Sebuah bangunan bersejarah Zhangfei di China menghadap ke sungai Yangtze. Tapi bangunan tersebut dibuat pada jaman dinasti Song antara tahun 960-1279. Setelah terjdi banjir di tahun 1870, bangunan dipindah dan memiliki pemandangan berbeda sama sekali.

Pemimpin militer lengendaris Zhang Fei hidup dalam 3 jaman kerajaan yang bergejolak. Sebuah bangunan di didirikan di Yunyang provinsi Chongqing dan berada di bukit curam serta bangunan menghadap ke sungai. Pembangunan ditujukan untuk menyatukan dengan pemandangan alam yang dramatis.
Tapi tahun 2000, bangunan tersebut dipindah sejauh 32 km dari tempat asalnya. Menghabiskan dana 12 juta dollar (data dari siaran media CCTV). Bangunan dipindah setelah rencana bendungan 3 besar mulai dikerjakan tahun 1994.

Gedung candi Hangfei di Chongqing

Tidak hanya satu bangunan ini saja yang digeser dari tempat asalnya. Bahkan ada yang pindah ke benua lain.

Cerita perkembangan di China dimulai dari pertumbuhan dan migrasi penduduk antara tahun 1995 - 2015. Dari 352 juta orang meningkat menjadi 771 juta orang sebagai penduduk urban.

Dari 14 kota, memiliki 5 juta penduduk yang tinggal disana. Selama tahun 2016 saja, dibangun 84 gedung pencakar langit.
Urbanisasi penduduk mengancam keberadaan gedung bersejarah. Diperkirakan 10 ribu gedung atau situs sudah hilang di China. Sebagian dipindahkan ke tempat baru dan sebagian lagi hancur.

Di milenium baru, pemerintah China mulai khawatir dengan keberadaan gedung bersejarah. Pada tahun 2001, gedung Jinlun Guild di kota megacity Guangzhou menjadi gedung pertama secara utuh dipindah. Gedung tua tersebut dibangun awal 1700an oleh dinasti Qing, dan digeser 80 meter dari tempat asalnya karena di dekat gedung akan dibangun jalan Kangwang Road yang menghubungkan wilayah utara dan selatan distrik Liwan.

Beberapa gedung yang dipindah dari tempat asalnya

Tahun 2003.
Gedung Shanghai Concert Hall, dibangun tahun 1930. Akhirnya digeser karena ada konstruksi jalan Yan An. Gedung diangkat setinggi 1,4 meter, dan ditaruh diatas roda berjalan, dan dinaikan sampai 1,88 meter dan ditempatkan ke pondasi baru.

Gedung Shanghai Concert Hall

Tahun 2013
Sebuah gudang tua dengan 6 tingkat Zhengguanghe dirancang arsitek George Wilson dari Inggris. Dibangin tahun 1930an juga digeser dari tempat semula dan sejauh 38 meter.


Pemindahan gedung tua 6 lantai Zhengguanghe

Tahun 2016
Stasiun dan kantor pemadam kebakaran tua disebut Hangkou Yiyong Fire Accociation. Usianya 100 tahun dan memiliki sejarah di kota Wuhan provinsi Hubei. Kembali dipindah pada tahun 2011 sejauh 90 meter.
Tanah digedung tersebut dibeli oleh pengembang, dan kon

Pemindahan gedung pemadam Yiyong Fire

Proyek paling dramatis terjadi di Huizhou provinsi Anhui. Sebuah bangunan akhirnya dipindah dari China ke Amerika.
Gedung dengan bata merah dan ukiran indah tersebut dinamai Yin Yu Tang. Dibangun pada abad ke 19 dari leluhur keluarga pedagang China. Tapi gedung tersebut akhirnya dipindah ke Amerika.

Sebuah perusahaan Peabody Essex Museum (PEM) mengunjungi ke gedung tersebut. Nancy Berliner kurator yang bekerja di PEM datang pada tahun 1996. Kebetulan pihak keluarga sedang mencari penjual gedung bersejarah mereka. Selama pembongkaran gedung, ditemukan catatan kaligrafi asli, koin diantara kayu bangunan.
Bangunan dibongkar dengan hati hati, dari genteng sampai pondasi, dan di kemas lalu di kirim ke Amerika.

Gedung Yin Yu Tang dipindah dari Cina ke Amerika

Bangunan tua bersejarah lebih murah dipindah dibanding membongkar dan membangun kembali. Karena lebih ramah lingkungan, bila memungkinkan gedung dapat dipindah ke tempat lain yang lebih aman.
Walau perkembangan ekonomi China begitu pesat. Tetapi bangunan bersejarah dapat diselamatkan. Baik dari pihak pemerintah maupun badan swasta.
Biaya pemindahan gedung tidak murah dan bervariasi. Gedung Concert Hall Shanghai memiliki berat 5600 ton, menghabiskan biaya 1,3 juta dollar untuk memindahkan ke tempat baru.

Hongkong terdapat gedung Murray House, gedung dibongkar kemudian dipasang kembali. Tempat yang baru ada di tepi laut, dan gedung sudah berada 15 km dari tempat asal didirikan. Seandainya nanti ada yang melihat sejarah, mengapa gedung itu ada disini.