Bila anda menyukai permainan di computer. Dan setiap tahun game favorit anda dirilis, dan anda mengikuti perkembangan game favorit anda.

Sebelum membeli atau mendownload, anda akan bertanya dalam hati. Berapa DVD lagi nih, berapa lama harus di download, berapa kapasitas harddisk kosong, jangan jangan sudah dual layer DVD semua.
Kata singkatnya, sebuah game membutuhkan kapasitas storage dan disc semakin banyak

Jangan berbicara game di era 25 tahun lalu. Masih mengunakan CD , di era 2016 sebuah game memerlukan tempat 50GB di harddisk computer.

Penjualan game sekarang tidak lagi mengunakan disc fisik. Bisa di download online, tinggal registrasi, bayar dan game sudah dapat di install setelah selesai di download
Pemasaran permainan PC sudah sama besar antara jumlah disc fisik dan versi download. Termasuk versi petani, bisa di download.

Di tahun 2014 game masih sekitar 30GB, Tapi Titanfall pertama yang dirilis 2014, mulai membuat melotot para pecinta game dengan disc install 50GB
Di tahun 2016, sebuah permainan PC rata rata membutuhkan 50GB. Game ternama Call of Duty: Infinite Warfare dan Modern Warfare Remastered membuat kita berpikir 2 kali untuk memainkan. Hardware yang dibutuhkan mungkin masih mencukupi dengan computer 2 tahun lalu. Tapi menginstall game ini bikin sakit gigi, lama.

Berapa storage atau DVD game terbaru di tahun 2016 tembus 50GB

Setelah di install coba lihat berapa space yang dibutuhkan, 75GB untuk satu permainan computer. Sedangkan paket game sendiri mencapai 10DVD. Bahkan dengan Blu-ray Disc saja membutuhkan 2 disc untuk satu game terbaru di era 2016 lalu. Apakah game ini sudah paling besar, atau hanya di PC saja

Sama saja, Gear of War 4 membutuhkan 73GB. Forza Horizon 3 membutuhkan kapasitas 50GB. Doom 65GB dan Hitman 64GB.



Game Xbox butuh space 50-70GB

Harga harddisk memang murah, SSD storage juga sudah murah. Tetapi mengapa permainan membutuhkan space harddisk sangat besar.

Game teknologi modern sudah mengunakan tekstur resolusi tinggi, dan audio yang terkompresi.

Membeli game online di kota besar Amerika, mungkin tidak masalah mendownload disc install 50GB ke harddisk. Karena koneksi internet broadband sudah tersedia. Tapi di beberapa kota, kecepatan internet tidak sebaik di kota besar dan mereka harus mendownload seharian mungkin beberapa hari baru selesai. Bahkan provider disana mengunaka sistem kuota (beruntung tidak di Indonesia). Itu baru isi game, bila keluar patch atau update, file yang perlu diambil juga tidak kalah besar.

Masalahnya disini
Game membuat beberapa kompresi audio, tapi termasuk suara dari berbagai bahasa. Tekstur grafik game juga menyediakan resolusi tinggi, misalnya 4K. Disini masalah teknologi dan permainan PC. Bila kita memiliki hardware kelas menengah, dan layar monitor Full HD 1080p. Tapi kita harus mendownload semuanya, termasuk tekstur 4K. Pengembang game memasukan semua ke dalam paket file permainan mereka.

Mengapa pengembang game tidak memisahkan dengan menditeksi pilihan ketika menginstall dari Disc atau file yang di download. Agar space harddisk tidak boros, dan pencinta game dapat memilih bahasa yang mereka inginkan serta memilih tingkat maksimum resolusi monitor yang tepat dengan monitor di PC

Tidak jelas, pastinya pengembang game ingin memberikan semuanya dalam satu paket disc. Terserah si gamer mengunakan layar HD, Full HD atau 4K. Apakah mereka mengerti bahasa Perancis atau Inggris. Semua di jejalkan dalam satu paket, setidaknya pencinta permainan PC mendapatkan semuanya.

Disini kita dapat mengerti mengapa kapasitas disc di game semakin membengkak. Karena produsen game mengikuti teknologi terbaru, dan memasukan file untuk tekstur lebih detil, bahasa dan kebutuhan monitor layar sedang sampai tinggi. Tinggal kita saja yang ingin memainkan akan garuk kepala.

Membeli game original memang lebih mahal, tapi membeli versi petani juga tidak murah. Sudah menembus seratus ribu rupiah. Bila suatu hari tampil teknologi 8K, jangan jangan kapasitas game yang di install memerlukan space 200GB. Dan harga permainan dari versi petani mungkin sudah separuh dari harga game original.