Bintang HIP68468 pernah memakan sebuah planet


Kategori : Science | Date : 20 December 2016
Bintang HIP68468 memiliki usia 6 miliar tahun, dan jaraknya 300 tahun cahaya dari Bumi.

Praktis bintang ini seperti kembaran matahari. Tapi bintang ini telah memakan planet yang ada di dekatnya, setidaknya 1 atau bahkan 2 planet yang mengorbit sangat dekat ke bintang.

Bintang ini mendapat julukan Death Star. Mengingat HIP68468 seperti matahari kita, jangan jangan suatu hari nanti matahari akan berulah seperti bintang ini.

Tim peneliti mengunakan teleskop ukuran 3,6 meter di observasi di La Silla. Mereka mengamati bintang HIP68468 ternyata memiliki kandungan 4x lebih banyak bahan lithium, dibanding usia bintang yang sama. Karena memiliki kandungan logam tahan panas lebih banyak dari biasanya, bahkan dari planet bumi yang berbatu. Peneliti menemukan melimpahnya deposit dari kandungan planet ada di atmofer bintang. Diperkirakan ukuran planet yang tertelan oleh bintang tersebut sekitar 6x massa Bumi.

Lithium hanya ditemukan di planet berbatu, walau diketahui bahan lithium juga berasal dari radiasi kosmik. Tapi bukan berada di dalam sebuah bintang.

Bintang HIP68468 pernah memakan sebuah planet

Mengapa peneliti mengatakan bintang ini telah menelan planet disekitarnya. Debra Fischer seorang profesor Astronomi Yale mengatakan seperti ini. Bila melihat seekor kucing berada di dalam sangkar burung, dan di mulutnya terdapat bulu burung. Jangan jangan kucing tersebut sudah memakan burung yang ada di dalam sangkar.

Apakah matahari akan menelan planet di depan planet bumi. Jacob Bean asisten profesor Astronomi Astrofisika Chicago. Di antariksa kehancuran dapat terjadi kapan saja, bila sebuah planet tergeser oleh benda lait seperti planet berukuran lebih besar. Mungkin planet tersebut nyasar ke dalam bintang induknya.

Bagaimana dengan planet Merkurius dan Venus serta Bumi. Nasibnya akan sama, tapi tidak seperti bintang ini. Hanya nanti sekitar 5 miliar tahun kedepan dan berbeda kisahnya dengan planet di bintang HIP6846.
Bumi mungkin keluar dari daftar ketika matahari membengkak.Tapi kita tidak dapat menghitung secara tepat, setidaknya bumi tetap saja menjadi planet mati setelah 7,5 miliar tahun.

Kita mungkin sudah pergi ketika matahari memasuki fase raksasa merah, dan waktunya sekitar 1,5 miliar tahun kedepan maka bumi bukan menjadi planet ideal untuk kehidupan dan planet ini menjadi gersang dengan kekosongan.



Antariksa menjadi misteri. Kadang terjadi pelanggaran yang luar biasa. Dari bintang raksasa yang meledak, planet atau bintang yang dapat terlempar dari orbitnya, sampai radiasi gamma yang mematikan dapat dipancarkan bintang neutron. Dan semuanya dapat di dalam galaksi kita. Bumi masih menjadi tempat paling aman bagi manusia, akibat perlindungan dari radiasi angin matahari sendiri. Walau suatu hari nanti, matahari akan tamat dan juga memusnakan seluruh isi tata surya kita.

M3 adalah gugus bola paling terang yang dapat diamati oleh teleskop. Ada sebagian bintang berwarna biru terang. Artinya usia bintang tersebut lebih mudah dan lebih aktif dibanding bintang lain di sebelahnya. Tidak sampai disana, bintang bintang tersebut layaknya bintang vampire. Dan mencuri gas hidrogen dari bintang yang lebih tua.

Sebuah bintang pulsar bergerak dengan kecepatan 1100 km perdetik. Bagaimana bintang pulsar tersebut dapat berpindah di galaksi Bima Sakti. Dan mendorong bintang pulsar tersebut sampai keluar dari tempatnya berasal akibat sebuah supernova. Jejak bintang pulsar dapat dipelajari dengan teleskop Fermi.



Sebuah bintang dan tata surya terbentuk dari kumpulan debu dan gas. Cakram akan membentuk planet dan mengelilingi sebuah bintang yang telah lahir. Tapi di bintang MM ada 2 bintang, satu bintang MM 1a menjadi pusat, sedangkan MM 1b menjadi bintang biner kedua dengan ukuran lebih kecil. Peneliti mengatakan bintang MM 1b lahir di tempat yang seharusnya terbentuk planet.

Sistem bintang Eta Cariane diperkirakan 170 tahun lalu terdiri dari 3 bintang. Tapi salah satu bintang telah memasuki masa akhir. Ketika mulai membengkak satu bintang yang akan hancur, gas tertarik oleh bintang disebelahnya. Bintang tersebut mencuit dan terlempar keluar. Perjalanan keluar dari duet biner bintang malah membawa satu bintang yang lebih jauh tertarik masuk ke orbit sampai lebih dahulu lalu meledak menjadi nebula.

Bintang LL Pegasi dalah bintang raksasa merah yang sudah sekarat. Menjelang masa akhir sebelum bintang tersebut menghancurkan dirinya sendiri. Bintang LL Pegasi terlihat seperti membuat lingkaran gas, tapi ulah tersebut disebabkan bintang kembar yang mendampingi.

Miika Pursiainen dari University of Southampton menunjukan penemuan baru dalam presentasi bersama ESA dan ilmu ruang angkasa pada 3 April lalu. Sesuatu yang sangat terang terjadi. Tapi bukan ledakan sebuah bintang atau dikenal dengan nebula. Ilmuwan mengapa cahaya yang mendadak terang terjadi.

Bintang HD 240430 adalah sebuah tata surya dimana disana terdapat 2 bintang biner. Peneliti percaya 15 planet seukuran bumi ditelan oleh salah satu bintang. Apa penyebab planet akhirnya masuk ke dalam bintang. Penelitian ini mirip seperti sejarah Yunani dengan dewa Kronos



Letak bintang K2-138 berada 620 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Dari perkiraan awal sekitar 5 planet, tapi mungkin saja ada 6. Pertama kali dalam sejarah astronomi. Sekelompok tim astronom berhasil menemukan beberapa planet dalam sebuah tata surya.

Ukuran bintang kerdil umumnya hanya ditemukan planet berbatu seperti planet seukuran Bumi atau lebi kecil. Karena sebuah bintang kerdil yang memiliki ukuran mungil tidak akan memiliki kelebihan bahan untuk membentuk planet yang besar. Planet NGTS-1b seharusnya tidak ada disana

Cluster Gaia 1 adalah kumpulan bintang yang berkelompok di dalam satu area. Dan pertama kali ditemukan atau teridentifikasi Mei 2017. Kelompok bintang tersebut tidak berada di dalam galaksi, tapi di atas piring galaksi Bima Sakti

Apakah semua bintang memiliki ukuran bulat sempurna. Tidak semua bintang, ketika bintang memiliki putaran sangat cepat. Bentuknya menjadi oval bahkan seperti telur. Khususnya bintang dengan rotasi dalam hitungan jam. Seperti apa bintang dengan bentuk telur

Apakah Supernova. Sederhananya sebuah bintang yang meledak adalah Supernova. Bila letaknya tidak jauh dari Bumi akan tampak cahaya sangat terang. Apakah ledakan bintang berbahaya bagi manusia di Bumi, berapa jarak aman kembali di revisi

Nebula NGC 2438 atau nama lain Rotten Egg diabadikan teleskop Hubble. Awan kuning yang terlihat pada gambar adalah semburan materi dari sebuah bintang. Mengapa benda ini disebut Planetary Nebula

Tim ASAS-SN bahkan tidak terlalu yakin apakah cahaya yang mereka dapatkan berasal dari sebuah supernova. Bila benda tersebut adalah ledakan bintang supernova, menjadi ledakan paling kuat saat ini. Bila dihitung ledakan cahaya tersebut mencapai 570 miliar kali lebih terang dari matahari, dan setara 20 kali lebih terang dari sumber bintang di galaksi Bima Sakti.

Ditemukan bintang yang mengeluarkan gelombung gas plasma. Tidak gelembung biasa dipermukaan tapi seperti menembak keluar dari bintang. Dan ukurannya sangat besar mencapai 2x ukuran planet Mars. Bola api panas yang keluar menjadi teka-teki para astronom. Karena tidak biasa bintang bisa mengeluarkan gas plasma.

Beberapa benda paling berbahaya bahkan mematikan di alam semesta. Magnetar, lubang hitam dan tabrakan antar galaksi. Magnetar adalah bintang yang berubah menjadi magnit sangat kuat. Sedangkan Black Hole memiliki kekuatan daya gravitasi paling besar di alam semesta ini.



Sebuah tata surya , disana terdapat 2 bintang. Satu bintang dengan nama IRAS 08544-4431 akhirnya meledak dan tamat riwayatnya. Tetapi peneliti menemukan sesuatu yang aneh. Apakah akan muncul generasi planet kedua

Sebuah bintang berukuran kecil atau disebut White Dwarf ditemukan sebagai bintang unik. Peneliti dari Warwick melihat dibintang yang sudah mati tersebut terlihat cincin berwarna merah. Cincin tersebut terbentuk akibat bintang tersebut hancur, dan cincin yang terlihat adalah sampah seperti batuan dan debu mengelilingi bintang.



No popular articles found.