Seagate telah mengumumkan sudah membuat harddisk 12TB. Diberikan untuk pelanggan penting mereka.

Harddisk 12TB akan tampil pertengahan tahun 2017.

Kapasitas harddisk tidak berhenti sampai 12TB, tahun depan atau dalam 12-18 bulan dapat mencapai 16TB.

Kapasitas harddisk kapasitas besar menargetkan pasar data center, NAS, DVR, karena kebutuhan media rekaman untuk camera keamanan.

Harddisk Seagate 10TB tampil pada pertengahan tahun 2016. Dengan model Seagate Barracuda Pro 10TB. Memiliki 7 plat harddisk, untuk pemakaian performa atau NAS server serta sistem recording video dari camera security.

Seagate mengunakan teknologi helium beberapa tahun lalu, setelah WD/HGST menyiapkan harddisk kapasitas besar tipe high end.

Seagate terlihat gagal untuk masuk ke pasar SSD setelah rencana kerjasama dengan Micron kurang mulus.

Produsen lain yaitu SK Hynix yang memproduksi NAND Flash chip untuk SSD. Mempertimbangkan bergabung dengan Seagate untuk membuat perusahaan gabungan. Sehingga Seagate dapat kembali meraih pasar SSD storage. Dikabarkan investasi Seagate ke Hynix mencapai 1,7 miliar dollar.

Pasar harddisk 12TB akan dibuat dengan interface SATA dan SAS.
Seagate Enterprise menawarkan kecepatan 261MB/s dengan putran 7200RPM dan 256KB buffer. Untuk data server, harddisk 12TB dapat dimasukan ke rak sever 42U dan menampung sampai 10PB.
Seagate mengatakan harddisk Seagate Enterprise dapat bekerja selama 24 jam setiap hari, dengan kinerja 550TB pertahun.
Seagate memasukan gas helium ke harddisk untuk menekan friksi atau gesekan di dalam harddisk generasi sebelumnya.

Harddisk 14TB
2 pabrik harddisk Seagate dan HGST telah menyiapkan kapasitas harddisk 14TB. Tapi disini berbeda dengan teknologi yang digunakan.
Mengunakan SMR atau Shingled Magnetic Recording, dimana data ditumpuk dalam piring harddisk. Teknologi terbaru tersebut agak berbeda dibanding harddisk 12TB.
Karena mengurangi kecepatan write. Seagate akan mengunakan gas helium dan SMR di harddisk 14TB

Harddisk 16TB.
Disini juga berubah. Teknologi yang digunakan adalah HAMR. Tapi munculnya harddisk dengan HAMR baru tersedia setelah tahun 2018.