Bintang Pulsar Geminga dan B0355+54 memiliki radiasi unik


Science | 28 January 2017

Bintang pulsar memiliki ciri berbeda antara radiasi dan kekuatan bintang

2 bintang pulsar ini berada 800 dan 3400 tahun cahaya dari Bumi.

Bintang pulsar Geminga dan B0355+54 memiliki umur antara 500 juta tahuun.

Kedua bintang ini agak berbeda walau disebut bintang pulsar. Bintang Geminga PWN hanya mengeluarkan emisi sinar gamma. Sedangkan bintang B0355+54 sama sekali tidak mengeluarkan sinar gamma tapi memiliki gelombang radio paling kuat.

Dibawah ini letak bintang Geminga ada di sisi kanan, dan bintang pulsar B0355  di kiri bawah galaksi Bima Sakti.

Letak bintang Pulsar Geminga dan B0355+54 memiliki radiasi unik

Tim astronom meneliti keduanya mengunakan 2 teleskop. Pertama dengan teleskop Chanda X-ray, kedua dengan Spitzer untuk menangkap cahaya infra-merah.

Bintang pulsar Geminga terlihat memiliki 3 buntut lebih panjang, sedangkan bintang B0355 terlihat lebih pendek. Mirip seperti ubur-ubur tapi di B0355 lebih rapat dan memanjang sampai 5 tahun cahaya.

Disini keunikan dari bintang pulsar. Ketika blackhole menarik benda seperti bintang atau gas raksasa, akan melemparkan kembali gas yang ditelan dengan membentuk jet. Jet seperti semburan yang sangat kuat dan naik melalui kutub lubang hitam.

Bintang pulsar sepertinya melakukan hal yang sama. Bintang pulsar termasuk lubang hitam tapi lebih kecil. Bintang pulsar memiliki putaran sangat cepat dan membentuk medan magnetik.
Tetapi yang dilihat disini adalah radiasi yang terlihat terlempar keatas kutub bintang pulsar. Dua jet partikel dari bintang pulsar keluar dari kedua kutup. Tapi kembali membungkuk atau tertarik oleh gravitasi.

Bila radiasi bintang pulsar sudah mencapai radiasi sinar gamma. Maka pancaran sinar X yang terlihat di teleskop akan berputar di sekeliling bintang pulsar. Harvard Chandra



Gambar kiri adalah bintang pulsar Geminga, terlihat putaran radiasi akan berada di sekeliling bintang pulsar itu sendiri.
Gambar kanan adalah bintang pulsar B0355+54. Disini terlihat berbeda, terlihat tidak memiliki radiasi sebesar bintang Geminga. Walau foto yang ditunjukan oleh teleskop Chandra dan Spitzer terlihat mengumpal, bentuk aslinya seperti memanjang keluar dari bintang pulsar.

Bintang Pulsar Geminga dan B0355+54 memiliki radiasi berbeda dan unik

Bila ditanyakan , apakah lebih berbahaya bintang pulsar Geminga atau B0355+54. Sama saja, hanya sedekat apa benda yang mendekat kedua bintang ini.
Satu lagi adalah bintang neutron. Bintang neutron memiliki ukuran lebih kecil yang juga gagal membentuk menjadi lubang hitam. Tapi memancarkan radiasi keluar dari bintang, seperti mercusuar dan radiasi seperti keluarnya tembakan radiasi ke ruang angkasa

Bintang pulsar juga mematikan benda lain. Bila ada bintang yang bersinar tertarik oleh bintang pulsar. Bila terlalu dekat akibat gravitasi bintang pulsar, gas dari bintang lain dapat tertarik habis oleh bintang pulsar yang memiliki elemen lebih padat. Efeknya sama seperti bintang neutron, walau ukuran lebih kecil tapi bintang lain yang mendekat akan habis ditarik materi gas oleh bintang neutron.

Bintang Neutron, Pulsar dan Blackhole adalah benda yang paling berbahaya di sebuah galaksi. Selain radiasi yang dipancarkan, dapat memusnahkan benda lain yang ada di dekatnya.

Radiasi bintang pulsar tidak dapat dilihat langsung. Hanya terlihat mengunakan instrumen khusus, seperti sensor X-ray dan Infrared.


Berita terkait
2 bintang disebut bintang Apep diteliti sejak 2018. Keduanya saling mengorbit dan saling menarik materi bintang satu sama lain. Walau kedua bintang memiliki jarak cukup jauh, mencapai lebar tata surya kita. Kedua satu hari akan bertabrakan dan membentuk ledakan sinar Gamma.

Pertama tim astronom menemukan terbentuknya 2 bintang kembar terkuunci dengan gravitasi di sebuah tata surya. Masing masing bintang terus tumbuh membesar. Bintang BHB2007 11 menjadi pengamatan penting ketika sebuah tata surya mulai terbentuk. Tapi masih jauh dari waktu pembentukan planet, kali ini berbicara tentang bintang dahulu



Sebuah bintang pulsar bergerak dengan kecepatan 1100 km perdetik. Bagaimana bintang pulsar tersebut dapat berpindah di galaksi Bima Sakti. Dan mendorong bintang pulsar tersebut sampai keluar dari tempatnya berasal akibat sebuah supernova. Jejak bintang pulsar dapat dipelajari dengan teleskop Fermi.

Herbig Haro adalah semburan gas dan debu dari sebuah aktivitas bintang yang baru lahir. Lontaran yang disebut jet, melintas dari kutub bintang dengan bentuk mengerucut. Mencapai kecepatan ratusan km perdetik. Debu dan gas akan menabrak debu dan gas lain di ruang antar bintang akan terlihat berwarna biru dan ungu.

Sistem bintang Eta Cariane diperkirakan 170 tahun lalu terdiri dari 3 bintang. Tapi salah satu bintang telah memasuki masa akhir. Ketika mulai membengkak satu bintang yang akan hancur, gas tertarik oleh bintang disebelahnya. Bintang tersebut mencuit dan terlempar keluar. Perjalanan keluar dari duet biner bintang malah membawa satu bintang yang lebih jauh tertarik masuk ke orbit sampai lebih dahulu lalu meledak menjadi nebula.

Di abad ke 17 Charles Messier astronom menemukan banyak benda di ruang angkasa. 93 nama masuk daftar di katalog Messier. Hubble membuat daftar benda ruang angkasa. Dari kelompok bintang, galaksi dan tentu saja yang baru ditemukan. Tentu dengan detil gambar dari teknologi di abad ke 20.

ledakan yang begitu besar dari sebuah bintang akan sangat terang menyala. Sejauh ini, beberapa orang yang melihat langsung ledakan supernova terjadi. Buso salah satu astronom amatir tidak sengaja mendapatkan gambar ledakan supernova. 1 ledakan terjadi 100 tahun sekali di sebuah galaksi.



Bintang HD 240430 adalah sebuah tata surya dimana disana terdapat 2 bintang biner. Peneliti percaya 15 planet seukuran bumi ditelan oleh salah satu bintang. Apa penyebab planet akhirnya masuk ke dalam bintang. Penelitian ini mirip seperti sejarah Yunani dengan dewa Kronos

Apakah semua bintang memiliki ukuran bulat sempurna. Tidak semua bintang, ketika bintang memiliki putaran sangat cepat. Bentuknya menjadi oval bahkan seperti telur. Bintang J0406 putaran yang sangat cepat ditemukan, bintang tersebut terlempar.

Ada cerita bintang Scholz bermasa rendah dahulu pernah melintas di tata surya kita. ESA menghitung ada berapa banyak bintang lain akan melintas dekat ke tata surya. Sekitar 16 cukup dekat dan satu bintang mungkin menganggu orbit awan Oort, dan mengeser batuan es menjadi komet di Bumi.

Pada tahun 1437 seorang astronom melihat cahaya seperti bintang meledak, tapi menghilang setelah 2 minggu kemudian. Misteri hilangnya cahaya bintang tersebut menarik dipelajari kembali, sampai peneliti dapat menjawab apa yang terjadi pada tahun tersebut.

Bintang HH 212 adalah bintang yang baru lahir. Bila gas disekeliling bintang baru ini berhasil menjadi satu bulatan. Nantinya akan membentuk proto-bintang bar, dan di masa mendatang akan muncul planet.

Nebula NGC 2438 atau nama lain Rotten Egg diabadikan teleskop Hubble. Awan kuning yang terlihat pada gambar adalah semburan materi dari sebuah bintang. Mengapa benda ini disebut Planetary Nebula

Ditemukan bintang yang mengeluarkan gelombung gas plasma. Tidak gelembung biasa dipermukaan tapi seperti menembak keluar dari bintang. Dan ukurannya sangat besar mencapai 2x ukuran planet Mars. Bola api panas yang keluar menjadi teka-teki para astronom. Karena tidak biasa bintang bisa mengeluarkan gas plasma.



Beatriz Villarroel mencari sebuah bintang dari data USNO-B1.0 yang mendadak hilang. Lenyap dari 290.000 sumber bintang yang diteliti dan menghilang begitu saja tanpa jejak. Mengapa yang satu ini menghilang. Sampai Beatriz mengatakan jangan jangan ini ulah alien

Tim peneliti Hubble berhasil mengabadikan bintang meledak. Jarak bintang Refsdal berada 10 miliar tahun cahaya. Muncul akibat gangguan gravitasi lensa dari kelompok galaksi di depan MACS J1149.5+2223. Setelah ditunggu selama 3 bulan akhirnya proses ledakan bintang dapat diabadikan dari teleskop ruang angkasa Hubble.

Astronom telah melihat sebuah benda yang jaraknya 5000 tahun cahaya. Dan sebuah kejadian dalam 3 tahun dapat diamati oleh teleskop di rumah anda. Karena sebuah bintang Pulsar akan menarik satu bintang lain. entu saja kejadian tabrakan kedua bintang tersebut sudah terjadi di masa lalu.

Bintang di malam hari hanya tampak beberapa bintang yang cahayanya paling terang. Sedangkan bintang lain tidak terlihat seakan bersembunyi. Karena kekuatan cahaya bintang dihitung dengan angka magnitude, dan beberapa bintang memiliki jarak sangat jauh dari Bumi.




No popular articles found.