Optane adalah storage memory untuk mengantikan SSD bahkan DRAM.

Ketika computer melakukan Boot, bermain game atau aplikasi akan bekerja lebih cepat dengan teknologi Intel Optane.

10x lebih cepat dibanding SSD, walau Intel belum mengeluarkan test real

Apa itu Optane.
Prinsip kerjanya dari teknologi 3D Xpoint. Dimana memory dibuat dalam 3 dimensi. Intel dan Micron yang mengembangkan teknologi ini. Storage kapasitas kecil ini seperti buffer memory.

Optane SSD akan dibuat dengan kapasitas besar, untuk menganti teknologi storage SSD.Berbeda dengan memory modul atau DRAM ketika computer dimatikan maka storage ikut hilang. Optane tetap mempertahkan data computer seperti computer di sleep tapi tanpa power.

Beberapa computer sudah dipasangkan dengan Optane. Lenovo ThinkPad T570 dijual seharga $909 dengan opsi 16GB Optane PCIe M.2 2242-S3.
Dell Precision dan OptiFlex baru tampil Juni, NUC Intel dengan NUC7i3BNH dan beberapa model lain siap mendukung Optane storage. SuperMicro juga mengumumkan motherboard SuperO untuk gaming dan bisnis dengan dukungan Optane.

Intel Optane buffer computer dengan teknologi 3D Point

Intel DC P4800X SSD kapasitas 376GB dengan bentuk Add-in Card, dipasang seharga $1.520 atau $4 perGB. Kapasitas lain menyusul dengan750GB dan 1,5TB, keduanya dibuat dalam format AIC dan U.2.
Intel memiliki SSD standar PC P3608, jauh lebih murah $1,64 perGB. Tapi DC P4800X memang SSD premium, ditujukan untuk server perusahaan.

Intel Optane DC P4800X
Untuk performa 5x lebih cepat dari SSD biasa, dengan 500 ribu IOPS, sedangkan SSD biasa umunnya 100K.

Apa yang menarik dari Optane
Dari Dell mengatakan Optane dapat menghadirkan teknologi harddisk kembali, dibantu dengan teknologi storage Optane sebagai buffer kedua. Computer dapat mengunakan storage besar, sedangkan Optame utama sebagai Cache untuk load OS dan aplikasi. Jauh lebih cepat dibanding SSD. Karena tranfer data dari Optane sangat dekat ke CPU. Solusi lebih murah seandainya penguna memilih storage harddisk dengan bantuan Optane.

Optane di motherboard memiliki opsi di BIOS. Dengan pilihan RAID / Optane Mode. Bila card Optane dipasang, pilihan Optane Mode akan membuat fungsi card Optane menjadi buffer harddisk atau SSD. Opsi tersebut tersembunyi di bagian setting modul M.2.

Motherboard mendukung Optane seperti seri motherboard MSI seri 200. Penguna dapat mengupgrade BIOS baru untuk menaktifkan Optane bila tersedia slot M.2

Optane dapat meningkatkan performa harddisk seperti SSD.
Intel siapkan Optane pada 24 April 2017. 2 modem M.2 dengan kapasitas 16GB $44 dan 32GB $77. Kedua card memiliki keepatan 1,2GB/s read dan 280Mb/s write. Memerlukan Windows 10, dan memory card menjadi primary cach driver untuk harddisk. Tekniknya seperti teknologi yang diperkenalkan Intel tahun 2011 dengan Smart Response Technology.
Saat ini harga SSD 128GB sekitar $50-60. Dengan harddisk dan Optane card, membuat kecepatan tranfer harddisk ke buffer dan computer setara SSD.

Kecepatan tranfer IO di Optane lebih stabil dengan rata rata 160K IOPS dan maksimum read mencapai 300K IOPS dan write 70K IOPS. Sebanding dengan kecepatan NVMe SSD. SSD SATA masih berada di kecepatan 80K IOPS, dan harddisk
Membutuhkan chipset baru setidaknya untuk computer dengan procesor generasi ke 5 atau chipset Intel 100.

Intel Optane Speed IOPS