Nebula NGC 6334 (Cat's Paw) dan NGC 6357 (Lobster) dapat di zoom dari ESO


Kategori : Science | Date : 2 February 2017
2 foto nebula NGC 6334 dan NGC 6357 dengan resolusi tinggi
Nebula NGC 6334 (Cat's Paw) dan NGC 6357 (Lobster) diabadikan badan antariksa Eropa ESO.  Kedua nebula dibuat dengan resolusi foto 2 miliar pixel.

Kedua nebula terletak di konstelasi Scorpius, dan termasuk daerah yang intensif membentuk bintang baru.

Pertama yang menemukan nebula ini adalah astronomi Herschel bulan Juni 1837. Ketika dia melakukan ekspedisi ke Afrika Selatan. Sejak penemuan dua nebula tersebut, para ahli astronom mulai mengerti seperti apa kondisi di debu dan gas di antariksa.

Dari foto yang dibuat, cahaya yang berwarna adalah atom hidrogen. Disana terbentuk banyak bintang, termasuk ukuran bintang raksasa yang lebih besar dari matahari bahkan 10x lebih besar.

Foto nebula dengan resolusi tinggi ini diabadikan oleh camera OmegaCam untuk mendapatkan rentang gelombang warna. Foto yang dibuat memiliki ketajaman 16x dibanding foto yang dibuat teleskop Hubble.

Sensor teleskop OmegaCam memiliki resolusi 49.511 x 39.136 pixel

Foto dibawah ini.
Pada bagian kanan atas adalah foto nebula Cat Paw NGC 6334, terlihat seperti kaki kucing. Memiliki jarak 5500 tahun cahaya dari Bumi
Gambar kiri bawah adalah nebula nebula Lobster / NGC 6357 (udang) tapi tidak terlihat berbentuk udang sih. Jaraknya 8800 tahun cahaya dari Bumi

Nebula NGC 6334 (Cat's Paw) dan NGC 6357 (Lobster) dapat di zoom dari ESO

Foto ESO

Nebula Swan atau Mesier 17. Memiliki nama seperti Nebula Omega, nebula tapal kuda, nebula lobster. Kumpalan debu dan gas besar ini berada di galaksi Bima Sakti. Jarak dari Bumi sekitar 5000-6000 tahun cahaya. Ada yang unik disana, setidaknya perilaku bintang raksasa mampu mendorong gas dan debu.

Large Magellanic Cloud adalah satelit pendamping galaksi Bima Sakti, menjadi tempat paling terang yang dapat dilihat oleh astronom. Jaraknya 160 ribu tahun cahaya. Bentuknya seperti kumpulan gas dan debu. Di dalamnya terdapat beberapa bintang langka raksasa seperti R136a

Rosette nebula adalah wilayah cluster bintang. 2 bintang raksasa ada disana, dan bintang raksasa lain akan menganggu lahirnya proto planet karena tersapu oleh angin bintang yang kuat. Wilayah nebula ini menjadi salah satu pembibitan bintang yang sangat padat



Crab nebula, nebula Crab atau nebula kepiting adalah debu dan gas dari bintang yang telah mati. Seperti lukisan di ruang angkasa, nebula Crab dikenal dengan beberapa nama lain seperti M1, dan NGC 1952. Foto terbaru  Mei 2017 dari 5 teleskop membentuk satu gambar Nebula Kepiting.

Nebula NGC 2440 memiliki jarak 4000 tahun cahaya dari Bumi. Terletak di konstelasi Puppis, dimana benda tersebut adalah tanda dari sebuah bintang mati. NGC 2440 saat ini sedang berbentuk seperti sebuah cincin, tapi lingkaran yang terbentuk adalah gas dari sisa bintang.

Galaksi Bima Sakti memiliki 2 satelit galaksi kecil. Disebut LMC dan SML atau Large Megallanic Cloud dan Small Megallanic Cloud. Nebula N55 menjadi bagian dari isi LMC , memiliki bentuk bercahaya dan tampak seperti Superbubble.

Nebula Bubble atau nebula gelembung. Benda ini berada 8000 tahun cahaya dari Bumi. Menjadi icon Nasa dalam ulang tahun Hublle kali ini. Inti bintang disana diperkirakan 10-12kali lebih besar dari matahari kita. Dan nama bintang tersebut dikenal dengan SAO 20575.



Nebula Spider dimana terlihat pembentukan bintang muda berwarna merah yang disebut Stock 8. Letak nebula Spider berlawanan dengan arah pusat galaksi. Kabut tersebut berada di tepi galaksi atau sekitar 10.000 tahun cahaya dari Bumi.

Nebula Veil adalah bekas dari jejak bintang yang meledak. Diperkirakan sekitar 8000 tahun lalu sebuah bintang disana meledak. Ukuran bintang dari bekas nebula Veil, 20x lebih besar dari Matahari. Nebula Veil letaknya sekitar 2100 tahun cahaya dari Bumi


No popular articles found.