News | 11 January 2017

Negara Norwegia hentikan siaran radio FM


Radio FM, siapa yang tidak suka. Ketika jayanya menjadi frekuensi dengan musik stereo.

Frekuensi AM tidak dapat mengirim suara stereo, hanya FM yang paling diandalkan.

Tapi ketenaran frekuensi FM akhirnya memudar.

Norwegia menjadi negara pertama yang menghapus siaran radio FM. Lalu kemana siaran radio disiarkan, disini dimulai era digital yaitu radio digital. Perusahaan radio lokal dan regional sudah memindahkan siarannya ke DAB atau radio digital.

Transisi siaran radio analog FM akan berakhir di Norwegia, dan proses transisi akan selesai sebelum akhir tahun ini.

Norwegia menjalankan siaran radio FM dan DAB digital audio broadcasting sejak 1995. Kementrian kebudarayaan melihat sistem pendukung siaran radio FM menjadi mahal. Dan tidak mudah menjangkau penduduk 5 juta orang dan tersebar di seluruh daerah sampai pengunungan.

Negara Norwegia hentikan siaran radio FM

Dari sisi lain DAB lebih menjanjikan, karena kualitas suara digital,dan lebih jelas terdengar.

Setidaknya lebih dari 20 siaran radio digital dan 5 siaran radio FM yang masih adadi Norwegia. Perubahan siaran tersebut tidak berlaku bagi stasiun lokal yang terus menyiarkan sistem radio analog bila perusahaan radio masih menginginkan. Stasiun radio lokal ada yang mempertahankan siaran FM sampai 2022.

Kota pertama yang menghapus siaran radio FM adalah Bodo pada 11 Januari 2017, disusul di kota lain.
Sementara  teknologi DAB atau radio digital menjadi teknologi masa depan. Kebanyakan warga Norwegia tidak terlalu senang dengan aturan baru tersebut. sekitar 66% menentang pindahnya siaran radio FM ke DAB, hanya 17% saja yang mendukung.



Inggris mulai melakukan transisi dari FM ke digital, dan pendengar siaran radio digital sudah mencapai 50%. Pada tahun 2017 diperkirakan warga Inggris sudah mengunakan digital radio.


Artikel Lain

Anker diawali nama powerbank, tapi itu 10 tahun lalu. Sekarang hanya 10% dari pendapatan Powerbank, Anker lebih banyak menjual produk berkualitas dengan harga wajar dibanding produk original. Anker hanya satu merek dengan kualitas produk, sekarang memiliki merek lain untuk pasar global.

Suka minum alkohol, ada baiknya melihat penelitian ini. Data tahun 2012, sekitar 5,8% kematian akibat kanker di seluruh dunia. Temukan bukti hubungan antara sering minum dan terhubung ke kanker mulut, tenggorokan, laring, esofagus, hati, usus dan payudara.



Bagaimana kebiasaan membuka pintu kendaraan dapat menyelamatkan orang lain. Dapat mengikuti gaya membuka pintu masyarakat Belanda. Dimana mereka terbiasa membuka pintu kendaraan dengan tangan lebih jauh ke pintu mobil, dan menyempatkan dirinya melihat ke arah belakang.

Xiaomi Mi Air Purifier 2 alat pembersih udara. Mengunakan filter buatan Toray Jepang dan sensor Sharp untuk mengukur kualitas udara. Alat pembersih udara dapat mengukur secara realtime kondisi udara yang dikeluarkan dan ditampilka ke smartphone

Fayez al-Hindi seorang warga Palestina menciptakan alat penyulingan air bertenaga surya, dan menghasilkan air sehat yang dapat di minum. Fayez bisa membantu warga disekitar agar mereka bisa membuat air minum sendiri dengan bantuan cahaya matahari.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.