Merancang sebuah kantor yang cocok dengan ruang terbuka atau tertutup


Kategori : Green | Date : 13 January 2017
Ruang yang menarik dibuat terbuka atau tertutup
Menurut para spesialis rancangan ruang kantor, membuat ruang kantor yang baik adalah melihat budaya usaha perusahaan.

Bagaimana membuat ruang kantor agar sesuai dengan usaha saat ini. Dengan membuat ruang kantor terbuka atau tertutup.

Jika diperlukan kerjasama antara karyawan, sebaiknya mengunakan disain ruang terbuka tanpa partisi dan kamar kantor.

Disain dapat dibuat seperti ruang kafe, hanya partisi pendek tetapi lebih rendah ketika seseorang berdiri. Jika karyawan memerlukan konsentrasi selama kerja atau yang lain lebih banyak melakukan pembicaraan, bisa ditempatkan satu ruangan khusus agar tidak menganggu karyawan lain.

Bagaimana dengan suhu ruang, tidak semua orang suka dengan udara terlalu dingin atau terlalu panas. Sediakan peralatan pendingin yang cukup untuk memenuhi kedua keinginan. Sebaiknya mengunakan pencahayaan dari jendela secara alami, kecuali mereka yang bekerja dengan alat komunikasi seperti telepon atau pertemuan.



Kantor modern tidak lagi mengunakan jaringan nirkabel, biasanya sudah terhubung ke WIFI. Beberapa karyawan bisa mengerjakan pekerjaan dirumah, hal tersebut bisa di fasilitasi oleh peralatan network.

Kantor terbuka atau tertutup
4 tahun lalu Chris Nagele melakukan hal yang sama seperti karyawan eksekutif kantor - BBC. Dia pindah ke tim dimana kantor dibuat dengan konsep terbuka.
Secara resmi karyawan diijinkan bekerja di rumah, tapi ada yang ingin bekerja bersama-sama agar kerjasama lebih mudah. Tapi konsep yang dipilih Chris tidak tepat, semua orang terganggung, produktivitas menurun, dan 9 stafnya merasa tidak nyaman termasuk Chris. Panggilan telepon atau suara yang menganggu secara konstan, adalah salah satu masalah di ruang kerja terbuka.

Sejumlah perusahaan membuat ruang kerja terbuka, setidaknya 70% kantor di Amerika mengikuti gaya ini. Tapi beberapa kantor kembali mengunakan ruang tertutup dimana satu karyawan memiliki ruang sendiri.



Dari penelitian, 15% kantor ruang terbuka menurunkan produktivitas sampai 15%. Karyawan memiliki masalah konsentrasi sampai 2x lebih besar. Sebagian orang sudah terbiasa bekerja di ruang tertutup.
Ruang terbuka berdampak negatif bagi memori kita. Dan kita lebih mudah menyimpan memori di satu ruangan kata Sally Augustin seorang psikolog lingungan dan disain La Grange Park.

Tujuan membuat ruang kantor terbuka awalnya untuk memudahkan komunikasi antar pekerja. Tapi tujuan tersebut belum di dokumentasikan lebih lanjut.
Mereka berbicara satu sama lain, tapi belum tentu membicarakan tentang pekerjaan mereka. Coba pikirkan lebih lanjut, bila anda ingin bertuka pikiran maka lebih baik mengambil satu ruang tertutup dikantor.
Beberapa pekerjaan yang memerlukan ruang tertutup seperti penulis, iklan, perencanaan keuangan dan programan computer.

Terakhir adalah disain kantor dengan peralatan kantor yang baik. Disain ergonmis sehingga karyawan lebih nyaman untuk bekerja. Dan disain ruang kantor itu sendiri, bisa memberikan warna cat yang sesuai dari usaha yang dijalankan.

Berita terkait
Menurut data dari Microsoft ada 85% pekerja kurang nyaman dengan meja kerjanya. Dampaknya 39% leher sakit, 33% kelelahan pada bahu, 28% sakit di pergelangan tangan, gangguan punggung 25% dan 19% pada telapak tangan.

Ini disain mug pintar. Suka minum teh atau kopi, kadang ada tetesan kopi dan teh yang turun dari pinggir cangkir. Kalau sudah jatuh sisi bawah cangkir atau mug, akan mengotori meja.



Rancangan gedung yang ramah lingkungan serta gedung yang direnovasi, dipilih oleh American Institute of Architects. Tidak mengunakan teknologi tinggi seperti gedung hijau umumnya, lebih memanfaatkan dan memberdayakan gedung lama, membuat jendela lebih besar dan power solar cell.

Freedom Room adalah ruangan kamar dan tempat belajar dengan ukuran 2x2,7 meter. Di dalamnya sudah tersedia dapur, ruang tidur, WC, tempat mandi, tempat barang, bahkan untuk olahraga.

Yu Yiqun 40 tahun seorang direktur kreatif perusahaan iklan di China, memiliki sepeda buatan tangan Alex Moulton seharga $16.000. Mungkin dia satu satunya yang memiliki sepeda itu di kota Beijing. Tetapi Yu Yiqun masih memiliki 35 sepeda high end lainnya. Beberapa sepeda unik yang dimiliki seperti Trek

Freelancer atau pekerja lepas umumnya tidak mau bekerja secara resmi di kantor. Bisa bebas bekerja dimana saja, tidak terganggu suara rekan kerja, kolega dan bos. Menjadi Freelancer membuat seseorang dapat bekerja lebih baik, dan membuat lingkungan yang dibuat sendiri.

Kota Beijing kemarin sempat diributkan dengan polusi tinggi. Kota beselimut kabut asap dan polusi sampai 10x lipat dari standar yang ditentukan. Tetapi bukan Beijing menjadi kota paling berpolusi.



Mendaur ulang botol plastik menjadi vas bunga. Cukup mengandalkan gunting dan menekuk bagian plastik. Tahapnya dengan memotong bagian atas botol plastik, mengunting bagian atas botol menjadi lempengan kecil.

Siapkan fasilitas untuk mereka yang tidak memiliki kantor, sediakan semua layanan dengan tarif murah. Di Jakarta Indonesia sudah ada yang membuka penyewaan ruang kantor, meja kerja atau ruang rapat sewa seperti ini. Disebut @CommaID, bisa harian dan bulanan.

Bentuknya futuristik, tetapi ini bukan club malam atau tempat bioskop. Melainkan kantor IBM yang ada di Italia.

Arsitek Daiken Met  mendisain kantor untuk sementara dan bisa dipindah dari kontainer bekas menjadi sebuah kantor.

Kedai kopi Starbucks di Washington dibangun dengan kontainer bekas. Kedai ini sebagai ide yang menampilkan kepedulian perusahaan Starbucks untuk bangunan ramah lingkungan

Inilah tampilan kantor Skype di London Inggris. Tidak berbeda dengan kantor Google dan Facebook, memberi kenyamanan bagi karyawan yang bekerja. Disain kantor Skype lebih terlihat dinamis, dengan warna warni dibeberapa ruang kantor.

Disebut Kyocera Grows Green Curtain, sebuah rancangan tembok dengan tumbuhan.
Memanfaatkan tumbuhan yang tumbuh disamping tembok gedung , kantor , pabrik atau rumah dapat menahan panas matahari



Tidak berbeda dengan perusahaan internet dunia, mirip dunia fantasi. Ada kolam renang, meja dengan computer dan noteboook saja tanpa lembaran kertas bertumpuk, bisa karaoke-an, mau minum tinggal datang ke frezzer




No popular articles found.