Nebula Rotten Egg diabadikan teleskop Hubble. Awan kuning yang terlihat pada gambar adalah semburan materi dari sebuah bintang.

Nebula dengan nama lain OH 231.84+4.22 atau Calabash Nebula berada 5000 tahun cahaya dari Bumi.

Berada di konstelasi Puppis dan menjadi angota di bintang Messier 46.

Ledakan bintang menciptakan semburan sulfur yang sangat banyak dari sisa bintang yang mati ini. Kecepatannya mencapai 1 juta km perjam.

Kecepatan aliran gas dari bintang secara tiba tiba terus mempercepat dalam 800 tahun lalu. Astronom memperkirakan pada 1000 tahun nanti, bentuk kembang dari gas di sisa bintang akan membentuk secara utuh menjadi nebula planetary.

Teleskop Hubble melakukan observasi ulang pada 30 Januari 2017.

Nebula NGC 2438 atau Calabash akhir dari bintang mati

Mengapa disebut Planetary Nebula
Planetary Nebula adalah bintang yang meledak, melemparkan gas dan sisa materi bintang. Tapi proses tersebut belum berakhir. (gambar kiri atas)
Nantinya akan membentuk nebula secara utuh dan gas tidak akan bergerak seperti proses pertama (gambar kanan atas)

Proses bintang meledak Planetary Nebula

Bentuk Planetary Nebula dapat dikenal dengan gambar diatas. Umumnya terbentuk oleh ledakan bintang raksasa merah / Red Giant. Tapi tidak terlalu besar dibanding bintang kelas Red Super Giant.
Bintang raksasa Red Giant akan meledak dan membentuk seperti gambar diatas menjadi Planetary Nebula. Nantinya bintang akan berakhir menjadi Nebula, lalu di tengah gas raksasa tersebut akan muncul sebuah bintang yang disebut White Dwarf atau bintang kerdil berwarna putih.

Bila bintang raksasa di kelas Super Red Giant, ledakan akan membentuk cahaya dengan proses Supernova. Karena begitu besarnya dari ukuran bintang pada tahap kematian. Bintang tipe ini nantinya akan membentuk bintang baru yang disebut Bintang Neutron atau bahkan Black Hole.