Science | 25 December 2016

Black Hole atau Lubang Hitam ini dia bentuknya


Lubang hitam itu bukan lubang tapi sebuah benda yang sangat besar dan padat dan tidak terlihat

Ilmuwan memberi gambarkan lubang hitam atau black hole ada benda yang sangat besar.

Memiliki gravitasi sangat kuat, bahkan cahaya akan berbelok bila berada di dekatnya.

Dengan kata lain, tidak ada yang bisa lepas oleh kekuatan gravitasi benda ini. Bentukna disebut bulat seperti lubang hitam, tapi disana adalah sebuah benda yang mungkin hanya seukuran planet besar, tidak terlihat karena benda hitam ini tidak memantulkan cahaya. Bahkan cahaya yang ada disekitar benda ini malah diserap dan cahaya dapat berbelok menghilang.

Setiap galaksi secara umum memiliki sebuah lubang hitam super masif. Ukuran sangat besar dan menjadi inti di sebuah galaksi.

Lubang hitam yang jauh lebih kecil secara umum terbentuk akibat bekas bintang raksasa yang telah mati.

Tapi semua mengambarkan seperti dibawah ini. Lubang hitam adalah hitam, benda yang tidak bercahaya, tidak bisa dilihat. Dianggap tidak bercahaya karena apa yang ada di sekitar lubang hitam akan tertarik oleh gravitasi.

Gambaran lubang hitam seperti dibawah ini hanya ilustrasi. Bentuknya sampai saat ini belum diketahui..

Bentuk lubang hitam dalam ilustrasi

Tapi ukuran lubang hitam secara tepat tidak pernah diketahui. Apakah besar, sangat besar, atau jangan jangan mungkin kecil. Dan kita salah membayangkan lubang itu seperti bentuk lubang dari gambar di atas.

Peneliti dari universitas Arizone Dimitrios Psaltis mengambarkan seperti mencari satu disk DVD tapi diletakan di bulan, dan astronom harus mengamati benda sekecil itu di ruang angkasa.



Black Hole umumnya dikelilingi oleh benda lebih terang seperti bintang dan debu di sekitar, sehingga sangat sulit diamati.

Sebab itulah astronom tidak mencari dengan cara biasa seperti melihat langsung tempat lubang hitam untuk di observasi. Karena percuma saja melihat benda yang sebenarnya tidak bisa dilihat.

Peneliti lebih memilih melihat dampak yang ada di sekitarilubang hitam dengan meneliti radiasi yang dikeluarkan. Biasanya lubang hitam akan berada di sekitar debu dan bintang, bila terdapat spot amat sangat gelap. Disini diukur berapa banyak massa dari spot hitam tersebut. Sejauh ini benda astrofisika bila ada yang begitu besar dan gelap tapi tidak dapat dilihat dengan apa yang mereka ukur, dapat dipertimbangkan disanalah ada sebuah  lubang hitam.

Meneliti lubang hitam terbaik saat ini mengunakan peralatan teleskop ruang angkasa Chandra X-Ray. Teleskop X-Ray digunakan untuk menditeksi pancaran sinar X-Ray. Karena gesekan kecepatan tinggi yang keluar dari lubang hitam menghasilkan sinar-X.  Teleskop Chandra X-Ray pernah mendokumentasikan 2 galaksi yang bergabung yang jaraknya 26 juta tahun cahaya dari Bumi. Dan reaksi dari 2 galaksi betabrakan tersebut memperlihatkan cahaya berbeda dan diperkirakan berasal dari lubang hitam dari inti sebuah galaksi.

Teleskop Chandra X-Ray diteksi lubang hitam



Sama seperti radiasi sinar X dan gelombang suara kosmik yang dihasilkan di daerah kluster galaksi Perseus, menambah bukti aktivitas lubang hitam disana.

Black Hole di cluster Perseus

Cahaya biru dan emisi dibawah ini adalah bentuk dari lubang hitam di tengah galaksi kita.

Black Hole ditengah galaksi

Ciri lain tanda tanda keberadaan Black Hole, munculnya Jet. Jet adalah semburan dari debu dan gas yang masuk ke dalam lubang hitam dan terlempar kembali di ruang angkasa.

Black Hole mengeluarkan jet

Bentuk Jet lebih jelas seperti gambar dibawah ini. Terlihat jet begitu besar terlempar di atas dan bawah sebuah galaksi, bahkan membentang lebih besar dari ukuran galaksi sendiri. Gambar dibawah ini adalah jet yang muncul dari sebuah galaksi, letaknya 13 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Black Hole ditengah galaksi dengan jet lebih besar dari galaksi

Video timelapse dibawah ini dibuat dari hasil observasi 16 tahun dan dirangkai dalam bentuk video dengan durasi singkat. Beberapa bintang ditengah terlihat bergerak dari lambat dan bergerak sangat cepat sampai 32 juta kali dan terlihat mengitari (mengorbit) sebuah benda yang tidak terlihat. Kemungkinan besar bintang tersebut memang mengitari sebuah lubang hitam.



Dengan teknologi saat ini, keberadaan lubang hitam dapat diketahui. Tapi bentuknya tidak pernah terlihat. Para astronom masih menunggu jaringan teleskop terbesar di dunia yang disebut Event Horizon Telescope selesai. Pemasangan teleskop sudah dimulai beberapa tahun lalu dan ditempatkan di beberapa negara. Seperti Hawai, Amerika, Eropa dan Amerika Latin

Teleskop EHT adalah teleskop radio yang menangkap gelombang frekuensi. Yang pertama akan diamati adalah lubang hitam di tengah galaksi, peneliti mengatakan lubang hitam disana belum tentu sebesar perkiraan kita. Mungkin hanya memiliki diameter 24 juta km atau 17x lebih besar dari matahari dan jarak 25 ribu tahun cahaya dari Bumi.
Target kedua adalah galaksi Messier 87 dimana lubang hitam disana diperkirakan lebih besar, dan diketahui masih mengeluarkan jet plasma ke ruang angkasa.

2 lubang hitam bersembunyi ditengah galaksi
Daniel Stern dari Nasa menampilkan fenomena yang ditemukan di sekitar kita dengan ukuran sangat besar. Mengunakan teleskop array Nuclear Spectroscopic, 2 lubang hitam  NGC 1448 dan IC 3639 berada sekitar 12 megaparsec dan 54 mega parsec dari kita. Atau sekitar 39 juta dan 176 juta tahun cahaya jauhnya.
Kelihatannya lubang hitam ini tidak terlalu dekat. Tapi antara jarak galaksi, NGC 1448 adalah salah satu lubang hitam paling menyala (terlihat dari teleskop X-ray). Keduanya tidak akan membuat masalah bagi galaksi kita bahkan bumi.

Click gambar untuk memperbesar



Lubang hitam terdekat di sekitar Bumi

Perimeter Institute for Theoretical Physics mengunakan teknik pergerakan cahaya yang ditutup oleh black hole untuk mengetahui adanya sebuah black hole. Tanda adanya black hole ketika terjadi microlensing, terlihat bila adanya cahaya bintang atau benda di belakang black hole tiba tiba cahaya melengkung. Dan teknik terbaru mengunakan teleskop radio untuk melihat pergerakan sinyal di ruang angkasa. Menemukan dimana sebuah lubang hitam berada, dengan teknologi saat ini dapat diketahui.



Artikel Lain

Mengapa objek di ruang angkasa dapat muncul 2-3 kali di tempat yang sama, objek sama muncul kembali 16 tahun kemudian. Distorsi gravitasi Black Hole, dapat membelokan cahaya. Sekarang diketahui penjelasan matematika, cahaya terbukti tidak hanya berbelok, tapi dapat berputar.

Bintang ketika melintas ke lubang hitam supermasif, apa bernasib sama dan hancur. Simulasi supercomputer menunjukan hal berbeda. Ada faktor yang mempengaruhi sebuah bintang akhirnya total dihancurkan gravitasi lubang hitam, tapi bintang dapat bertahan dan kembali seperti biasa.



Tugas Kepler telah berakhir mencari planet. Terkumpul 678GB data, mendokumentasikan 61 supernova, menemukan 2662 planet, dipublikasikan hampir 3000 dalam dokumen jurnal sain. Setelah bertugas hampir 10 tahun di ruang angkasa. Tugas Kepler selesai, dan terbang di ruang angkasa mengorbit ke matahari, baru kembali ke dekat bumi tahun 2071

Ketika teleskop melihat di ruang angkasa dan mendapatkan gambar seperti ini. Apakah ada yang mengirim gambar sebuah wajah sedang tersenyum. Mungkin akan terasa aneh atau senang. Inilah yang didapatkan oleh Teleskop Hubble. Ketika teleskop Hubble mengamati sebuah galaksi SDSS J0952+3434

Sebuah bintang MWC 758 adalah bintang muda yang baru lahir. Dan sedang membentuk tata surya, terlihat terdapat sebuah cincin dengan 2 lingkarang yang menyala. Cincin tersebut adalah calon protoplanet, setidaknya sudah tampak 2 planet baru akan hadir di orbit bintang MWC 758

Kami tidak tahu apakah ada orang yang melihat secara langsung ketika terjadi ledakan yang sangat terang tersebut. Sumber cahaya GRB 080319B berasal dari benda yang jauhnya 7,5 miliar tahun cahaya. Atau ledakan yang tercatat tersebut di tahun 2008 berasal dari ledakan 7,5 miliar tahun lalu.

Seberapa luas alam semesta ini. Angka perkiraan 250x lebih besar dari perkiraan sebelumnya. Berapa luas alam semesta tepatnya. Manusia saat ini hanya mampu melihat terjauh 46 miliar tahun cahaya dari titik awal alam semesta. Lebar alam semesta diperkirakan mencapai 92 miliar tahun cahaya dengan teknologi saat ini.



Apakah semua bintang memiliki ukuran bulat sempurna. Tidak semua bintang, ketika bintang memiliki putaran sangat cepat. Bentuknya menjadi oval bahkan seperti telur. Bintang J0406 putaran yang sangat cepat ditemukan, bintang tersebut terlempar.

Pada tahun 1437 seorang astronom melihat cahaya seperti bintang meledak, tapi menghilang setelah 2 minggu kemudian. Misteri hilangnya cahaya bintang tersebut menarik dipelajari kembali, sampai peneliti dapat menjawab apa yang terjadi pada tahun tersebut.

Bintang GJ 625 adalah bintang tipe M atau kategori matahari kerdil. Hanya 21 tahun cahaya dari Bumi. Disana terlihat adanya planet berukuran 2,82x lebih besar dari Bumi. Atau disebut juga super earth. Tapi orbit planet tersebut berada di posisi tepat, atau zona habitat.

Ilmuan mengunakan Wide Field camera 3 untuk mempelajari panjang gelombang inframerah dan mencari tanda tanda adanya air. Bagaimana ilmuwan mengetahui apakah planet seperti bumi dengan ukuran memiliki air, gas CO, metana bahkan ukurannya



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.