Bintang HIP68468 memiliki usia 6 miliar tahun, dan jaraknya 300 tahun cahaya dari Bumi.

Praktis bintang ini seperti kembaran matahari. Tapi bintang ini telah memakan planet yang ada di dekatnya, setidaknya 1 atau bahkan 2 planet yang mengorbit sangat dekat ke bintang.

Bintang ini mendapat julukan Death Star. Mengingat HIP68468 seperti matahari kita, jangan jangan suatu hari nanti matahari akan berulah seperti bintang ini.

Tim peneliti mengunakan teleskop ukuran 3,6 meter di observasi di La Silla. Mereka mengamati bintang HIP68468 ternyata memiliki kandungan 4x lebih banyak bahan lithium, dibanding usia bintang yang sama. Karena memiliki kandungan logam tahan panas lebih banyak dari biasanya, bahkan dari planet bumi yang berbatu. Peneliti menemukan melimpahnya deposit dari kandungan planet ada di atmofer bintang. Diperkirakan ukuran planet yang tertelan oleh bintang tersebut sekitar 6x massa Bumi.

Lithium hanya ditemukan di planet berbatu, walau diketahui bahan lithium juga berasal dari radiasi kosmik. Tapi bukan berada di dalam sebuah bintang.

Bintang HIP68468 pernah memakan sebuah planet

Mengapa peneliti mengatakan bintang ini telah menelan planet disekitarnya. Debra Fischer seorang profesor Astronomi Yale mengatakan seperti ini. Bila melihat seekor kucing berada di dalam sangkar burung, dan di mulutnya terdapat bulu burung. Jangan jangan kucing tersebut sudah memakan burung yang ada di dalam sangkar.

Apakah matahari akan menelan planet di depan planet bumi. Jacob Bean asisten profesor Astronomi Astrofisika Chicago. Di antariksa kehancuran dapat terjadi kapan saja, bila sebuah planet tergeser oleh benda lait seperti planet berukuran lebih besar. Mungkin planet tersebut nyasar ke dalam bintang induknya.

Bagaimana dengan planet Merkurius dan Venus serta Bumi. Nasibnya akan sama, tapi tidak seperti bintang ini. Hanya nanti sekitar 5 miliar tahun kedepan dan berbeda kisahnya dengan planet di bintang HIP6846.
Bumi mungkin keluar dari daftar ketika matahari membengkak.Tapi kita tidak dapat menghitung secara tepat, setidaknya bumi tetap saja menjadi planet mati setelah 7,5 miliar tahun.

Kita mungkin sudah pergi ketika matahari memasuki fase raksasa merah, dan waktunya sekitar 1,5 miliar tahun kedepan maka bumi bukan menjadi planet ideal untuk kehidupan dan planet ini menjadi gersang dengan kekosongan.

Antariksa menjadi misteri. Kadang terjadi pelanggaran yang luar biasa. Dari bintang raksasa yang meledak, planet atau bintang yang dapat terlempar dari orbitnya, sampai radiasi gamma yang mematikan dapat dipancarkan bintang neutron. Dan semuanya dapat di dalam galaksi kita. Bumi masih menjadi tempat paling aman bagi manusia, akibat perlindungan dari radiasi angin matahari sendiri. Walau suatu hari nanti, matahari akan tamat dan juga memusnakan seluruh isi tata surya kita.