Menurut para spesialis rancangan ruang kantor, membuat ruang kantor yang baik adalah melihat budaya usaha perusahaan.

Bagaimana membuat ruang kantor agar sesuai dengan usaha saat ini. Dengan membuat ruang kantor terbuka atau tertutup.

Jika diperlukan kerjasama antara karyawan, sebaiknya mengunakan disain ruang terbuka tanpa partisi dan kamar kantor.

Disain dapat dibuat seperti ruang kafe, hanya partisi pendek tetapi lebih rendah ketika seseorang berdiri. Jika karyawan memerlukan konsentrasi selama kerja atau yang lain lebih banyak melakukan pembicaraan, bisa ditempatkan satu ruangan khusus agar tidak menganggu karyawan lain.

Bagaimana dengan suhu ruang, tidak semua orang suka dengan udara terlalu dingin atau terlalu panas. Sediakan peralatan pendingin yang cukup untuk memenuhi kedua keinginan. Sebaiknya mengunakan pencahayaan dari jendela secara alami, kecuali mereka yang bekerja dengan alat komunikasi seperti telepon atau pertemuan.



Kantor modern tidak lagi mengunakan jaringan nirkabel, biasanya sudah terhubung ke WIFI. Beberapa karyawan bisa mengerjakan pekerjaan dirumah, hal tersebut bisa di fasilitasi oleh peralatan network.

Kantor terbuka atau tertutup
4 tahun lalu Chris Nagele melakukan hal yang sama seperti karyawan eksekutif kantor - BBC. Dia pindah ke tim dimana kantor dibuat dengan konsep terbuka.
Secara resmi karyawan diijinkan bekerja di rumah, tapi ada yang ingin bekerja bersama-sama agar kerjasama lebih mudah. Tapi konsep yang dipilih Chris tidak tepat, semua orang terganggung, produktivitas menurun, dan 9 stafnya merasa tidak nyaman termasuk Chris. Panggilan telepon atau suara yang menganggu secara konstan, adalah salah satu masalah di ruang kerja terbuka.

Sejumlah perusahaan membuat ruang kerja terbuka, setidaknya 70% kantor di Amerika mengikuti gaya ini. Tapi beberapa kantor kembali mengunakan ruang tertutup dimana satu karyawan memiliki ruang sendiri.

Dari penelitian, 15% kantor ruang terbuka menurunkan produktivitas sampai 15%. Karyawan memiliki masalah konsentrasi sampai 2x lebih besar. Sebagian orang sudah terbiasa bekerja di ruang tertutup.
Ruang terbuka berdampak negatif bagi memori kita. Dan kita lebih mudah menyimpan memori di satu ruangan kata Sally Augustin seorang psikolog lingungan dan disain La Grange Park.

Tujuan membuat ruang kantor terbuka awalnya untuk memudahkan komunikasi antar pekerja. Tapi tujuan tersebut belum di dokumentasikan lebih lanjut.
Mereka berbicara satu sama lain, tapi belum tentu membicarakan tentang pekerjaan mereka. Coba pikirkan lebih lanjut, bila anda ingin bertuka pikiran maka lebih baik mengambil satu ruang tertutup dikantor.
Beberapa pekerjaan yang memerlukan ruang tertutup seperti penulis, iklan, perencanaan keuangan dan programan computer.

Terakhir adalah disain kantor dengan peralatan kantor yang baik. Disain ergonmis sehingga karyawan lebih nyaman untuk bekerja. Dan disain ruang kantor itu sendiri, bisa memberikan warna cat yang sesuai dari usaha yang dijalankan.