5G teknologi wireless smartphone masa depan


Kategori : Technology | Date : 17 August 2018
5G akan menganti 4G LTE tapi butuh 3 tahun kedepan
5G akan tampil, tapi kemampuan teknologi standar wireless ini dapat merubah kecepatan internet.

4G LTE akan usang untuk mendownload 4K, aplikasi dan konten lainnya.

Apa yang menarik dari perbedaan 4G LTE vs 5G.

4G LTE banyak digunakan untuk perangkat mobile. Kecpatan wireless dari smartphone sampai aplikasi internet rumah.

5G ditampilkan oleh Samsung, membawa teknologi 5G Home Router yang mampu bekerja sampai kecepatan 4Gbit/s.

Dengan kecepatan 500MB/s saja, perangkat dapat mendownload 50GB file dalam 2 menit, atau 100GB video 4K dalam 4 menit.

5G Modem wireless Router

Teknologi diatas baru tingkat demonstrasi.

Tentu kecepatan dari demonstrasi unit, bila perangkat wireless router 5G dekat dengan pemancar sinyal 5G.

Hambatan yang memperlambat kecepatan akan terkendala dengan gangguan sinyal wireless, dan sistem jaringan provider..



Seandainya kecepatan yang diterima pada perangkat 5G mencapai 50% saja atau 2Gbps. Bahkan seperempat kecepatan antara 1Gbps. Sudah cukup untuk jaringan wireless terasa seperti jaringan LAN 1Gbps.

Angka 1Gbps memang langka bagi jaringan internet. Termasuk jaringan fiber optik belum menawarkan paket murah pada kecepatan tersebut.

Bagaimana cara kerja jaringan 5G wireless router. Perangkat dipasang di rumah, dan lokasi yang tepat untuk menerima sinyal 5G paling optimal.  menginakan antena Milimeter wave sinyal di tranmisikan ke antena provider telekom atau menara operator.

Instalasi 5G Modem wireless Router

Sebelum 5G, pengembang 4G LTE akan berlanjut. Qualcomm menawarkan 4G LTE X16 dan 4G X20 untuk memberikan kecepatan 1Gbps pada perangkat mobile.

September 2017
Mediatek memperkirakan selesai mengembangkan prototipe 5G akhir tahun 2017. Dan diuji coba tahun 2018.
Awal tahun 2017 lalu, Meditek mengungkap tim mereka dengan Nokia mulai mengembangkan teknologi 5G wireless mobile. Setelah perusahaan tersebut berpartisipas dalam proyek 5G Joint Innovation serta bekerja sama dengan telekom Jepang NTT Docomo.

Spreadrum perusahaan chip seperti Mediatek dan Qualcomm, tapi masih dalam kapasitas lebih kecil. Akan mengembangkan chip 5G tahun 2018. Spreadrum bekerja sama dengan perusahaan telekom China Mobile dan suplai peralatan telekom milik Huawei, Ericsson dan ZTE untuk menguji coba 5G.

Qualcomm yang lebih dahulu menyiapkan teknologi 5G. Pasar 5G diperkirakan mulai diproduksi masal pada tahun 2019, diharapkan penguna sudah siap menerima teknologi internet berkecepatan tinggi pada tahun 2020.
Sementara operator dari Jepang, Korea Selatan dan Amerika akan meluncurkan jaringan 5G di tahun 2019.

Oktober 2017
Qualcomm Snapdragon X50.Chip wireless modem 5G pertama untuk smartphone.

Snapdragon X50 memiliki kecepatan wireless Gigabit di spektrum 28Ghz atau lebih tinggi mmWave. Dibanding 4G mengunakan frekuensi sampai 3Ghz.
Ukuran chip hanya 9mm, sedikit lebih lebar dibanding modem smartphone saat ini.

Qualcomm Snapdragon X50 chip 5G untuk smartphone

Teknologi 5G tidak hadir dalam waktu dekat ini. Setidaknya penguna perangkat mobile harus menunggu sampai tahun 2020, ketika jaringan 5G sudah lebih terjangkau.

Agustus 2018
Samsung perkenalkana Exynos modem 5100 pertama dengan 3GPP untuk standar compliant 5G.
Exynos Modem 5100 mendukung jaringan 6Ghz dan spektrum mmWave yang digunakan untuk standar 3GPP 5G. Termasuk untuk 2G. GSM CDDMA, 3G WCDMA, TD-SCDMA, HSPA, dan 4G LTE.
Chip dapat bekerja dengan download 2Gbit/s dijaringan 5G, dan kecepatan upload 1,6Gbit di 4G.

Samsung Modem 5100 3GPP untuk 5G

Qualcomm Snapdragon 835 akan mengunakan wireless modem 4G LTE Cat tipe LTE Cat X16. Dilanjutkan Qualcomm X20, 20% lebih cepat sampai 1,2Gpbs dan  mendukung dual SIM 4G VoLTE. Satu lagi 4G LTE Cat.18 dikembangkan Samsung, disusul X24 Qualcomm

ARM Mali-Cetus disebut Mali D71 adalah pengembangan grafik pada smartphone dengan arsitek Arm. Tetapi yang ini berbeda, dan mendukung teknologi high res display serta multi tasking. Arm menyebut ARM Mali-Cetus bekerja dengan display 4K x 2K dengan kecepatan 120Hz

SolidEnergy sistem mengunakan anode bebas untuk baterai lithium. Membuat baterai lithium double capacity. Teknologi baterai lebih murah kurang dari 80% adalah Natrium-Ion, mengunakan bahan garam yang berlimpah di Bumi



Juni 2017 sebuah satelit ViaSat 2 diluncurkan, menjadi langkah awal pengunaan WIFI di pesawat komersil. Sistem satelit ViaSat 2 akan menyediakan jaringan WIFI dengan kecepatan 25Mbps

Bila anda sudah remaja di era sampai 90an. Mungkin anda pernah merekam file MP3 ke sebuah disc CD. MP3 sudah berusia 22 tahun. Tetapi kabar terbaru Institut Fraunhofer telah mengakhir beberapa lisensi hak paten dan secara resmi menghentikan izin MP3

Optane dapat menghadirkan teknologi SSD dengan Add-in Card. Memiliki kecepatan IOPS 5x lebih cepat dari SSD performa. Dapat dijadikan buffer harddisk, membuat kecepatan harddisk seperti SSD. Gigabyte dan MSI sudah memberikan update BIOS

Yang ini bukan komunikasi biasa seperti komunikasi satelit dan pesawat, tapi untuk komunikasi pesawat ruang angkasa. DSN atau Deep Space Network adalah sistem antena yang berada di 3 negara. Sekarang dipasangkan VPN untuk perlindungan peretas. Biaya terlalu besar bila diganggu.



Catatan astronomi kuno ternyata sudah melihat supernova. Seperti catatan SN 185 dari astronomi China, SN 1054 sebagai catatan nebula kepiting dan SN 1006 ketika sebuah bintang sangat terang terjadi. Catatan filsafat tersebut menyebutkan, sebagian besar di utara, kadang di selatan. Bentuk bintang bintang muncul dan bersinar selama hampir 3 bulan, lalu perlahan redup dan menghilang.

Layar Amoled - active-matrix organic light-emitting diode memiliki kemampuan lebih hemat power, tidak membutuhkan lampu backlit, dan cahaya dihasilkan dari panel sendiri, serta warna lebih baik dari LCD. Tetapi teknologi LCD sudah mengunakan kerapatan panel seperti tipe layar IPS


No popular articles found.