Filter STC Astro-Multispectra Clip foto filter camera astronomi


Kategori : Product | Date : 23 December 2016
Filter camera foto astronomi dengan STC Astro-Multispectra
Filter camera astronomi ini beda. Bukan untuk filter foto biasa, tapi foto antariksa.

Pabrikan asal Taiwan membuat filter STC Astro-Multispectra Clip, filter dipasangkan di dalam bodi camera dan bukan di depan lensa.

Mengapa filter tipe STC Astro-Multispectra Clip menarik bagi kalangan astronomi. Kondisi polusi cahaya kota membuat foto tampak kuning, atau cahaya berlebihan yang tidak perlu masuk ke sensor.

STC Astro-Multispectra Clip filter dipasang tepat di depan cermin camera, agar cahaya yang masuk dapat di saring sebelum jatuh tertangkap oleh sensor.

Filter ini juga menarik, karena dirancang dengan sistem clip. Artinya dapat dilepas pasang, dan pemasangan seperti clip-on. Sensor ditaruh di depan kotak sensor camera.

Apa fungsi STC Astro-Multispectra Clip, sensor dapt mengurangi gelombang cahaya buatan (cahaya kota). Dan meningkatkan daya tangkap cahaya dengan spektrum Ha, Hß, OIII dan SII dimana spektrum teresbut dihasilkan dari cahaya bintang atau nebula.

Seperti gambar dibawah ini, kiri camera tanpa filter dan kanan dengan filter multispectra. Pada gambar sisi kanan terlihat cahaya yang ditangkap sensor lebih jelas, dengan kelompok bintang, atau menangkap gas nebula lebih terlihat.
Gambar kiri, pantulan cahaya dari kota, akan menganggu hasil foto. Membuat foto terlihat lebih terang dan menutup objek bintang atau objek antariksa

STC Astro-Multispectra Clip photo sample

Pemasangan filter untuk astrofotografi STC Astro-Multispectra Clip, hanya dibuat untuk sensor camera Canon dan Nikon sensor Full Frame
Seperti gambar dibawah ini, filter dipasangkan di bagian kota sensor, dan bentuk filter seperti kotak kecil yang di sisipkan di tepat di belakang mounting camera



Filter STC Astro-Multispectra Clip untuk camera astronomi

Spesifikasi sensor filter STC Astro-Mltispectra Clip

5D Mark II / 5D Mark III / 5Ds / 5Dsr / 6D
Nikon Available camera D4 / D4s / D800 / D800E / D810 / D750 / D600 / D610 / DF
Material 2mm Schott® B270 Glass,304 (A2) Stainless Steel
Weight 9g
Spectrum 400~700nm
Water drop contact angle >110 degree
Multiple coating Both-sided, total 160 layers
Origin Taiwan
Passed RoHS 2.0

Filter lain dengan STC Astro-Multispectra dibuat seperti filter biasa. Tersedia untuk ukuran 48mm dan 77mm. Mengunakan material Schott B270.

Filter STC Astro-Multispectra Clip untuk camera astronomi

Informasi lebih lanjut dapat dilihat via Stcoptics.com/en

Foto astronomi dapat dilihat di Google Photo Galaksi Bima Sakti

Situs Blue-Marble adalah kumpulan foto yang diambil dari pencitraan satelit. Foto yang dikumpulkan hanya foto pada malam hari. Fitur situs ini digunakan oleh fotographer bintang. Dimana kota dengan polusi cahaya paling terang, Indonesia nomor 1 Jakarta dengan cahaya lampu buatan paling terang.

Bagaimana merubah foto lama klise film negatif menjadi file foto digital. Mungkin ada yang tertarik menyimpan foto lama dari film negatif. Dengan mudah dapat dirubah menjadi foto positif mengunakan software. Dengan memanfaatkan camera, memindahkan foto negatif ke software dan dirubah menjadi foto positif yang dapat kita lihat.

Filter Nisi Pro Nano 1.5-5 menawarkan penurunan cahaya yang masuk ke lensa melalui filter dari 1,5 stop dan 5 variable stop. Membuat camera dapat mengekpos gambar lebih lama, dan mengurangi intensitas cahaya video. Kerapatan filter dapat diatur dengan memutar satu polarizer.



Seorang fotografer hanya belajar dalam 2 tahun. Memperlihatkan perbedaan foto amatir dan foto profesional. Philips membandingkan dua gambar ditempat sama dari karyanya sendiri, dan  foto setelah 2 tahun belajar. Tekniknya pencahayaan dan perpektif gambar hal penting dalam fotografi

Foto pesawat Sukhoi dan F-16 berlatih untuk acara HUT TNI AU ke 71. Diabadikan 5-6, 9 April 2017. 2 Sukhoi vs 2 F16

Mengabadikan galaksi di kota sangat berbeda dibanding daerah bebas cahaya, dimana daerah yang tepat. Foto galaksi Bima Sakti di atas Jakarta 4 Juli 2016 jam 1:45, inti galaksi yang tidak pernah kita lihat. Pada tanggal 18 April 2016, dengan mudah untuk membuat foto galaksi di tempat terang dari tengah kota. Teknik foto galaksi Bima Sakti

Bulan Mei 2016 ada kejadian unik dengan ruang angkasa, tapi bukan kejadian langka. Posisi planet Venus sebagai planet kedua terdekat dengan Matahari akan selalu berada di depan matahari bila di lihat dari Bumi. Bila memiliki camera, dengan lensa zoom. Bisa mengabadikan planet Merkurius ketika pagi hari atau sore hari



Bidang fotografi dikenal dengan filter. Sebuah kaca di depan lensa, berfungsi untuk menyaring cahaya yang masuk ke dalam lensa camera. Filter dibuat dalam berbagai model, dari Filter UV sampai Filter ND, atau filter untuk fungsi khusus seperti efek memecah cahaya.

Sigma mengeluarkan filter WR Ceramic Protector. Dapat melepas air dan tidak menempel di kaca depan, tidak mudah pecah seperti filter lensa biasa. Daya tahan sampai 10x lebih kuat dibanding pelindung filter biasa. Dan 3x lebih kuat dibandingkan filter dengan cat pelindung khusus.

Foto gedung di Jakarta tertutup kabut pada tanggal 9 Desember 2015. Bukan hanya di Dubai, membuat sebagian kota seperti hilang tersisa puncak gedung Ketika kota Jakarta berada di musim hujan dan tidak banyak kegiatan, beberapa gedung tinggi seperti tertutup awan pagi hari.

Rumus mengambil foto star dan galaksi. Terserah untuk single shot atau multi shot untuk foto stacker atau untuk foto Timelapse stargazer Rumus paling umum dipakai dengan lensa 16mm, f2.8, 25 detik, ISO 3200.

Belajar foto atrophotografi tidak di dominasi kalangan ilmuwan. Bisa dilakukan oleh kalangan amatir atau fotographer amatir. Beberapa objek memerlukan peralatan. Tapi objek bulan dapat menjadi langkah awal sebagai foto pertama. Karena tidak memerlukan peralatan khusus

Ingin membuat foto galaksi Bima Sakti disarankan mengunakan lensa 24mm atau lebih pendek lagi untuk focal length untuk camera sensor APS-C. Untuk Full Frame disarankan mengunakan 35mm atau lebih pendek. Untuk camera 4/3 paling susah, harus mengunakan lensa 16mm ke bawah.



Fotographer Colin Rich membuat video timelapse mengikuti musik . Beberapa video dibuat singkat hanya 1-2 detik, video lain memiliki durasi lebih panjang. Peralatannya lengkap dengan membawa FloatCam DC Slider

Media Airman Mag mendapat ijin masuk ke ruang teleskop Air Force Space Command. Teleskop di komplek ini untuk mengamati objek di sekitar bumi seperti satelit dan sampah diruang angkasa. Letaknya lebih dari 3000m dari permukaan laut, terletak di Haleakala.

Justin Ng masih memiliki foto pemandangan alam di Bromo yang menampilkan sisi dari galaksi. Justin bisa mengabadikan galaksi Bimasakti, awan Megallanic dan satu bintang Canopus. Itu di Bromo loh, dan fotonya masuk di website Space.com. Tidak mengunakan teropong, hanya camera saja


No popular articles found.