Nasa akan mengirim Solar Probe Plus pada tahun 2018. Pesawat akan terbang 149 juta km ke matahari. Apakah mungkin pesawat ruang angkasa terbang dekat dengan matahari.

Nasa menyebut ini misi pertama mereka untuk mengirim sebuah pesawat penelitian atau probe untuk meneliti permukaan matahari. Tetapi pesawat tidak terbang sampai ke permukaan matahari. Hanya mencapai jarak 6 juta km dari bintang yang menyala tersebut.

Tujuannya mencari beberapa jawaban yang selama ini belum dapat diketahui.,

Misi Solar Probe Plus untuk mempelajari mengapa permukaan matahari tidak sepanas bagian lain. Atmofer matahari yang disebut Korona memiliki panas 5.500 derajat C. Tapi dibagian atasnya memiliki panas luar biasa, mencapai 2 juta derajat C.

Ini yang diteliti oleh tim Nasa, mengapa panas matahari di bagian paling luar menjadi sangat panas. Tapi ada bagian dibawahnya yang jauh lebih dingin.

Penelitian lain untuk mempelajari mengapa matahari mengirim angin matahari dengan kecepatan 1,5 juta km perjam. Walau radiasi tersebut dikirim awalnya lambat, tetapi menjadi pergerakannya menjadi sangat cepat. Seperti komet yang melintas di dekat orbit matahari, maka bagian belakang atau buntut komet akan terdorong menjauhi matahari. Angin matahari atu solar wind ini akan diteliti lebih lanjut.

Misi lain untuk memastikan mengapa matahari memancarkan partikel energi tinggi yang disebut Solar Enertic Particles. Bagian ini mencapai ruang angkasa bumi, dan membahayakan para astronot seperti di stasiun ruang angkasa ISS.

Untuk menahan panas matahari, pesawat Solar Probe Plus akan dilengkapi perisai dengan baharn karbon komposit setebal 11,4cm. Dirancang menahan panas matahari dari luar sampai suhu 1.370 det.C.
Instrumen di pesawat ruang angkasa dimasukan ke dalam tabung dan panas dapat dipancarkan keluar sehingga instrumen masih dapat bekerja. Selain perisai, dan penahan panas. Instrumen yang perlu di lindungi dari radiasi matahari adalah sirkuit, khususnya bagian memory.

Bila Solar Probe Plus diluncurkan, menjadi pesawat tanpa awak yang meneliti paling dekat ke matahari.

Pesawat ruang angkasa Solar Probe Plus terbang dekat matahari

Rekor sebelumnya dipegang probe Helios 1 pada tahun 1974 yang terbang ke arah matahari pada jarak 47 juta km. Helios 2 tahun 1976 terbang sampai 3 juta km.
Pesawat ruang angkasa lain yang mampu menahan panas adalah Messenger tahun 2004. Tapi terbang ke planet Merkurius yang jarak ke matahari lebih jauh 58 juta km.