Bintang HR 8799 terletak 150 tahun cahaya dari Bumi.

Disana terlihat ada 4 planet mengorbit. Kali ini sebuah video menarik tentang tatasurya Bintang HR 8799, karena diambil secara langsung dan terlihat jelas 4 planet sedang mengorbit bintang induknya.

Jason Wang dari universitas California mengabukan beberapa data dengan tahun berbeda. Hasilnya menakjubkan, para ilmuwan dapat melihat dengan jelas 4 planet yang mereka teliti.

Bukan gambar animasi, atau sekedar grafik saja, gerakan planet yang begitu jauh tampak jelas.

Salah satu planet di sebut Hot Jupiter. Planet yang terlalu dekat dengan bintang induknya tersebut dinamai Beta Pictoris b, sedang mengitari bintang tua yang berumur 40 juta tahun Beta Pictoris.

Foto dibuat teleskop Gemini South di Chile, pada bagian tengah adalah bintang yang ditutup agar tidak menganggu cahaya lain.

Video dibawah ini adalah tata surya Beta Pic b dalam gerakan. Foto dibuat mundur, pertama pada 20 Januari 2016, sampai terakhir mundur pada 27 Desember 2015.



Gambar animiasi kedua dibawah adalah bintang HR 8799, jaraknya 130 tahun cahaya dari Bumi. Bintang tersebut baru berusia 60 juta tahun. Gambar ditangkap oleh observasi teleskop W.M Keck. Total ada 4 planet terlihat., dibuat dari periode 2009 sampai 2016.

Terlihat 4 planet berputar dan planet paling dekat ke bagian tengah yang disebut Hot Jupiter. Terbentuk ketika Bumi masih memiliki dinosaurus. Begitu jauhnya tata surya ini dengan jarak 130 tahun cahaya.
Bintang disana memiliki cahaya 5x lebih terang dari matahari kita.



Pada tahun 2008, imluwan menemukan 3 planet tersebut dan berputar di sekitar debu. Mengapa orbit planet tersebut hanya bergeser sedikit saja. Katanya butuh 40 tahun untuk menyelesaikan gambar dibawah ini bila ingin melihat orbit planet lengkap.

Hanya gambar gelap seperti dibawah ini dengan teleskop dari Bumi untuk melihat pergerakan 4 planet disana.

Bintang HR 8799 dengan 4 planet