Setiap gambar yang diperlihatkan peneliti dengan teleskop observasi. Yang terlihat adalah galaksi dari sisi atas atau dari sisi samping.

Galaksi yang dilihat dari atas dengan sudut bumi, maka gambar yang terlihat terang adalah inti galaksi. Galaksi yang terlihat di bumi dari sisi atas, tidak menunjukan sudut 3 dimensi. Sama seperti melihat sebuah gambar galaksi diatas kertas.

Galaksi yang terlihat dari sudut miring, maka gambarnya akan sama. Yang dipelajari adalah struktur lengan galaksi dan ukurannya.

galaksi dilihat dari sisi atas dan sudut miring

Galaksi yang terlihat dari sisi Bumi, lebih banyak terlihat dari sisi atas atau sudut menyamping. Tapi jarang yang terlihat tepat ketika sisi piring galaksi tegak lurus terlihat dari Bumi.

Galaksi NGC 1055, yang satu ini berbeda.karena terlihat dari bumi tepat berada di sisi samping. Seakan melihat sebuah tepi piring galaksi.

Gambar dari teleskop Very Large Telescope milik badan antariksa Eropa ESO, memperlihatkan galaksi spiral NGC 1055. Letaknya 55 juta tahun cahaya dari Bumi dan berada di konstelasi Cetus. Diperkirakan galaksi tersebut memiliki ukuran 15% lebih besar dari galaksi Bima Sakti.

Dengan melihat dari sisi samping, para ilmuwan dapat belajar dan memperhitungkan panjang lengan galaksi termasuk ketebalan (lebar) dari inti galaksi. Di tepian galaksi terlihat munculnya aktivias pembentukan bintang

Dibawah ini gambar galaksi NGC 1055. Pada gambar terakhir terlihat pembentukan bintang, dimana peneliti dapat melihat bintang yang baru terbentuk. Dan lebih mudah ketika sebuah galaksi terlihat dari sisi samping ketika dilihat dari bumi. Selain pembentukan bintang baru, peneliti dapat melihat langsung ketebalan sebuah galaksi.



Sementara posisi bumi berada ditengah galaksi Bima Sakti. Peneliti tidak dapat melihat sisi samping galaksi kita yang berada di tepian, kecuali melihat bagian lengan dan inti galaksi. Dengan contoh galaksi NGC 1055, dapat dijadikan panduan bahwa di sisi galaksi kita mungkin masih aktif dan terlihat pembentukan bintang seperti di tepi galaksi NGC 1055.

ESO A Galaxy on the Edge