Aplikasi Google Translate World lens dibuat oleh tim Google untuk smartphone.

Aplikasi penterjemah ini dapat membaca dan menterjemahkan 52 bahasa, walau smartphone tidak terhubung ke internet.

Untuk penerjemah bahasa dengan camera menjadi huruf di dukung sampai 30 bahasa.

Menerjemahkan percakapan atau kita yang mengatakan bahasa dan menerjemahkan ke bahasa lain, dua arah sudah mendukung 32 bahasa.

Mentranlsate tulisan atau menerjemahkan tulisan di buku, tanda jalan, menu. Menerjemahkan apa yang tertulis di aplikasi ke bahasa yang kita inginkan. Atau menerjemahkan kata yang kita inginkan ke bahasa lain.

Januari 2017 aplikasi World Lens menambahkan terjemahan bahasa Jepang, seperti membaca tulisan kanji dari smartphone.
Apa yang menarik dari teknologi World Lens ini. Sampai Google tertarik memasukan fitur tersebut di Google Translate. Aplikasi World Lens mampu merubah bahasa ke bahasa yang kita inginkan. Dengan mengaktifkan aplikasi dan camera, bahasa langsung terlihat terjemahan di layar smartphone.
Misal, sedang jalan ke sebuah toko di luar negeri. Kita tidak tahu toko tersebut menjual apa saja, menu makanan apa saja, karena tulisan bahasa tidak kita kenal. Atau melihat sebuah jalan, karena tulisan yang tidak biasa seperti Chinese, Japan, Korea, bahkan tulisan Arab. Dengan mengarahkan camera ke nama jalan, pada layar smartphone dapat di terjemahkan.
Google Translate tidak membutuhkan koneksi internet, tapi penguna dapat mendownload bahasa apa yang ingin di terjemahkan sebelum mengunakannya.

Pembuat aplikasi World Lens dibeli oleh Google tahun 2014 untuk mendukung fitur smartphone OS Android.
Pada awal tahun 2015, sudah 500 juta perangkat  mendownload aplikasi tersebut. Dan menerjemahkan 1 miliar dalam sehari.

Aplikasi untuk translate bahasa World Lens dapat bekerja dari OS Android 4. Mendukung beberapa bahasa dibawah ini

Afrikaans, Albanian, Amharic, Arabic, Armenian, Azerbaijani, Basque, Belarusian, Bengali, Bosnian, Bulgarian, Catalan, Cebuano, Chichewa, Chinese (Simplified), Chinese (Traditional), Corsican, Croatian, Czech, Danish, Dutch, English, Esperanto, Estonian, Filipino, Finnish, French, Frisian, Galician, Georgian, German, Greek, Gujarati, Haitian Creole, Hausa, Hawaiian, Hebrew, Hindi, Hmong, Hungarian, Icelandic, Igbo, Indonesian, Irish, Italian, Japanese, Javanese, Kannada, Kazakh, Khmer, Korean, Kurdish (Kurmanji), Kyrgyz, Lao, Latin, Latvian, Lithuanian, Luxembourgish, Macedonian, Malagasy, Malay, Malayalam, Maltese, Maori, Marathi, Mongolian, Myanmar (Burmese), Nepali, Norwegian, Pashto, Persian, Polish, Portuguese, Punjabi, Romanian, Russian, Samoan, Scots Gaelic, Serbian, Sesotho, Shona, Sindhi, Sinhala, Slovak, Slovenian, Somali, Spanish, Sundanese, Swahili, Swedish, Tajik, Tamil, Telugu, Thai, Turkish, Ukrainian, Urdu, Uzbek, Vietnamese, Welsh, Xhosa, Yiddish, Yoruba, Zulu

aplikasi untuk menerjemahkan banyak bahasa dari Google Translate 
World Lens

Setelah download aplikasi penterjemah bahasa dari Google Translate World Lens. Buka aplikasi dan akan ditanyakan bahasa yang sering digunakan. Misal menerjemahkan dari bahasa Inggris ke Indonesia. Aplikasi akan mendownload daftar bahasa dari Inggris ke Indonesia.

aplikasi menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia dan sebaliknya

Dibawah ini tampilan Google Translate World Lens. Tidak membutukan koneksi internet untuk menerjemahkan bahasa. Dan menerjemahkan bahasa langsung pada layar smartphone.
Contoh video dibawah ini, cukup mengarahkan camera ke huruf yang ingin diterjemahkan. Akan berubah dengan terjemahan yang kita butuhkan



Download aplikasi smartphone World Lens