Bagi penguna computer, bila tertarik membeli perangkat tambahan, dapat melihat saran ini.

Persediaan DRAM, SSD, baterai dan LCD terkait dengan naiknya harga computer dan notebook. Gionfranco dari Lenovo, kenaikan harga computer tidak bisa dihindari.

Biaya pembelian komponen naik, memicu harga computer naik. Kekurangan komponen DRAM tidak berhenti sejak awal tahun ini dan mulai naik sejak kuartal 4 tahun 2016.

Analisis Gartner Mikako Kitagawa mengatakan industri computer sudah kekuarangan pemasok. Membuat produsen computer menaikan harga dan memangkas keuntungan di pasar computer yang turun.

Kebiasaan pembeli juga berubah, di kalangan gamer dan milenium mau menghabiskan dana untuk computer mereka. Seperti produk 2in1 PC, notebook sampai desktop dibuat oleh produsen karena masih memberikan laba lebih baik.

Computer dan notebook murah tetap ada. Walau pasar ini tidak menarik lagi bagi produsen. Beberapa produsen membatasi hardware agar harga lebih terjangkau, sehingga pembeli harus membeli perangkat tambahan.

Computer built-up Dell XPS 13 hanya $799 dengan internal storage SSD 128GB, 4GB RAM dan procesor Core i3 Kaby Lake. Tapi untuk mengupgrade tipe ini tidak semudah computer high end.
Menambah SSD 256GB tidak dapat dipasang di computer murah tersebut. Memilih hardware lebih tinggi dengan 256GB storage, dengan Core i5 dan 8GB RAM harganya naik $1100.
Bila pindah ke Core i7 dengan 512GB dan resolusi monitor 3200x1800, ceritanya menjadi lain dan harganya naik 200% $1750.

Intel juga menjual chipset untuk computer lebih mahal, naik 7% pada tahun 2016

Harga SSD mengalami tren kenaikan pada kuartal pertama tahun ini. Karena banyak penguna computer mulai beralih ke SSD, sedangkan pasokan chip NAND Flash kurang.

Harga RAM atau SDRAM juga naik. Memory yang dahulunya sudah sangat murah, perlahan terus naik. Kuartal 4 tahun 2016 saja mengalami kenaikan 30%. Dan kuartal pertama tahun 2017 ini akan naik 10%, atau menjadi 40% dibanding kuartal 4 tahun lalu.

Kenaikan harga computer sudah diumumkan oleh produsen, agar pencinta komputer yang membutuhkan harware tambahan untuk membeli perangkatnya sebelum harga meningkat. Mungkin ini peringatan kedua pada bulan Februari 2017. Seperti harga DRAM diperkirakan akan terus naik sampai kuartal 2 tahun ini.

Kejadian lain di tahun 2011 ketika harga harddsisk melonjak, akibat komplek industri di pabrik harddisk WD dan Seagate di Thailand terkena banjir. Harga harddisk naik selama satu tahun, dan baru kembali ke harga normal di tahun 2013.