Galaksi dilihat dari sisi berbeda bagaimana dari sisi samping galaksi


Kategori : Science | Date : 2 March 2017
Galaksi yang terlihat tepat dari samping sangat jarang
Setiap gambar yang diperlihatkan peneliti dengan teleskop observasi. Yang terlihat adalah galaksi dari sisi atas atau dari sisi samping.

Galaksi yang dilihat dari atas dengan sudut bumi, maka gambar yang terlihat terang adalah inti galaksi. Galaksi yang terlihat di bumi dari sisi atas, tidak menunjukan sudut 3 dimensi. Sama seperti melihat sebuah gambar galaksi diatas kertas.

Galaksi yang terlihat dari sudut miring, maka gambarnya akan sama. Yang dipelajari adalah struktur lengan galaksi dan ukurannya.

galaksi dilihat dari sisi atas dan sudut miring

Galaksi yang terlihat dari sisi Bumi, lebih banyak terlihat dari sisi atas atau sudut menyamping. Tapi jarang yang terlihat tepat ketika sisi piring galaksi tegak lurus terlihat dari Bumi.

Galaksi NGC 1055, yang satu ini berbeda.karena terlihat dari bumi tepat berada di sisi samping. Seakan melihat sebuah tepi piring galaksi.

Gambar dari teleskop Very Large Telescope milik badan antariksa Eropa ESO, memperlihatkan galaksi spiral NGC 1055. Letaknya 55 juta tahun cahaya dari Bumi dan berada di konstelasi Cetus. Diperkirakan galaksi tersebut memiliki ukuran 15% lebih besar dari galaksi Bima Sakti.

Dengan melihat dari sisi samping, para ilmuwan dapat belajar dan memperhitungkan panjang lengan galaksi termasuk ketebalan (lebar) dari inti galaksi. Di tepian galaksi terlihat munculnya aktivias pembentukan bintang

Dibawah ini gambar galaksi NGC 1055. Pada gambar terakhir terlihat pembentukan bintang, dimana peneliti dapat melihat bintang yang baru terbentuk. Dan lebih mudah ketika sebuah galaksi terlihat dari sisi samping ketika dilihat dari bumi. Selain pembentukan bintang baru, peneliti dapat melihat langsung ketebalan sebuah galaksi.





Sementara posisi bumi berada ditengah galaksi Bima Sakti. Peneliti tidak dapat melihat sisi samping galaksi kita yang berada di tepian, kecuali melihat bagian lengan dan inti galaksi. Dengan contoh galaksi NGC 1055, dapat dijadikan panduan bahwa di sisi galaksi kita mungkin masih aktif dan terlihat pembentukan bintang seperti di tepi galaksi NGC 1055.

ESO A Galaxy on the Edge

Gravitasi lensa disebabkan cahaya terhalang sebuah black hole, membuat benda seperti galaksi mengalami pembesaran cahaya. Dimana letak gravitasi lensa, gambar dari teleskop Hubble memperlihatkan bidang yang sangat kecil. Bila di perbesar akan terlihat kelompok galaksi Abell S1063, dimana galaksi dibelakangnya muncul. 2 galaksi J2211-3050, satu galaksi muncul 4 gambar dengan berbeda jarak 7 - 20 miliar tahun cahaya

Ketika melihat 2 galaksi bertabrakan dan warna yang terlihat lebih indah. Mungkin kita mengira 2 galaksi yang berdekatan yang saling tarik menarik. Tetapi bukan 2 galaksi tersebut yang saling tarik menarik, satu galaksi terletak lebih jauh dan tidak terkena dampak pertempuran di antara 2 galaksi lain. Ini terjadi antara galalsi NGC 6771 NGC 6770 dan NGC 6769



Ketika teleskop melihat di ruang angkasa dan mendapatkan gambar seperti ini. Apakah ada yang mengirim gambar sebuah wajah sedang tersenyum. Mungkin akan terasa aneh atau senang. Inilah yang didapatkan oleh Teleskop Hubble. Ketika teleskop Hubble mengamati sebuah galaksi SDSS J0952+3434

Secara umum bentuk galaksi dibagi dua, galaksi spiral dengan lengan dan galaksi elips yang terlihat bundar. Galaksi spiral, akan tampak berwarna kebiruan yang menandakan di galaksi tersebut lebih memunculkan cahaya bintang yang baru lahir.Mengapa lengan galaksi spiral lebih runcing.

Pertama ditemukan galaksi spiral tertua di alam semesta. Galaksi A1689B11, benda ini terlihat begitu jauh dengan usia 11 miliar tahun. \Kita lihat kembali berapa usia alam semesta kita ini setelah terjadi Big Bang.

Sebuah galaksi NGC 7674 ini bukan memiliki 1 lubang hitam, tapi 2 lubang hitam atau black hole. Dan bukan lubang hitam kecil, tapi lubang hitam ukuran supermasif seperti yang ada di tengah setiap galaksi.. Galaksi NGC 7674 berada 400 juta tahun cahaya dari Bumi.

Galaksi NGC 1512 terletak 38 juta tahun cahaya dari Bumi. Tapi galaksi ini unik, memiliki cincin dengan warna lebih cerah. Artinya cincin di bagian luar galaksi seperti lingkaran bintang berusia muda yang masih panas. Terlihat menyala dengan warna kebiruan.



Sebuah bintang IPTF16gau meledakdan menjadi sebuah supernova. Tetapi bintang tersebut terlihat sangat jauh, tapi muncul dengan intensitas 50x lebih terang.

Kedua galaksi saling berinteraksi atau tarik menarik. Letaknya di konstelasi Canis Major. Keduanya bertabrakan tepat di tepi sisi galaksi. Karbon monoksida di galaksi IC 2163 terbentuk dari tsunami bintang dan gas akibat kedua galaksi bersinggungan

Di jantung sebuah galaksi NGC 4889 terdapat salah satu lubang hitam terbesar yang pernah ditemukan. Terlihat ditengah galaksi tersebut seperti bola terang. Foto dari Hubble dari sebuah galaksi dengan nomor NGC 4889 ini cukup mengejutkan. Memiliki masa 21 miliar kali matahari, disini hanya 4 juta miliar. Update video

Kelompok galaksi MACS J067 7015 diabadikan oleh teleskop Hubble. Usianya sangat muda, kurang dari 1 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta. Bentuk galaksi kuno ini berukuran kecil dan jumlahnya cukup banyak. Gambar diabadikan Hubble datang terlambat untuk dilihat oleh teleskop sampai 12 miliar tahun cahaya.

Galaksi Markarian 231 atau UGS 8058, ditemukan pada tahun 1969. Galaksi ini menarik karena mengeluarkan radiasi ultraviolet sangat kuat. Galaksi Markarian 231 berada 600 juta tahun cahaya dari Bumi. Apa yang akan terjadi dengan 2 lubang hitam disana.

Galaksi umumnya memiliki bentuk spiral atau elips (lingkaran), tapi galaksi ini agaknya berbeda. Jaraknya 100 juta tahun cahaya, dan di ambil gambarnya kembali oleh Hubble tahun 2000. Galaksi NGC 3081 dengan bentuk elips ini berbeda dengan memiliki bentuk cincin dan di dalamnya ada satu cincin lagi.



No popular articles found.