Film Passenger menceritakan perjalanan sebuah pesawat ruang angkasa Avalon raksasa membawa penduduk bumi migrasi ke tempat baru (Earth 2)

5000 orang (astronot) yang tinggal di pesawat. Tetapi perjalanan ke planet baru tersebut membutuhkan waktu 120 tahun yang disebut Homestead II.

Astronot yang tinggal harus ditempatkan diruang hibernasi agar tidak menua, dan tetap hidup di tempat tujuan. Seluruh penumpang di pesawat Avalon dibekukan, agar mereka tidak menjadi tua selama perjalanan 120 tahun perjalanan di ruang angkasa.

Film Passengers tentang perjalanan pesawat ruang angkasa selama 120 tahun

Sinopsis film Passenger dimulai ketika gangguan di pesawat ruang angkasa. Pesawat menabrak sebuah asteroid besar. Kapal ruang angkasa tidak masalah, tapi mengalami gangguan.

Sebuah kabin pendukung hidup terganggu, sistem rusak dan orang di dalamnya menjadi terbangun. Seorang astronot otomatis akan dibangunkan karena sistem modulnya mengalami masalah. Jim yang awalnya mengira pesawatnya akan tiba di planet Earth 2, sadar bahwa tidak ada orang lain yang dibangunkan kecuali dirinya.

Jim  mencoba mengirim pesan ke Bumi. Lalu dia membuat pesan video bahwa dia terbangun tapi tidak ada orang yang dibangunkan di pesawat. Selesai di click, Send dan pesan sudah terkirim

Dia menanyakan ke computer kapan pesannya dibalas. Computer menjawab, pesan sudah dikirim dan akan sampai di Bumi 19 tahun nanti. Dan Bumi akan mengirim balasan pesannya 36 tahun kemudian. Dan jawaban akan sampai ke anda pada 55 tahun terhitung mulai dari hari ini. Disini komunikasi dengan pesawat ruang angkasa yang berada sangat jauh dari Bumi. Sebuah perjalanan yang sangat jauh dengan jarak tahunan cahaya.

Film Passengers mengirim pesan ke Bumi

Gangguan selama perjalanan sebuah pesawat tidak sampai disana. Pesawat yang dapat ditinggali seperti bumi, gravitasi yang baik. Mendadak sistem mati dan gravitasi buatan hilang. Air kolam renang mendadak berubah menjadi bola air raksasa.

Film Passengers tentang perjalanan pesawat ruang angkasa selama 
120 tahunJim dan Aurora jurnalis yang terbangun dari Hypersleep. 2 orang terbangun dari kapal, tapi masih tersisa 90 tahun dari sisa perjalanan.

Aurora sebagai orang kedua yang terbangun menjadi khawatir, karena dia terbangun lebih awal. Bila masih 90 tahun lagi pesawat sampai dan dia akan tua lalu mati sebelum sampai di tujuan.

Keduanya panik karena sistem pod mereka gagal bekerja. Satu lagi pod juga membuat bangun Gus tekniksi kapal Avalon.

Selama perjalanan resiko seluruh penumpang akan mati, karena kapal yang terus berjalan tersebut rentan mengalami kerusakan. Sistem kapal yang lebih parah gagal bekerja satu persatu.

Mereka berusaha memperbaiki, seperti unit reaktor fusi yang sangat penting bagi pengerak pesawat. Bila sistem gagal bekerja dan kematian penumpang akan fatal. Atau tidak terbayang 5000 orang di sebuah pesawat ruang angkasa harus dibangunkan.
Dipastikan semua penumpang tidak akan mampu bertahan di dalam pesawat selama 90 tahun. Mereka bisa bertahan hidup sementara di dalam kapal, tapi tidak ada yang selamat sampai di tujuan. Makanan tidak akan mencukupi selama 90 tahun terakhir, oksigen dan lainnya.

Ketiga penumpang yang terbangun menjadi cemas bila mereka harus terus berada di kapal tanpa hibernasi. Dan harus menjaga kapal selama waktu perjalanan yang baru mencapai 1/3 waktu perjalanan.

Gus meninggal, dan tersisa 2 orang yang hidup diluar pod pendukung hidup. Peralatan pesawat mengunakan sistem otomatis. Tapi tidak seluruhnya bekerja sempurna. Sampai akhirnya bagian paling fatal dari mesin kapal yang terbakar. Bila meledak artinya semua tamat. Ternyata selama perjalanan terakhir, pesawat sudah mengalami masalah. Belajar dari Gus, keduanya berusaha memperbaiki pesawat yang tidak tiba tidak berfungsi. Hanya 2 orang harus berjuang mempertahankan sistem pesawat, atau ribuan orang harus hilang selamananya.

Cerita cinta keduanya agak berakhir tanpa cerita bahagia. Hanya satu pod yang bisa digunakan, siapa dari 2 orang terakhir yang harus masuk ke dalam pod untuk melewati waktu 90 tahun kedepan

Film Passengers malah sudah tampil di jaringan Torrent.

 

Apakah bisa membekukan manusia agar hidup lebih lama untuk menempuh perjalanan sangat lama. Film ini sebenarnya sudah mendekati kenyataan. Bila manusia berhasil ditidurkan, maka awak pesawat dapat saling bergantian bertugas. Walau di dalam film ini, semua staf diceritakan ditidurkan sampai dibangunkan kembali setelah sampai di tujuan.
Pengunaan teknologi hibernasi dapat dimulai dengan perjalanan ke planet Mars. Manusia dapat tidur untuk mengurangi sumber daya di dalam pesawat ruang angkasa, seperti oksigen atau makanan. Tapi tidak membekukan penuaan astronot. Perjalanan ke planet Mars memerlukan waktu hanya beberapa bulan. Dengan mengurangi barang bawaan dipesawat maka dapat dikurangi antara 52-78%