Planet Tap 26b ini lebih besar dari Jupiter disebut bola mendidih sangat panas


Science | 17 January 2017

Peneliti astronomi menemukan planet TAP 26b, disebut sebagai Hot Jupiter. Tapi ukurannya jauh lebih besar dari planet Jupiter, mencapai 1,73x dari massa planet Jupiter. Ketika astronom melihat planet ini menjadi menarik. Jupiter berada jauh dari matahari, yang ini planet TAP 26b panasnya tidak karuan

Planet TAP 26b dianggap sebagai planet dengan lingkungan sangat keras. Letaknya 480 tahun cahaya dari Bumi.

Disana terdapat sebuah bintang TAP 26 atau dikenal dengan bintang T Tauri. Bintang tersebut memiliki massa seperti matahari, atau sedikit lebih besar 1,17x jari jari matahari. Usia bintang sekitar 17 juta tahun, jadi bintang TAP 26 masih berusia muda dan masih sangat panas.

Penelitian pertama dilakukan dari teleskop CFHT di Hawai. Tim astronom dari universitas Toulouse yang dipimpim ilmuwan Liang Yu mengamati sebuah bintang yang disebut TAP 26.

Dari bintang ini terlihat sebuah bayang planet yang mengorbit ke bintang induk hanya 10,9 hari sekali (waktu bumi dalam setahun). Posisi bintang TAP 26b memang sangat dekat ke arah bintang.

Penelitian membutuhkan waktu 72 hari untuk menemukan orbit planet tersebut. Pengamatan dilakukan antara bulan November 2015 dan Januari 2016.
Pengukuran planet TAP 26b mengunakan 2 metode, dengan Zeemn Doppler ZDI dan Gaussion Proses Regression - GPR.

Dibanding jarak planet Merkuris yang sangat panas dan paling dekat ke matahari saja masih memiliki letak 57 juta km, dan Venus ke matahari mencapai 107 juta km. Bahkan jarak bumi ke matahari lebih jauh 148 juta km. Diperkirakan planet Tap 26b hanya berada 1,45 juta km dari permukaan bintang. Ditemukan pertama kali pada tanggal 9 Januari 2017.

Intinya, sebaiknya jangan ada yang tertarik mengunjungi planet yang satu ini. Karena planet TAP 26b adalah planet yang sedang tergoreng oleh bintangnya sendiri.

Planet Tap 26b lebih besar dari Jupiter dan sangat panas karena dekat ke bintang

Berita terkait
Planet NGTS-10b begitu dekat ke bintang, hanya 18 jam saja setahun. Planet seperti ini mudah ditemukan juga planet langka karena orbitnya terlalu dekat ke bintang yang panas. Perlahan planet akan mendekat sampai suatu hari nanti akan ditelan dan masuk ke dalam. Kapan, tergantug kekuatan gravitasi keduanya

Sebuah tata surya Planet  Planet  GJ 3512 ditemukan sebuah planet gas raksas. Teorinya planet tersebut seharusnya tidak ada atau tidak terbentuk disana. Karena tata surya Planet  GJ 3512 hanya sebuah bintang ukuran kecil Katai Merah. Teori umum, bintang ukuran kecil hanya melahirkan planet berbatu seukuran bumi dan berada dekat ke bintang induk.



Planet K2-18b ditemukan tahun 2015, memiliki orbit di zona habitat. Ditemukan oleh teleskop Kepler ketika planet transit di depan bintang. Mengorbit ke bintang kerdil merah atau Red Dwarf Star setiap 33 hari. Awalnya planet terlihat cocok untuk manusia. Tetapi penelitian lebih lanjut. Itu adalah Water World.

Bagaimana manusia mencari planet lain seperti bumi dengan teleskop Kepler. 30 tahun lalu kita tidak tahu ada planet lain di luar tata surya. Instrumen baru, astronom dapat membuka mata adanya tata surya dan planet di bintang lain. 4000 Exoplanet telah ditemukan, tapi tidak ada satupun yang mendukung kehidupan.

Planet yang disebutkan dalam berita ini dinami HD 21749b, dan ditemukan oleh misi TESS (Transiting Exoplanets Survey Satellite) NASA sebagai perangkat terbaru. Yang membuatnya menarik dari planet HD 21749b adalah beberapa kombinasi unik. Salah satu dari mereka saja tidak akan menjadi masalah besar, tetapi kombinasi ini membuat planet ini cukup signifikan. :

Tata surya di bintang Ci Tau ini bikin geleng geleng kepala para ahli. Letaknya 518 tahun cahaya dari Bumi Sekarang yang terlihat aneh sebenarnya tidak aneh, yang aneh adalah bintang induknya sendiri diperkirakan planet yang muncul disana dari usia bintang yang hanya 2 juta tahun. Tata surya Ci Tau telah diperkirakan ada 4 planet gas raksasa

Satelit BepiColombo akan meneliti ulang planet Merkurius. Mencari jawaban mengapa planet ini menyusut. Salah satu planet yang jarang dipelajari. Bukan tidak menarik, karena butuh teknik untuk mengirim pesawat kesana. 2 pesawat BepiColombo, Mercury Planetary Orbiter (MPO) danMercury Magnetospheric Orbiter (MMO) dikirim Oktober 2018, dan akan bekerja selama 7 tahun sampai di Merkurius, mengapa begitu lama



Planet Wolf 503b diketahui sebagai Exoplanet. Berada pada jarak 145 tahun cahaya dari Bumi. Ditemukan pada tahun 2018. Planet Wolf 503b lebih mudah diteliti karena data dari planet dapat terlihat ketika melewati bintang induknya. Sejauh ini tipe planet Wolf 503b belum ditemukan memiliki bentuk dan posisi yang sama di galaksi kita.

Sebuah planet WASP-12b jaraknya 1400 tahun cahaya ke Bumi. ukuran planet WASP-12b mencapai 2x lebih besar dari planet Jupiter. Planet juga terkunci dengan gravitasi bintang, masuk rangking 1 planet terpanas

Planet EPIC 228813918b mengorbit ke sebuah bintang tipe M atau bintang kerdil. Memiliki kandungan 45% besi, dan mengorbit setiap 4,5 jam sekali atau seseorang akan berulang tahun setiap 4 jam sekali

Sebuah planet yang dinamai HIP 65426b adalah planet langkah, besar tapi jauh dari bintang. Membuat para ilmuwan harus menelaah kembali bagaimana sebuah planet dan tata surya terbentuk. Karena planet ini berbeda dengan kesimpulan sebelumnya.

Badai dengan jutaan petir lebih kuat dari Bumi, menjelaskan mengapa sinyal planet HAT-P-11b tertangkap oleh teleskop ruang angkasa. Di tahun 2009, mengapa planet ini dapat mengeluarkan sinyal radio. Kondisi alam yang membuat sinyal planet bisa ditangkap oleh teleskop di Bumi

Sekitar 10 planet seperti Bumi, yang jaraknya cukup jauh dan ada dekat ke Bumi. Ukuran planet yang ditemukan ini masuk dalam zona kehidupan, atau manusia bisa tinggal. Walau ukuran planet masih dalam perkiraan karena sebagian besar planet yang berpotensi memiliki ukuran lebih besar dari Bumi

Satu foto langkah ini memperlihatkan posisi planet Venus sedang transit tepat di depan matahari dan dapat dilihat dari Bumi. Walau Venus memiliki orbit sangat dekat dengan matahari tapi untuk posisi satu garis dari Matahari dan planet Venus ke Bumi sangat jarang terjadi.



Bagaimana bumi terbentuk, ada 4 tahapan sebelum bumi memiliki penghuni. Bagaimana atmofer Bumi ketika jaman purba. Bumi tidak bulat, agak membengkak di bagian khatulistiwa. Dahulu mungkin bumi lebih dingin dari sekarang. Bagaimana Bumi mampu melindungi mahluk hidup dan menjadi planet yang lebih hangat.

3 planet di tata surya sebuah  bintang HD7924, ditemukan adanya Super Earth. Tidak terlalu jauh dari bumi hanya 54 tahun cahay asaja. Mengunakan teknik getaran planet ketika melintas di depan bintang disana. Akhirnya diketahui 3 planet HD7924

Pernah menonton film Star Wars episode ke IV A New Hope. Memberi gambaran sebuah planet memiliki 2 matahari. Tentu 2 matahari tidak terjadi di bumi. Secara umum dua bintang kembar terjadi dimana planet disana lebih di dominasi planet gas seperti Jupiter. Planet seperti .Bumi dengan matahari kembar mungkin hal umum di alam semesta ini.




No popular articles found.