5G akan tampil, tapi kemampuan teknologi standar wireless ini dapat merubah kecepatan internet.

4G LTE akan usang untuk mendownload 4K, aplikasi dan konten lainnya.

Apa yang menarik dari perbedaan 4G LTE vs 5G.
4G LTE banyak digunakan untuk perangkat mobile. Kecpatan wireless dari smartphone sampai aplikasi internet rumah.

5G ditampilkan oleh Samsung, membawa teknologi 5G Home Router yang mampu bekerja sampai kecepatan 4Gbit/s.
Dengan kecepatan 500MB/s saja, perangkat dapat mendownload 50GB file dalam 2 menit, atau 100GB video 4K dalam 4 menit.

5G Modem wireless Router

Teknologi diatas baru tingkat demonstrasi. Tentu kecepatan dari demonstrasi unit, bila perangkat wireless router 5G dekat dengan pemancar sinyal 5G. Hambatan yang memperlambat kecepatan akan terkendala dengan gangguan sinyal wireless, dan sistem network.

Seandainya kecepatan yang diterima pada perangkat 5G mencapai 50% saja atau 2Gbps. Bahkan seperempat kecepatan antara 1Gbps. Sudah cukup untuk jaringan wireless terasa seperti jaringan LAN 1Gbps.

Angka 1Gbps memang langka bagi jaringan internet. Termasuk jaringan fiber optik belum menawarkan paket murah pada kecepatan tersebut.

Bagaimana cara kerja jaringan 5G wireless router. Perangkat dipasang di rumah, dan lokasi yang tepat untuk menerima sinyal 5G paling optimal.  menginakan antena Milimeter wave sinyal di tranmisikan ke antena provider telekom atau menara operator.

Instalasi 5G Modem wireless Router

Sebelum 5G, pengembang 4G LTE akan berlanjut. Qualcomm menawarkan 4G LTE X16 dan 4G X20 untuk memberikan kecepatan 1Gbps pada perangkat mobile.

September 2017
Mediatek memperkirakan selesai mengembangkan prototipe 5G akhir tahun 2017. Dan diuji coba tahun 2018.
Awal tahun 2017 lalu, Meditek mengungkap tim mereka dengan Nokia mulai mengembangkan teknologi 5G wireless mobile. Setelah perusahaan tersebut berpartisipas dalam proyek 5G Joint Innovation serta bekerja sama dengan telekom Jepang NTT Docomo.

Spreadrum perusahaan chip seperti Mediatek dan Qualcomm, tapi masih dalam kapasitas lebih kecil. Akan mengembangkan chip 5G tahun 2018. Spreadrum bekerja sama dengan perusahaan telekom China Mobile dan suplai peralatan telekom milik Huawei, Ericsson dan ZTE untuk menguji coba 5G.

Qualcomm yang lebih dahulu menyiapkan teknologi 5G. Pasar 5G diperkirakan mulai diproduksi masal pada tahun 2019, diharapkan penguna sudah siap menerima teknologi internet berkecepatan tinggi pada tahun 2020.
Sementara operator dari Jepang, Korea Selatan dan Amerika akan meluncurkan jaringan 5G di tahun 2019.

Teknologi 5G tidak hadir dalam waktu dekat ini. Setidaknya penguna perangkat mobile harus menunggu sampai tahun 2020, ketika jaringan 5G sudah lebih terjangkau.