Filter camera astronomi ini beda. Bukan untuk filter foto biasa, tapi foto antariksa.

Pabrikan asal Taiwan membuat filter STC Astro-Multispectra Clip, filter dipasangkan di dalam bodi camera dan bukan di depan lensa.

Mengapa filter tipe STC Astro-Multispectra Clip menarik bagi kalangan astronomi. Kondisi polusi cahaya kota membuat foto tampak kuning, atau cahaya berlebihan yang tidak perlu masuk ke sensor.

STC Astro-Multispectra Clip filter dipasang tepat di depan cermin camera, agar cahaya yang masuk dapat di saring sebelum jatuh tertangkap oleh sensor.

Filter ini juga menarik, karena dirancang dengan sistem clip. Artinya dapat dilepas pasang, dan pemasangan seperti clip-on. Sensor ditaruh di depan kotak sensor camera.

Apa fungsi STC Astro-Multispectra Clip, sensor dapt mengurangi gelombang cahaya buatan (cahaya kota). Dan meningkatkan daya tangkap cahaya dengan spektrum Ha, Hß, OIII dan SII dimana spektrum teresbut dihasilkan dari cahaya bintang atau nebula.

Seperti gambar dibawah ini, kiri camera tanpa filter dan kanan dengan filter multispectra. Pada gambar sisi kanan terlihat cahaya yang ditangkap sensor lebih jelas, dengan kelompok bintang, atau menangkap gas nebula lebih terlihat.
Gambar kiri, pantulan cahaya dari kota, akan menganggu hasil foto. Membuat foto terlihat lebih terang dan menutup objek bintang atau objek antariksa

STC Astro-Multispectra Clip photo sample

Pemasangan filter untuk astrofotografi STC Astro-Multispectra Clip, hanya dibuat untuk sensor camera Canon dan Nikon sensor Full Frame
Seperti gambar dibawah ini, filter dipasangkan di bagian kota sensor, dan bentuk filter seperti kotak kecil yang di sisipkan di tepat di belakang mounting camera

Filter STC Astro-Multispectra Clip untuk camera astronomi

Spesifikasi sensor filter STC Astro-Mltispectra Clip

5D Mark II / 5D Mark III / 5Ds / 5Dsr / 6D
Nikon Available camera D4 / D4s / D800 / D800E / D810 / D750 / D600 / D610 / DF
Material 2mm Schott® B270 Glass,304 (A2) Stainless Steel
Weight 9g
Spectrum 400~700nm
Water drop contact angle >110 degree
Multiple coating Both-sided, total 160 layers
Origin Taiwan
Passed RoHS 2.0

Filter lain dengan STC Astro-Multispectra dibuat seperti filter biasa. Tersedia untuk ukuran 48mm dan 77mm. Mengunakan material Schott B270.

Filter STC Astro-Multispectra Clip untuk camera astronomi

Informasi lebih lanjut dapat dilihat via Stcoptics.com/en

Foto astronomi dapat dilihat di Google Photo Galaksi Bima Sakti