Radio FM, siapa yang tidak suka. Ketika jayanya menjadi frekuensi dengan musik stereo.

Frekuensi AM tidak dapat mengirim suara stereo, hanya FM yang paling diandalkan.

Tapi ketenaran frekuensi FM akhirnya memudar.

Norwegia menjadi negara pertama yang menghapus siaran radio FM. Lalu kemana siaran radio disiarkan, disini dimulai era digital yaitu radio digital. Perusahaan radio lokal dan regional sudah memindahkan siarannya ke DAB atau radio digital.

Transisi siaran radio analog FM akan berakhir di Norwegia, dan proses transisi akan selesai sebelum akhir tahun ini.

Norwegia menjalankan siaran radio FM dan DAB digital audio broadcasting sejak 1995. Kementrian kebudarayaan melihat sistem pendukung siaran radio FM menjadi mahal. Dan tidak mudah menjangkau penduduk 5 juta orang dan tersebar di seluruh daerah sampai pengunungan.

Negara Norwegia hentikan siaran radio FM

Dari sisi lain DAB lebih menjanjikan, karena kualitas suara digital,dan lebih jelas terdengar.

Setidaknya lebih dari 20 siaran radio digital dan 5 siaran radio FM yang masih adadi Norwegia. Perubahan siaran tersebut tidak berlaku bagi stasiun lokal yang terus menyiarkan sistem radio analog bila perusahaan radio masih menginginkan. Stasiun radio lokal ada yang mempertahankan siaran FM sampai 2022.

Kota pertama yang menghapus siaran radio FM adalah Bodo pada 11 Januari 2017, disusul di kota lain.
Sementara  teknologi DAB atau radio digital menjadi teknologi masa depan. Kebanyakan warga Norwegia tidak terlalu senang dengan aturan baru tersebut. sekitar 66% menentang pindahnya siaran radio FM ke DAB, hanya 17% saja yang mendukung.

Inggris mulai melakukan transisi dari FM ke digital, dan pendengar siaran radio digital sudah mencapai 50%. Pada tahun 2017 diperkirakan warga Inggris sudah mengunakan digital radio.