2 lubang hitam yang disebut PG 1302-102, adalah keberadaan 2 lubang hitam biner yang saling mengorbit.

Tapi keduanya sekarang ini terlihat hanya berjarak sejauh diameter tata surya kita. Bila kedua black hole bertabarakan lalu apa yang terjadi.

Tentu kita tidak menikmati tabrakan kedua benda raksasa tersebut. Karena baru terjadi pada 100 juta tahun nanti.

Keberadaan 2 blackhole biner PG 1302-102 belum selsai. Pertunjukan pertama terditeksi di awal tahun 2017. Foto dibawah ini diambil dari teleksop bumi Catalina Real-Time Transient Survey. Dan digabungkan dengan data dari teleskope Galex dan Hubble yang berada di ruang angkasa.

Lubang hitam biner PG 1302-102 saling orbit
Bukti kedua lubang hitam tersebut saling tarik menarik dan mengorbit, menghasilkan siklus kedipan misterius di pusat sebuah galaksi yang jaraknya 3,5 miliar tahun cahaya dari Bumi. Setiap 5 tahun muncul objek meredup dan kembali normal. Pengamatan PG 1302-102 masih diteliti setidaknya sejak 20 tahun lalu berdasarkan data teleskop Galex dan Hublle.

Seperti lampu yang menyala 60W lalu menjadi terang 100W kata Daniel DOrazio penulis astronom Universitas Columbia.

Ini yang menarik dari salah satu lubang hitam diatas bergerak sampai 7% kecepatan cahaya. Membayangkannya seperti ini. Ada sebuah bola raksasa yang sangat hitam, lalu memutar di ujung tata surya kita hanya dalam waktu 5 tahun menyelesaikan satu putaran. Bila posisi lubang hitam tersebut berada di Bumi, putaran orbit satu kali saja hanya selesai dalam 12 jam. Sedangkan bumi saja harus berputar selama 365 hari.

Bila tata surya kita memiliki pusat matahari dan planet paling jauh Pluto.
Dan melihat jarak kedua lubang hitam tersebut, bisa dibayangkan sebesar apa kekuatan keduanya. Bahkan dengan kecepatan yang luar biasa, salah satu lubang hitam memiliki orbit yang bergerak begitu cepat. Gravitasi antara jarak planet Pluto akan terganggu begitu kuat oleh lubang hitam biner seperti ini.

Seandainya keduanya bertabrakan, peneliti mengatakan benda tersebut akan menendang seperti ombak gravitasi di ruang waktu mereka sendiri.

Lubang hitam menjadi benda paling menarik bagi fisikawan. Karena benda ini tidak pernah terlihat bentuknya. Dan hanya terlihat dari efek yang dihasilkan oleh aktivitas lubang hitam.