Bintang HR 8799 dengan 4 planet


Kategori : Science | Date : 28 January 2017
Gambar pertama tata surya Beta Pictoris b gambar kedua bintang HR9799
Bintang HR 8799 terletak 150 tahun cahaya dari Bumi.

Disana terlihat ada 4 planet mengorbit. Kali ini sebuah video menarik tentang tatasurya Bintang HR 8799, karena diambil secara langsung dan terlihat jelas 4 planet sedang mengorbit bintang induknya.

Jason Wang dari universitas California mengabukan beberapa data dengan tahun berbeda. Hasilnya menakjubkan, para ilmuwan dapat melihat dengan jelas 4 planet yang mereka teliti.

Bukan gambar animasi, atau sekedar grafik saja, gerakan planet yang begitu jauh tampak jelas.

Salah satu planet di sebut Hot Jupiter. Planet yang terlalu dekat dengan bintang induknya tersebut dinamai Beta Pictoris b, sedang mengitari bintang tua yang berumur 40 juta tahun Beta Pictoris.

Foto dibuat teleskop Gemini South di Chile, pada bagian tengah adalah bintang yang ditutup agar tidak menganggu cahaya lain.

Video dibawah ini adalah tata surya Beta Pic b dalam gerakan. Foto dibuat mundur, pertama pada 20 Januari 2016, sampai terakhir mundur pada 27 Desember 2015.



Gambar animiasi kedua dibawah adalah bintang HR 8799, jaraknya 179 tahun cahaya dari Bumi. Bintang tersebut baru berusia 60 juta tahun. Gambar ditangkap oleh observasi teleskop W.M Keck. Total ada 4 planet terlihat., dibuat dari periode 2009 sampai 2016.

Hanya gambar gelap seperti dibawah ini dengan teleskop dari Bumi untuk melihat pergerakan 4 planet disana.



Bintang HR 8799 dengan 4 planet



Pada tahun 2008, astronom menemukan 3 planet tersebut dan berputar di sekitar debu. Mengapa orbit planet tersebut hanya bergeser sedikit saja. Katanya butuh 40 tahun untuk menyelesaikan gambar dibawah ini bila ingin melihat orbit planet lengkap.

Planet HR 8799c
Pertama diamati tahun 2008. Sebuah planet gas dengan 7 kali massa Jupiter.
Mengorbit setiap 200 tahun sekali waktu bumi.
Pengamatan dari teleskop Keck, ilmuwan telah mengkonfirmasi keberadaan air di planet besar tersebut dan tidak ada materi Metana.

Bintang K2-239 diperkirakan disana terdapat 3 planet, bahkan ketiga planet memiliki ukuran seperti Bumi. Dan besarnya tidak jauh berbeda dengan Bumi. Bintang K-240 juga ditemukan 2 planet seperti bumi dengan permukaan batuan, diperkirakan 2 planet tersebut memiliki ukuran 2x lebih besar dari Bumi.

Bintang CS Cha adalah bintang berusia muda tidak hanya satu tapi bintang biner. Disana sedang membentuk tata surya baru. Peneliti melihat ada sebuah planet muncul, dan ukurannya sangat besar disebut Super Jupiter. Atau bisa saja benda tersebut adalah bintang ke 3.

Sebuah bintang GJ9827 jaraknya 100 tahun cahaya terletak di konstelasi Pisces. Membuat bingung penelit, awalnya terditeksi seperti Super Earth atau seperti planet Bumi tapi ukurannya lebih besar. Tidak ada planet seperti ini di tata surya



Letak bintang K2-138 berada 620 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Dari perkiraan awal sekitar 5 planet, tapi mungkin saja ada 6. Pertama kali dalam sejarah astronomi. Sekelompok tim astronom berhasil menemukan beberapa planet dalam sebuah tata surya.

Ukuran bintang kerdil umumnya hanya ditemukan planet berbatu seperti planet seukuran Bumi atau lebi kecil. Karena sebuah bintang kerdil yang memiliki ukuran mungil tidak akan memiliki kelebihan bahan untuk membentuk planet yang besar. Planet NGTS-1b seharusnya tidak ada disana

Bintang V1247 Orionis adalah bintang muda yang panas, tapi sudah dikelilingi cincin gas dan debu yang dinamis. Disebut disc circumstellar, ada yang menarik pada bagian tersebut. Peneliti dapat belajar dari mana asal planet ketika pertama lahir.

Peneliti mengatakan ada hubungan antara magnetik bintang dengan sinar X yang dipancarkan. Ketika bintang berusia muda, mereka masih aktif secara magnetis, dan membuat putaran bintang lebih cepat. Seiring jalan, bintang mulai kehilangan energi rotasi.



Sebuah bintang tidak jauh dari bumi, bintang EBLM J0555-57Ab merupakan bintang terkecil yang pernah ditemukan. Ukurannya menakjubkan. Sementara bintang raksasa atau bintang lumayan besar seperti matahari. Yang ini hanya seukuran  planet Saturnus saja dan mengalahkan rekor sebelumnya bintang Trappist-1

Bintang GJ 625 adalah bintang tipe M atau kategori matahari kerdil. Hanya 21 tahun cahaya dari Bumi. Disana terlihat adanya planet berukuran 2,82x lebih besar dari Bumi. Atau disebut juga super earth. Tapi orbit planet tersebut berada di posisi tepat, atau zona habitat.

Teleskop ALMA menangkap tata surya baru HD 142527, dimana disana sedang terbentuk cakram protoplanet. Tetapi ada yang unik di tata surya ini, karena memiliki dua matahari yang juga terbentuk bersamaan. Disebut juga sebagai tata surya dengan bintang biner.

Mempelajari tata surya. Bagaimana bintang terbentuk, dan bagaimana planet bisa terbentuk disekitar bintang. Pertanyaan ini masih terus diteliti oleh para astronom. Sebuah bintang yang diteliti disini tiba tiba meningkat kecerahannya menjadi 250 kali dalam satu tahun. Hal ini menunjukan infus materi di bintang ini tidak biasanya memakan materi di sekitar dirinya.

Sebuah bintang berukuran kecil atau disebut White Dwarf ditemukan sebagai bintang unik. Peneliti dari Warwick melihat dibintang yang sudah mati tersebut terlihat cincin berwarna merah. Cincin tersebut terbentuk akibat bintang tersebut hancur, dan cincin yang terlihat adalah sampah seperti batuan dan debu mengelilingi bintang.

Di satu sistem tata surya VFTS 352, terdapat 2 bintang kembar yang sedang berciuman. Keduanya sudah sangat dekat dan saling menyentuh satu sama lain. Nantinya keduanya akan bersatu dan membentuk bintang tunggal yang lebih besar. Atau bisa saja menjadi lubang hitam biner.



Bintang Hen 2-427 memiliki nama lain yaitu Nebula M1-67, dan di tengah yang menyala adalah bintang WR 124. Berada di konstelasi Sagitarius dan jaraknya 15.000 tahun cahaya dari Bumi.


No popular articles found.