusi udara Jakarta


Green Peace Maret 2017

Greenpeace Indonesia memiliki aplikasi untuk menditeksi polusi udara di kota kota Indonesia.

Sensor polusi udara dipasang di dekat jalan yang ramai, dan penguna bisa mengetahui di area mana saja yang terindikasi memiliki polusi tingkat tinggi dan berbahaya.

Aplikasi UdaraKita akan memperlihatkan di daerah tertentu yang sudah dipasang, dan penguna aplikasi dapat melihat berapa tingkat polusi yang berbahaya.

Dan menghindari melintas di daerah tersebut, khususnya mereka yang mengunakan sepeda atau sepeda motor.

Sebagai catatan, tingkat polusi udara di Indonesia mengunakan standar 10ppm, tetapi Greenpeace mengunakan standar keduanya 2,5ppm
PM10 menditeksi partikulat 10mikrometer atau kurang, sedangkan PM2,5 merupakan partikel 2,5 mikrometer atau kurang.
PM2,5 digambarkan sebagai partikel halus yang ada di udara.

Partikel diatas termasuk debu, partikulat, partikel yang dapat dihirup, asap, atau kabut. Ukuran tersebut adalah partikel yang dapat terhirup dan masuk ke paru paru. Sementara partikel yang lebih besar, secara umum dapat ditahan pada hidung, mulut atau tenggorokan.

Di aplikasi UdaraKita diberikan keterangan dengan keterangan warna dimana sensor diletakan seperti
  • Hijau kondisi udara baik
  • Kuning sedang
  • Oranye tidak sehat untuk mereka yang sensitif terhadap debu
  • Merah tidak sehat
  • Jingga sangat tidak sehat
  • Coklat berbahaya

Sejauh ini kota kota di Indonesia masih aman dengan bahaya polusi udara. Tetapi gas buang dan kendaraan terus mencemari lingkungan padat dan jalan raya. Kita tidak tahu kapan dan dimana udara tersebut menjadi berbahaya dan menghindari daerah tersebut.
Kota besar lain seperti New Delhi dan beberapa kota kota besar di China sudah memerangi tingkat polusi asap dari knalpot kendaraan dan asap pabrik. Sampai hari ini tidak menjanjikan solusi tuntas bagi penduduk mendapatkan udara sehat.

Semoga dengan aplikasi UdaraKita dari Greenpeace dapat menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Perlahan masyarakat dapat sadar bahwa kendaraan yang sering digunakan perlahan terus mencemari orang lain termasuk dirinya sendiri.

UdaraKita Android diteksi polusi dengan smartphone untuk kota di Indonesia

Untuk mendownload, aplikasi Android

Play Store UdaraKita diberikan gratis dan minimal untuk smartphone Android 4.1 melalui Google Play Store UdaraKita


Berita terkait
Pertama kali pembuktian dari partikel beracun dari kendaraan diesel dapat masuk ke paru paru dan masuk ke aliran darah. Penelitian sebelumnya tidak dapat membuktikan mengapa partikel dari gas buang kendaraan bisa masuk ke dalam tubuh. Jangan dekat dengan asap knalpot mobil diesel

Memanfaatkan ban bekas sepeda untuk pengikat kabel adaptor atau kabel USB power. Pembuatannya sangat mudah, dan lebih fleksibel. Cukup mengunakan gunting, dan ukur lebar yang dibutuhka. Tidak perlu membeli Velcro pengikat kabel dan anda dapat memanfaatkan ban bekas sepeda di rumah



Tanaman membutuhkan proses fotosintetis untuk menghasilkan oksigen. Tanaman di rumah atau gedung kantor juga membantu meningkatkan kualitas udara di ruangan kita. Kebalikannya, di malam hari tanaman melepas gas CO atau karbon dioksida untuk respirasi. Tetapi ada beberapa tanaman menghasilkan oksigen pada malam hari

Banyak alat untuk penyemprot tanaman untuk kebun. Bagaimana bila kita membuat sistem penyiram tanaman di rumah. Disebut Sprinkle dapat menyebarkan air untuk menyiram tanaman. Dengan biaya murah, installasi mudah dan ketahui berapa banyak komponen yang dibutuhkan.

Sebuah perusahaan asal Korea membuat perangkat Pico. Alat dengan seukuran kantong dapat menditeksi partikel PM10 dan partikel debu PM2,5. senyawa organik yan gmengupa, gas CO2 atau konsentrasi gas.

Polusi asap dapat membunuh orang begitu banyak. 5,5 juta orang meninggal di tahun 2013 akibat asap. Polusi asap tidak menganggu kesehatan penduduk lokal, tapi asap dapat terbang tanpa perbatasan

Senin kemarin, tingkat polusi mencapai 700mg, dan di beberapa tempat mencapai 1000. Angka tersebut 16x lebih tinggi dari ambang batas aman dan 70x lebih tinggi dari ketentuan badan WHO.
Tingkat polusi setara memasok 3 bungkus rokok bagi seluruh penduduk kota. Yang ramai adalah rumah sakit, pasien datang dengan keluhan sesak napas, pusing, nyeri dada dan lainnya.



Kendaraan yang tidak memenuhi pemakaian bahan bakar nasional akan dikeluarkan dari jalan raya. Kota Tiongkok mendapatkan polusi dari gas buang kendaraan bermotor. Sekitar 6 juta pemilik kendaraan tua harus bersiap mengeluarkan mobilnya dari dalam kota.




No popular articles found.