Aplikasi Meitu menjadi kontroversi karena aplikasi mereka malah mencuri data penguna smartphone. Dapat merubah foto seperti bintang film sinetron.

Kata sederhananya, foto seseorang dari smartphone seperti di make up ala artis. Aplikasi foto dari Meitu memang keren, seperti membuat foto dengan efek animasi.

Aplikasi Meitu dapat mengaktifkan camera tentu biasa karena ini aplikasi foto, lokasi tidak masalah karena dibutuhkan data geotag. Tapi status telepon, GPS, nomorMAC dan IMEI bahkan meminta ijin untuk membuat panggilan telepon ?

Aplikasi Meitu untuk foto cantik dan sketsa

Tertanggal 22 Januari 2017, sudah masuk aplikasi favorit. Dengan 10 juta kali di download

Jonathan Zdziarski dari peneliti keamanan mengatakan dia menemukan kode aneh di aplikasi iOS Meitu. Aplikasi untuk editi foto mengapa harus membuat panggilan telepon. Dia memperkirakan ada informasi yang dijual oleh pembuat aplikasi perusahaan Meitu ke perusahaan agency periklanan.

Di iPhone aplikasi diam diam memeriksa telepon apakah mengunakan versi Jailbrake, operator seluler yang digunakan, termasuk data MAC dari ponsel

Masalah lain yang ditemukan, aplikasi tersebut juga mengirim nomor IMEI ke beberapa server di China.

Aplikasi Meitu ambil data - ini penjelasannya

Meitu menjelaskan, mereka hanya menambah fungsi untuk pengalaman penguna sehingga menawarkan layanan lebih baik. Verifikasi identitas, kontrol keamanan dan layanan pelanggan adalah biasa dan standar dari Meitu. Dan keterangan lain seperit Meitu akan mengunakan informasi penguna ponsel dan menyelidiki adanya penipuan, membayakan keamanan, tindakan ilegal dan lainnya.

Berita terakhir disebut Meitu memasukan data yang diambil dari aplikasi mereka. Dan dikumpulkan oleh sebuah perusahaan berbasis di China. Dimana layanan pelacakan yang dilakukan oleh Store App Apple dan Google. Mengapa ada di iOS, katanya ada hubungannya antara Wechat dan Meitu untuk berbagi konten.

Meitu menegaskan mereka tidak mengambil data untuk keperluan perusahaan lain.

Aplikasi dari pengembang dan perusahaan di China memang terkait dengan keamanan. Karena pemerintah China nantinya mengatur dan dapat meminta semua data yang mereka butuhkan untuk investigasi.

Bila anda tidak terlalu peduli dengan informasi keamanan diatas, dapat dilihat kemampuan aplikasi Meitu pada link dibawah ini.

Versi di Google Play meminta data dibawah ini
  • Device & app history - Allows the app to view one or more of: information about activity on the device, which apps are running, browsing history and bookmarks
  • Location - Uses the device's location
  • Photos/Media/Files - Uses one or more of: files on the device such as images, videos, or audio, the device's external storage
  • Camera - Uses the device's camera(s)
  • Wi-Fi connection information - Allows the app to view information about Wi-Fi networking, such as whether Wi-Fi is enabled and names of connected Wi-Fi devices
  • Device ID & call information - Allows the app to determine the phone number and device IDs, whether a call is active, and the remote number connected by a call
  • Other - receive data from Internet
Aplikasi Meitu Google Play Store minimum OS Android 4.0+