Lubang hitam biner PG 1302-102 saling orbit


Science | 6 March 2017

Kedua lubang hitam akan bertabrakan tapi nanti 100 juta tahun dari sekarang

2 lubang hitam yang disebut PG 1302-102, adalah keberadaan 2 lubang hitam biner yang saling mengorbit.

Tapi keduanya sekarang ini terlihat hanya berjarak sejauh diameter tata surya kita. Bila kedua black hole bertabarakan lalu apa yang terjadi.

Tentu kita tidak menikmati tabrakan kedua benda raksasa tersebut. Karena baru terjadi pada 100 juta tahun nanti.

Keberadaan 2 blackhole biner PG 1302-102 belum selsai. Pertunjukan pertama terditeksi di awal tahun 2017. Foto dibawah ini diambil dari teleksop bumi Catalina Real-Time Transient Survey. Dan digabungkan dengan data dari teleskope Galex dan Hubble yang berada di ruang angkasa.

Lubang hitam biner PG 1302-102 saling orbit
Bukti kedua lubang hitam tersebut saling tarik menarik dan mengorbit, menghasilkan siklus kedipan misterius di pusat sebuah galaksi yang jaraknya 3,5 miliar tahun cahaya dari Bumi. Setiap 5 tahun muncul objek meredup dan kembali normal. Pengamatan PG 1302-102 masih diteliti setidaknya sejak 20 tahun lalu berdasarkan data teleskop Galex dan Hublle.

Seperti lampu yang menyala 60W lalu menjadi terang 100W kata Daniel DOrazio penulis astronom Universitas Columbia.

Ini yang menarik dari salah satu lubang hitam diatas bergerak sampai 7% kecepatan cahaya. Membayangkannya seperti ini. Ada sebuah bola raksasa yang sangat hitam, lalu memutar di ujung tata surya kita hanya dalam waktu 5 tahun menyelesaikan satu putaran. Bila posisi lubang hitam tersebut berada di Bumi, putaran orbit satu kali saja hanya selesai dalam 12 jam. Sedangkan bumi saja harus berputar selama 365 hari.

Bila tata surya kita memiliki pusat matahari dan planet paling jauh Pluto.
Dan melihat jarak kedua lubang hitam tersebut, bisa dibayangkan sebesar apa kekuatan keduanya. Bahkan dengan kecepatan yang luar biasa, salah satu lubang hitam memiliki orbit yang bergerak begitu cepat. Gravitasi antara jarak planet Pluto akan terganggu begitu kuat oleh lubang hitam biner seperti ini.

Seandainya keduanya bertabrakan, peneliti mengatakan benda tersebut akan menendang seperti ombak gravitasi di ruang waktu mereka sendiri.

Lubang hitam menjadi benda paling menarik bagi fisikawan. Karena benda ini tidak pernah terlihat bentuknya. Dan hanya terlihat dari efek yang dihasilkan oleh aktivitas lubang hitam.

Berita terkait
Planet terdiri dari planet berbatu, planet gas. Lalu berapa batas ukuran planet, bahkan menjadi sebuah bintang..Bila kandungan gas sebuah planet setara 80x massa Jupiter, dipastikan disana akan menjadi sebuah bintang. Tetapi dengan massa 13x dari massa Jupiter saja, sudah dapat membentuk bintang yang dinamai bintang kerdil katai coklat. Bedanya bintang kelas tersebut tidak mampu menghasilkan panas.

Apa yang terlihat ketika sebuah lubang hitam aktif mengkonsumsi sesuatu yang besar. Peneliti mengolah data ketika lubang hitam aktif dan memakan bintang. Yang terlempar dari lubang hitam MAXI J1820 + 070 yang tertangkap. Radiasi sinar X-ray yang kuat, disusul hitungan mili detik muncul plasma keluar dari kutub lubang hitam.Data pertama aktivitas Black Hole yang aktif diolah sebagai gambar visual.



Beberapt tahun ini dibangun beberapa teleskop radio. Tapi bukan mencari sinyal alien, melainkan mendapatkan adanya sinyal frekuensi 21cm. Yang berasal dari sinyal sebelum pembentukan galaksi pertama, sinyal bersumber dari 13 miliar tahun lalu jauhnya dari Bumi. Mendapatkan sinyal dari bintang generasi pertama dimana benda Black Hole sebagai materi padat belum ada di awal alam semesta. Lalu untuk apa

Awalnya peneliti sedang mencari galaksi dengan 2 lubang hitam dalam proses merger. Tetapi di galaksi SDSS J084905.51 + 111447.2 malahan ditemukan 3 lubang hitam dari 3 galaksi yang bergabung. Mengunakan beberapa instrumen baik teleskop darat dan ruang angkasa. Ditemukan kejadian langkah dan berada 10 juta tahun cahaya dari Bumi.

Seberapa luas alam semesta ini. Angka perkiraan 250x lebih besar dari perkiraan sebelumnya. Berapa luas alam semesta tepatnya. Manusia saat ini hanya mampu melihat terjauh 46 miliar tahun cahaya dari titik awal alam semesta. Lebar alam semesta diperkirakan mencapai 92 miliar tahun cahaya dengan teknologi saat ini.

Galaksi NGC 4874 adalah sebuah galaksi spiral. Walau disebut dengan galaksi spiral, penampakan galaksi ini tidak menampilkan debu dan gas seperti lengan. Ukuran galaksi ini mencapai 10x lebih besar dari galaksi Bima Sakti.

Dua lubang hitam ini berada pada jarak 750 juta tahun cahaya menunjukan kehancuran dua galaksi 0402-379 akibat kedua lubang hitam. Bentuk visual dari galaksi Galaksi 04020-379 dahulu kedua galaksi memiliki lengan spiral yang terbentuk dari garis bintang. Update foto VLBA



Sebuah bintang IPTF16gau meledakdan menjadi sebuah supernova. Tetapi bintang tersebut terlihat sangat jauh, tapi muncul dengan intensitas 50x lebih terang.

Astronom menemukan bintang mengorbit ke sebuah bintang putih, tapi kecepatannya luar biasa. Ada yang aneh dengan bintang ini. Lubang hitam yang disebut X9 menarik materi gas dari bintang pendamping dan lubang hitam terkunci sampai 0,1% kecepatan cahaya

Astronom melihat sebuah lubang hitam bergerak liar di sebuah galaksi. Ukuran lubang hitam yang diberi nomor XJ1417 + 52 tersebut diperkirakan mencapai 100 ribu kali dari massa matahari, yang biasanya ada ditengah galaksi. Cukup aneh bila sebuah lubang hitam berukuran besar bisa berada disisi luar sebuah galaksi.

Black hole atau lubang hitam Swift J1644+57 letaknya 3,9 miliar tahun cahaya dari Bumi. Baru terditeksi pada tahun 2011 oleh teleskop milik Nasa Swift. Astronom mempelajari gangguan pasang surut lubang hitam tersebut, dan dipublikasikan tahun ini.

Lubang hitam paling dekat dengan Bumi adalah V616 Mon dengan sistem biner, kedua Cygnus X-1 yang juga sistem biner. Mengapa ada kata biner. Bagaimana dampak bagi tata surya kita bila dilewati sebuah lubang hitam.




No popular articles found.
< /body>