Nebula NGC 2438 atau Calabash akhir dari bintang mati


Science | 4 February 2017

Ketika bintang meledak bentuknya akan seperti ini

Nebula Rotten Egg diabadikan teleskop Hubble. Awan kuning yang terlihat pada gambar adalah semburan materi dari sebuah bintang.

Nebula dengan nama lain OH 231.84+4.22 atau Calabash Nebula berada 5000 tahun cahaya dari Bumi.

Berada di konstelasi Puppis dan menjadi angota di bintang Messier 46.

Ledakan bintang menciptakan semburan sulfur yang sangat banyak dari sisa bintang yang mati ini. Kecepatannya mencapai 1 juta km perjam.

Kecepatan aliran gas dari bintang secara tiba tiba terus mempercepat dalam 800 tahun lalu. Astronom memperkirakan pada 1000 tahun nanti, bentuk kembang dari gas di sisa bintang akan membentuk secara utuh menjadi nebula planetary.

Teleskop Hubble melakukan observasi ulang pada 30 Januari 2017.

Nebula NGC 2438 atau Calabash akhir dari bintang mati

Mengapa disebut Planetary Nebula
Planetary Nebula adalah bintang yang meledak, melemparkan gas dan sisa materi bintang. Tapi proses tersebut belum berakhir. (gambar kiri atas)
Nantinya akan membentuk nebula secara utuh dan gas tidak akan bergerak seperti proses pertama (gambar kanan atas)

Proses bintang meledak Planetary Nebula



Bentuk Planetary Nebula dapat dikenal dengan gambar diatas. Umumnya terbentuk oleh ledakan bintang raksasa merah / Red Giant. Tapi tidak terlalu besar dibanding bintang kelas Red Super Giant.
Bintang raksasa Red Giant akan meledak dan membentuk seperti gambar diatas menjadi Planetary Nebula. Nantinya bintang akan berakhir menjadi Nebula, lalu di tengah gas raksasa tersebut akan muncul sebuah bintang yang disebut White Dwarf atau bintang kerdil berwarna putih.

Bila bintang raksasa di kelas Super Red Giant, ledakan akan membentuk cahaya dengan proses Supernova. Karena begitu besarnya dari ukuran bintang pada tahap kematian. Bintang tipe ini nantinya akan membentuk bintang baru yang disebut Bintang Neutron atau bahkan Black Hole.

Berita terkait
Nama Nebula Lagoon selain M8 atau Messier 8 disebut dengan NGC6523, membentang sampai 110 x 50 tahun cahaya. Disana terdapat bintang tipe O yang panas. Dan memancarkan cahaya ultraviolet, dari cahaya bintang memanaskan serta ionisasi kumpulan debu dan gas. Foto terbaru dari teleskop Speculoos

Nebula ESO 577-24 sebuah sisa debu dan gas diruang angkasa. Dahulu benda ini sebuah bintang raksasa merah yang disebut Super Red Giant Star. Tapi nasibnya sekarang sudah selesai, dari bintang raksasa menjadi sebuah bintang kerdil berwarna putih. Diabadikan pusat observasi VLT milik ESO, 10 ribu tahun akan hilang.



Rosette nebula adalah wilayah cluster bintang. 2 bintang raksasa ada disana, dan bintang raksasa lain akan menganggu lahirnya proto planet karena tersapu oleh angin bintang yang kuat. Wilayah nebula ini menjadi salah satu pembibitan bintang yang sangat padat

Crab nebula, nebula Crab atau nebula kepiting adalah debu dan gas dari bintang yang telah mati. Seperti lukisan di ruang angkasa, nebula Crab dikenal dengan beberapa nama lain seperti M1, dan NGC 1952. Foto terbaru  Mei 2017 dari 5 teleskop membentuk satu gambar Nebula Kepiting.

Kedua bintang ini agak berbeda walau disebut bintang pulsar. Bintang Geminga PWN hanya mengeluarkan emisi sinar gamma. Sedangkan bintang B0355+54 sama sekali tidak mengeluarkan sinar gamma tapi memiliki gelombang radio paling kuat.

Galaksi antennae atau 2 galaksi NGC 4038 NGC 4039 adalah sepasang galaksi yang terletak di konstelasi Corvus. Rata rata terjadinya Starburst dipicu oleh pengabungan 2 galaksi atau lebih. Akibat dua galaksi yang sedang bertabrakan, akan terbentuk kelompok bintang muda disana atau dikenal dengan globular cluster.

Bintang HIP68468 memiliki usia 6 miliar tahun, dan jaraknya 300 tahun cahaya dari Bumi. Praktis bintang ini seperti kembaran matahari. Tapi bintang ini telah memakan planet yang ada di dekatnya, setidaknya 1 atau bahkan 2 planet yang mengorbit sangat dekat ke bintang.



Planet Bumi ternyata punya 2 bulan dan baru terlihat pada April 27 2016,. Setelah di teliti satu benda berputar mengitari Bumi. Disebut 2016 H03, mungkin terdengar aneh tapi benda ini mengitari Bumi setiap hari tapi tidak terlihat karena ukurannya relatif kecil.




No popular articles found.