Area 51 berada di gurun Nevada yang tandus. Menuju gerbang Area 51 harus melalui jalan berdebu. Rantai pagar, gerbang, dan tertulis area terlarang bagi umum.

Mereka yang mengetahui peringatan ini akan bertanya, ada apa di dalam sana. Dan mengapa selalu dijaga ketat.

Hampir di setiap sudut pagar akan terlihat camera pengawas. Orang yang mencoba masuk dipastikan terditeksi, bahkan kelinci atau kura kura lewat dapat terditeksi oleh sensor. Karena banyak sensor ditanam di sekitar area.

Rumor Area 51

Roswell tahun 1947. Pesawat Soviet yang jatuh disana dan diplesetkan adanya UFO dan alien yang mendarat. Tapi pesawat tersebut dikiriman oleh Soviet untuk mengemparkan Amerika. Cerita aslinya Stalin terinspirasi cerita radio dan novel War of the Worlds Dengan pendaratan pesawat Alien dari planet Mars di bumi. Pesawat yang jatuh tersebut jet Ho 229 membawa anak kecil mirip alien. Naas pesawat yang diterbangkan dengan pengendali jarak jauh jatuh di Roswell.
Militer Amerika datang ke tempat jatuhnya pesawat, dan ditemukan beberapa korban bahkan 2 masih hidup. Korbannya hanya anak anak yang sengaja menjadi kelinci percobaan. Terakhir baru diketahui anak anak tersebut merupakan percobaan rasis Grotesque peneliti Nazi Joseph Mengele. Amerika mendapatkan inpirasi dari jatuhnya pesawat dan mempelajari struktur pesawat Soviet. Lalu dikembangkan menjadi pesawat Stealth Bomber B2. Benar atau tidak, sebagian keaslian berita ini masih misteri.

Konspirasi pendaratan di bulan tahun 1969 disebutkan dibuat di salah satu hanggar disana, jadi tidak ada astronot yang pergi ke bulan. Cerita konspirasi astronot tersebut pernah dibuat menjadi film. Tapi astronot yang mendarat ke bulan memang ada yaitu Neal Amstrong sebagai manusia yang menginjakan kaki pertama disana. Dan pihak Nasa sudah merilis semua foto dan dokumentasi dari 12 manusia yang pernah menginjakan kaki di bulan
Kedua cerita masih melekat sampai hari ini.

Cerita sebenarnya
Area 51 adalah daerah paling rahasia. Ketika percobaan pesawat pengintai U-2 Amerika dibangun. setelah perang dunia II selesai, dimulai perang dingin. Dan Amerika menyiapkan program untuk memata-matai Soviet dengan membuat pesawat mata mata canggih. Amerika merasa khawatir ketika Soviet agresif masuk ke Korea Utara dan Korea Selatan di tahun 1950.

November 1954, President Eisenhower menyetujui pengembangan program U-2. Tempat yang tepat adalah di gurun Nevada yang menjadi Area 51.
Salah satu insinyur yang pernah bekerja disana menyebut sebagai tempat Paradise Ranch.

Pengujian pesawat U-2 dimulai Juli 1955. Tidak lama muncul kabar dengan pesawat tidak dikenal terbang di daerah tersebut.
Pengamatan UFO milik Amerika juga dilihat oleh pilot pesawat komersil. Karena mereka tidak tahu bila ada pesawat yang mampu terbang di atas ketinggian pesawat komersil ketika itu.
U-2 terbang pada ketinggian 15km dari permukaan laut. Pesawat komersil hanya terbang antara 3500-7000 meter (3,5-7km)

Angkatan Udara Amerika tentu tidak mau mengakui bila UFO tersebut adalah pesawat mereka. Karena U-2 adalah pesawat mata-mata yang sangat dirahasiakan ke publik termasuk warganya sendiri.

Pengujian U-2 berhenti diakhir 1950, tapi pesawat lain juga di uji disana. Beberapa pesawat seperti A-12 protipe dan lahirnya SR-71, Bird of Prey, F-117A, Tacit Blue juga diuji di gurun Nevada.

Sampai hari ini, Area 51 masih aktif tetapi tidak ada yang tahu apa yang dikerjakan disana. Bisa saja pesawat yang sedang di uji coba, teknologi pesawat Stealth, persenjataan canggih, sistem warfare atau perang elektronik, drone dan lainnya.

Bagi mereka yang ingin mampir kesana dan mencoba mengintip di daerah tersebut. Hati hati, bukan masalah tertangkap saja, karena Area 51 terletak di daerah terpencil merupakan daerah terlarang.
Seandainya membawa GPS, sinyal satelit disana kemungkinan tidak bekerja (kabarnya). Membawa makanan dan minumum serta bahan bakar untuk, siapa tahu nyasar. Mengingat pom bensin terdekat lumayan jauh. Jalur masuk ke Area 51 mencapai 20km lebih dan sudah memasuki daerah yang tidak boleh dikunjungi tanpa ijin.

Dibawah ini gambar satelit Area 51, masih mengalami perubahan. Fasilitas tersebut masih aktivitas sebagai pangkalan udara.



Ini lokasi Area 51 dari peta Google Maps. Peta tahun 2017 terlihat masih ada beberapa kendaraan dan landasan pesawat di Area 51. Silakan di zoom dan temukan bagian landasan udara di sebuah gurun dibawah ini



Salah satu jalan menuju Area51 dari jalan Extraterrestrial Highway Nevada. Masih 30km lebih sampai di gerbang masuk. Data dari Google Maps tertulis This route has restricted usage or private roads.