Green | 5 November 2018

Pendingin ruangan tanpa listrik


Pendingin ruangan di Amerika menghabiskan 6% energi listrik untuk pendingin ruang kantor atau rumah.

Beberapa negara tropis dan pertumbuhan tinggi seperti Brasil, China, dan India, pengunaan pendingin ruangan meningkat.

Bukan biaya listrik lebih mahal. Energi listrik dihasilkan dari pembangkit yang mengunakan bahan bakar dapat menimbulkan polusi dan efek rumah kaca karena bahan hydroflouracarbons.

Salah satu penyebab kebutuhan ruang pendingin, cahaya matahari yang masuk dan menembus jendela kaca. Ruangan menjadi panas akibat cahaya matahari.

2018 November MIT
MIT mengembangkan jendela kaca dari bahan yang menangkis panas 70%.
Teknologi nanopartikel yang di tanam di lembaran film pada kaca jendela, dan masih memberikan panas 32 deajat C.

Ketika intensitas cahaya matahari, kaca akan berubah lebih buram. Dan menangkis cahaya yang masuk ke dalam ruangan.
Dibuat oleh peneliti MIT Nicholas Fang dan bekerja sama dengan universitas Hong Kong. Mereka mencari cara untuk mengurangi konsumsi energi di bangunan, terutama pada musim panas.

Setiap meter persegi dari jendela ruang gedung kantor atau rumah. Memerlukan pendinginan sampai 500W energi dalam bentuk panas yang dibawa cahaya matahari berasal dari jendela gedung.

Peneliti mengunakan material poli (N-isopropilakrilamida) -2-Aminoethylmethacrylate mikropartikel hidroklorida, dan memodifikasi agar lebih efektif menolak panas.

Cara kerja ketika suhu pada kaca film mencapai suhu 29,4 deg.C atau lebih maka kaca mulai menjdi buram.


Sekitar 70% panas dalam percobaan sebuah lampu, energi panas dapat dihalau dengan kaca tersebut.
Percobaan lain dengan ruang kalorimetri kecil dengan lapisan kaca film. Suhu ruangan dapat lebih sejuk.
Dari suhu 38 deg.C, suhu di dalam ruang turun ke 33,8 deg.C

Keunggulan menemuan MIT, jendela akan tetap tembus pandang bila udara di sekitar jendela dalam suhu sejuk.

Seperti dibawah ini, pada percobaan tangan peneliti yang ditempelkan pada lembaran kaca tembus pandang.

Panas tubuh diatas 32 Deg.C membuat reaksi pada lembaran kaca menjadi buram. Dan membentuk gambar tangan sesuai panas yang terkena suhu panas..



Pendingin 
ruangan tanpa listrik dengan lembaran film merubah kaca menangkis cahaya matahari

2017 Februari Stanford
Dr Ronggui Yang dan Dr Xiaobo Yin dari universita Colorado memiliki alternatif semuanya. Pendingin ruangan tanpa listrik, dan tidak menimbulkan polusi.

Harganya murah, sekitar 50 sen per meter persegi atau sekitar 8000 rupiah saja.

Rancangan kedua penemu tersebut adalah lembaran seperti film. Memantulkan gelombang panjang matahari seperti cahaya inframerah yang membawa panas.

Kedua penemu bukan penemu pertama. Rancangan awal pernah ditampilkan oleh Shanfui Fan dan koleganya di universitas Stanford California. Mengunakan 7 lapis Hanfnium dioxide dan silicon dioxide dari bebagai ketebalan. Dan diletakan sebuah wafer silikon. Tapi rancangan ini akan mahal bila di produksi.

Pendingin ruangan tanpa listrik polymethypentede

Dr Yang dan Yin berbeda, mengunakan material polymethypentede sebuah plastik yang dijual dipasaran dengan merek TPX. Lalu ditambahkan manik manik kaca kecil.

Lalu lembaran ditarik sampai menjadi ukuran mikron dan ditempatkan lembaran perak dibagian bawah. Cahaya matahari atau panas gelombang inframerah dapat dipantulkan kembali, sehingga bagian bawah lembaran tidak menjadi panas.

Efek dengan pemasangan pendingin ini, sebuah gedung atau rumah dapat memiliki suhu 20 derajat C walau suhu diluar mencapai 37 derajat.C.

Kebalikannya bagaimana bila suhu dingin. Katanya tinggal dipasang pipa pemanas yang membawa panas ke seluruh gedung. Dengan mengatur arus di pipa dengan suhu di luar, membuat suhu gedung lebih stabil. Memang memerlukan pompa untuk membawa air tapi pemakaian power mesin pompa jauh lebih kecil.

Penemuan keduanya diumumkan media Week Science


Artikel Lain

Publikasi penelitian para ahli ternyata tidak gratis. Mereka membayar ribuan dollar untuk memposting hasil karya mereka. Oligopoli publikasi ilmu pengetahuan ternyata sudah bertahun tahun. Media seperti vampire yang mengambil uang dari hasil kerja ilmuwan

Apa yang pilih agar rumah lebih sejuk. Gunakan atap dengan warna putih. Lebih efisien memantulkan panas dari cahaya matahari, bahan cat penolak panas matahari mulai dikembangkan. Tapi tidak salah bila mengunakan warna hijau atau mengunakan tanaman di atap rumah



Power Station EcoFlow Delta Pro Ultra dapat dipasang sampai 5 tumpuk baterai. Baterai dapat di isi dari listrik AC dan panel surya. Dengan Smart Home Panel 2 ketika listrik padam, sistem panel akan memindahkan arus dari baterai.

Bagaimana memanfaatkan botol bekas, apakah bisa dijadikan pendingin ruangan tanpa AC. Disain dinding keramik, dapat membantu mendinginkan udara di sekitar. Dibuat beberapa disain dengan bahan tersebut dengan bantuan air

Perangkat paling boros listrik adalah AC dan dampak psikologi udara panas. Rubah 1 derajat lebih hemat 10%. Di pasaran AC murah mengkonsumsi 50% energi listrik. Indonesia masuk daftar, sekitar 9% rumah memiliki AC. Dunia membutuhkan inovasi. Perawatan sederhana AC rumah akan berdampak ke seluruh biaya yang tidak perlu.

Supercomputer Frontier nomor 1 dengan 600 ribu core. Jepang Fugaku masuk rangking 2 bulan Juni 2020 kecepatan 415 PFlops. Amerika akan memiliki supercomputer 2 supercomputer paling cepat tahun 2021.Disusul China memiliki supercomputer terbanyak di dunia dan 2 mencapai kecepatan ExaFlops.  Juni 2018, posisi nomor 1 super computer adalah Summit.

Profesor Raman telah menemukan cara menolak panas matahari dan mengembalikan gelombang inframerah tertentu. Memantulkan kembali ke ruang angkasa tanpa berdampak dengan udara disekitar. Peneliti banyak memfokus untuk meredam panas atau mengurangi panas dari cahaya matahari dengan efek rumah kaca.



Gradient mengatakan, banyak kinerja AC yang efisien tapi membutuhkan instalasi profesional dan tentu saja biayanya lebih mahal. Sebagian lainnya lebih memilih produk murah, walau kinerjanya tidak efisien atau lebih boros listrik. Solusi membuat perangkat yang efisien, mudah dipasang dan cukup diletakan di jendela

Tsugite software merancang sambungan kayu, membuat meja dan kursi tanpa paku. Dirancang universitas Tokyo, mengikuti teknologi tradisional tukang kayu Jepang. Sekarang kita dapat merancang sendiri dengan software. Bila perlu membuat sambungan yang lebih rumit dengan bantuan mesin CNC

Panci untuk memasak elektronik. Disebut Pressure Pot elektrik, seperti rice cooker tapi ini lebih canggih. Dimanfaatkan seperti panci elektrik untuk memasak semuanya.

Pengembangan mesin AC telah berusia 100 tahun. Mengambil tenaga dalam proses pendinginan. Tapi teknologi baru dari peneliti Singapura NUS membuat mesin pendingin berbasis bahan air. Lebih hemat 40% konsumsi listrik di daerah tropis

Fayez al-Hindi seorang warga Palestina menciptakan alat penyulingan air bertenaga surya, dan menghasilkan air sehat yang dapat di minum. Fayez bisa membantu warga disekitar agar mereka bisa membuat air minum sendiri dengan bantuan cahaya matahari.

Kota Texas malah kelebihan listrik, karena disana memiliki instalasi listrik tenaga angin. Dibanding kota lain, Texas memiliki pembangkit listrik tenaga angin lebih banyak. Apa yang dilakukan dengan surplus listrik disana. Perusahaan listrik memberikan listrik Gratis.

Avalanche Energy membuat pemanas air ThermalSquare dengan tenaga surya dengan disain disk TV satelit. Ukuran lebih kecil, panas cahaya matahari dipantulkan ke arah cermin pertama dan dipantulkan kembali ke sebuah cermin. Cahaya yang sudah memfokus baru diarahkan dari cermin kedua



Ketika manusia sedang tidur, mesin diluar tetap bekerja. Printer, telepon meja, ATM, mesin otomatis dan lampu di jalan tetap menyala. Sejak kecil sang ibu selalu mengingatkan, matikan lampu sebelum tidur. Tetapi ditempat bekerja tidak seperti itu.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.