Video yang direkam oleh angkatan laut Chili menunjukan UFO terbang dengan perilaku tidak biasa.

Tetapi baru di publikasi setelah 2 tahun dipelajari oleh angkatan laut Chili.

Entah disebut UFO atau UAP, badan penerbangan melihat sebuah benda terbang yang tidak biasa. Pada tanggal 11 November 2015, sebuah helikopter milik angkatan laut Chile tipe Airbus Cougar AS-532 sedang melakukan misi patroli.

Perjalanan dilakukan sepanjang garis pantai, sekaligus menguji camera HD Forward Looking Infrared tipe WESCAM MX-15. Camera ini lebih umum digunakan untuk inteligen , pengawasan dan pengintaian.

Helikopter terbang di ketinggian 1500 meter siang hari, suhu 10 derajat C. Helikopter terang dibawah awan Stratuscumulos yang mencapai ketinggian 3500 meter. Heli terbang dengan kecepatan antara 250km perjam.

Pada gambar rekaman video UFO terlihat ketinggian posisi camera berada di 4500 kaki (1500 meter). Ttertanggal pada 11 November 2014 pada jam 1 siang dari data camera.

UFO sangat jelas dengan camera thermal inframerah di Chili resmi 
diumumkan angkatan udara Chile

Jam 1:52 siang ketika camera mulai membuat video bagian kontur bukit, tekniksi melihat benda terbang dari kir atas lautan. Kedua awak helikopter yang melihat juga mengakui melihat benda tersebut. Ketinggian benda yang dianggap UFO tersebut sama seperti ketinggian helikopter mereka.
Tapi jarak benda tersebut sekitar 55-65km jauhnya. Teknisi militer yang sedang mencoba camera sensor panas dan membuat rekaman video dan di perbesar (Zoom) untuk pengujian.

Rekaman 9 menit 12 detik, menghasilkan video hitam putih dan warna abu abu. Gambar tersebut hanya mengambil bentuk panas thermal dari sensor inframerah. Benda yang lebih gelap adalah benda yang memiliki panas.

Dibawah ini bentuk dan lintasan helikopter selama pengujian camera.

UFO tertangkap camera Infra Red oleh militer Chili 2014

Gambar diatas menunjukan bentuk datar dengan 2 cahaya (spotlight) seperti cerobong. Bentuk UFO tersebut seperti bentuk oval di antara garis horisontal.
Selama 2 tahun setidaknya pihak militer melakukan penyeledikan dengan penemuan mereka serta pertemuan 8 kali dengan anggota  komunitas sain CEFAA termasuk dari angkatan udara sebagai sumber informasi.

Peneliti Perancis mengatakan benda tersebut bisa berasal dari pesawat yang akan mendarat. Bisa saja dari jejak dari pesawat jet 2 mesin kelas menengah, atau pesawat membuang sesuatu ketika terbang.

UFO tertangkap camera Infra Red oleh militer Chili 2014

Astrofisikawan Barrera memberikan pendapat, mungkin ada sampah antariksa jatuh. Khususnya sampah dari satelit Rusia yang tidak tercatat. Tapi tidak menjelaskan bagaimana benda tersebut jatuh, karena benda yang jatuh harus kebawah atau vertikal, sedangkan gerakan di camera tersebut terlihat benda terbang mendatar

Tapi ahli dari Chili memberi pendapat berbeda, bila ada pesawat maka akan tampak di radar primer. Pilot menguhubungi 2 stasiun radar, satu dekat pantai dan satu lagi DGAC atau radar pengendali primer di Santiago. Dan melaporkan lalulintas yang tidak diketahui. Bahkan stasiun radar tidak dapat menditeksi keberadaan UFO tersebut. Dan tidak ada pesawat yang di ijinkan melintas di wilayah tersebut.
Mereka sudah mencoba menghubungi dengan komunikasi radio standar, tapi tidak berhasil.

Bagian menarik dengan UFO ini. Teknisi yang mencoba camera mencoba mengunci benda UFO. Tapi camera tidak dapat terkunci.

Dan pesawat udara tidak membuang sesuatu ke udara begitu saja ketika terbang. Bila disebut pesawat jet kecil dengan 2 mesin jet, tentu tidak akan membuang apapun sebanyak itu.

Badan meteorologi memberikan data, tidak ada balon udara yang dilepas pada waktu itu. Dan balon tidak bergerak horisontal seperti gerakan pesawat karena angin bertiup dari barat menuju pantai dan akan mengikuti arah angin.

Citra gambar yang ditangkap camera militer ini menunjukan suhu di benda tersebut mencapai 50 derajat Celcius. Bila benda tersebut sebuah drone, militer mengatakan tidak ada kerjasama dengan Amerika untuk latihan hari itu.

Militer Chili mengatakan benda tersebut tidak terpengaruh dengan angin. Dan mereka menyatakan, benda yang ditangkap camera asli. Karena diambil oleh 2 pasukan yang bertugas untuk pengujian camera thermal. Tapi pihak militer tidak mengesampingkan seperti adanya serangga, burung atau orang yang sedang terbang dengan hang glider.

Penampakan UFO selalu di perdebatkan. Walau kali ini sangat jelas tertangkap oleh camera canggih oleh militer Chile, tetap saja benda yang dianggap UFO tersebut belum dapat dipastikan.

Video ini direkam selama 9 menit oleh camera pengintai yang dibawah oleh helikopter. Pilot akhirnya kembali ke pangkalan, setelah objek yang direkam tidak dapat terkunci dan menghilang dibalik awan.



Angkatan udara Chile akhirnya menyerahkan rekaman dibawah ini ke CEFAA untuk diteliti. Setelah 2 tahun baru dipublikasikan ke publik. Penemuan ini mirip seperti bocoran Wikileak