Philips memiliki lampu LED Scene Switch, lampu yang dapat berubah kecerahannya.

Pengunaan lampu ini lebih hemat power, dan dapat digunakan untuk beberapa keperluan.

Lampu Scene Switch bukan lampu pintar seperti di remote dan dikendalikan dengan smartphone. Tapi setting cahaya lampu secara manual

Harga lampu LED Philips Scene Switch sedikit lebih mahal dibanding lampu LED biasa. Tapi pengaturan lampu dengan 3 kecerahan cahaya berbeda.

Philips juga menawarkan lampu dengan perubahan cahaya lampu, seperti warna putih dan kuning dari unit lampu yang sama.

Untuk lampu Philips Scene Switch 9W yang dicoba ini memiliki 3 kecerahan dengan pemakaian power listrik berbeda. Dari 9W, 3,5W dan 1,5W yang merubah intensitas kecerahan cahaya lampu dari 100%, 40% dan terakhir 10%.


Lampu Philips Scene Switch dengan 3 kecerahan cahaya berbeda

Keterangan pada lampu tertera 9W, artinya power lampu berada antara 9-10W ketika mengunakan cahaya maksimum.

Bila lampu dimatikan dan kembali dinyalakan, maka cahaya lampu menjadi lebih redup, dan energi yang digunakan menurun sampai 3,5W. Dan terakhir paling redup hanya memerlukan power listrik 1,5W dengan intesitas 10%..

Lampu Philips Scene Switch dengan 3 kecerahan cahaya berbeda

Lampu tipe ini dapat ditempatkan di ruang yang tidak perlu pencahayaan terlalu terang untuk waktu lama. Sehingga pemakaian power lampu dapat lebih hemat dibanding dinyalakan terus dengan kekuatan cahaya penuh.

Misalnya lampu lorong rumah menuju kamar mandi, yang perlu dinyalakan. Dapat diganti dengan tipe lampu Scene Switch. Ketika tidak dibutuhkan cahaya dapat dibuat lebih redup, maka lampu dapat turunkan pencerahannya menjadi 40% bahkan 10%. Sehingga lampu tetap memberi penerangan. Ketika ruang memerlukan penerangan lebih kuat, tinggal di switch off dan di on kembali, maka lampu berubah kecerahannya menjadi 100%.

Atau mereka yang suka membaca di tempat tidur, kecerahan lampu baca mungkin perlu lebih redup. Dapat memanfaatkan tipe lampu Scene Switch. Serta mereka yang bekerja di studio dimana cahaya dari monitor computer cukup berpengaruh dengan tampilan gambar dimonitor dan terganggu dengan cahaya lampu yang terlalu kuat. Dapat mengunakan tipe lampu Scene Switch agar sinar lampu tidak terlalu cerah. Ketika bekerja bisa, cahaya lampu dapat dikembalikan dengan cahaya maksimum.

Dibawah ini setting cara mengunakan lampu tipe Scene Switch dengan 3 kecerahan berbeda