Pernah memikirkan bagaimana membalik switch toron atau switch untuk tangki air.

Alat untuk menjalankan pompa untuk mengisi air disebut Liquid Level Control Switch

Secara umum mengunakan switch untuk mengaktifkan mesin pompa ketika tangki kosong. Air yang sampai batas bawah akan menurunkan pelampung sampai batas tertentu, dan mengkaktifkan switch untuk menjalankan mesin pompa. Sampai batas tertentu, air akan terisi dan mengangkat pelampung keatas. Sampai batas tertinggi kedua bagian pelampung akan mengambang dan melepas tarikan, sampai switch terangkat dan mematikan mesin pompa.

Teknik diatas umum untuk pengisian tangki air. Bagaimana membalik fungsi level control switch. Ketika air penuh, mesin pompa bekerja mengeluarkan air. Siapa tahu tip ini diperlukan di kemudian hari.

Di luar negeri digunakan untuk mesin pompa banjir atau di rumah mereka dengan basement dijaga dengan sebuah bak penampungan. Bila air sudah penuh tertampung maka akan dipompa dan dibuang keluar.

Tapi teknik tersebut dapat digunakan untuk aplikasi lain. Misalnya memiliki kolam ikan dirumah yang cukup besar, dan sirkulasi air di kolam mengunakan bak penampungan air.
Sirkulasi air di kolam dialirkan dari bak utama, ke bak kedua untuk dibersihkan ke filter penyaringan. Atau mencegah air terlalu penuh di bak penampungan karena bak utama terisi oleh air hujan cukup banyak.

Intinya sebuah alat level control switch ada yang dibuat dengan kebalikan. Satu fungsi untuk normal open, dan satu fungsi lain untuk normal close

Seperti switch merek Kido mdeol KL-121 ini tertulis keterangan AB. Tapi tidak diberikan keterangan dengan fungsi AB tersebut di manual dan gambar

Bentuk Switch untuk tangki air

Melihat lebih dekat switch tanki air untuk mengaktifkan mesin pompa air seperti dibawah ini.

Tombol A1 A2 untuk normal open, ketika switch tidak ditekan maka tidak ada kontak (tidak menjalankan mesin pompa)
Tombol B1 B2 untuk normal close, ketika switch tidak tertekan maka kontak switch aktif (mesin pompa akan bekerja)

Konektor dan fungsi AB di switch toron

Perbedaan memasang Liquid Level Control Switch seperti dibawah ini.

Fungsi kebalikan antara konektor A1 A2 dan B1 B2

Contoh aplikasinya dapat di lihat seperti gambar dibawah ini.
Level control switch pada gambar akan mengaktifkan pompa ketika air naik (penuh) di bak penampunang. Dan air di pompa ke bagian atas kolam utama kembali.
Sehingga mesin pompa tidak perlu diaktifkan secara terus menerus, atau membeli mesin pompa rendam yang mahal.
Cukup membuat bak kontrol, tanki untuk menampung air. Agar mesin pompa tidak terus menerus aktif memutar air dan memboroskan listrik.

Aplikasi foto kebalikan Level Control Switch B1 B2


Tidak perlu mencari alat lain bila memerlukan switch untuk mengeluarkan air ketika tanki air atau bak air penuh untuk dikeluarkan dengan mesin pompa. Karena di level control switch sudah memiliki 2 fungsi termasuk switch kebalikannya. Selama alat level switch dapat dipasang dengan tipe AB, cara kerjanya sama. Hanya prinsip kerjanya yang dibalik

Untuk lebih jelas dapat dilihat cara kerja kedua konektor A dan B pada video