Smartphone dengan baterai tahan lama, dan paling boros


Smartphone | 14 January 2013

Tip sederhana untuk menghemat power baterai smartphone

Contoh dari test Screenshoot pada gambar.
Sebuah smartphone dengan kondisi baterai baru, kekuatan 1.500mAh. Tetap aktif selama 1 hari 13 jam. Dan masih tersisa sekitar 3% power baterai sebelum baterai benar benar habis.

Membuat smartphone hemat baterai seperti ini, pemilik smartphone harus mematikan semua koneksi hardware dan internet, hanya tersisa siynal untuk telepon saja yang dibiarkan aktif. Artinya smartphone hanya diaktifkan untuk menerima SMS dan telepon. Tentunya agak lucu, memiliki smartphone malah seperti ponsel. Hanya untuk SMS dan telepon saja. Tetapi ada cara untuk membuat baterai smartphone mampu bertahan lebih lama. Sebagian perangkat akan berada di posisi Sleep.

Untuk melihat grafik dibawah ini pilih Setting -> Application -> Battery Usage. Click gambar grafik dibagian atas.



Tip menghemat baterai smartphone.
Pertama, mengunakan WIFI untuk akses internet yang diatur dengan mengaktifkan power saving. Perangkat WIFI hanya aktif ketika layar smartphone menyala, mengambil data seperti email, chatting dalam 1 menit selama layar smartphone aktif. Lalu mati kembali ketika layar smartphone ke posisi idle.
Sistem power saving di smartphone dibuat ketat, semua hardware akan non-aktifkan bila tidak digunakan setelah power baterai mulai drop pada kapasitas 70%.

Kedua, tidak mengunakan 3G / GRPS untuk data dan hanya membuka aplikasi Chatting, beberapa menit browsing. Dengan kondisi baterai masih prima, kemampuan baterai smartphone bisa saja bertahan lebih dari 24 jam. Tetapi jangan diaktifkan terus menerus. Tidak ada pesan masuk, kenapa harus di aktifkan nonstop. Kecuali pemilik smartphone perlu untuk terus terhubung ke jaringan internet seperti 4G atau 3G.

Bila memerlukan koneksi paket data dari provider telekom. Gunakan aplikasi 3G Manager Battery Saver, perangkat koneksi 3G/GPRS hanya aktif dalam beberapa menit setelah layar smartphone menyala. Aplikasi akan mematikan / nonaktifkan kembali koneksi GPRS/3G setelah beberapa menit aktif (bisa diatur durasinya) sampai  layar smartphone di off. Ketika layar smartphone aktif, aplikasi akan membangungkan perangkat GPRS/3G dan terhubung ke internet kembali. Aplikasi chatting, email dan lainnya yang sudah di install akan ikut aktif dan mengambil data. Sementara anda melihat pesan masuk atau membalas, setelah selesai maka layar akan mati kembali dan software dapat mematikan koneksi 3G. Jadi perangkat nirkabel atau wireles tidak akan memakan power ketika layar smartphone off. Masalahnya pemilik smartphone tidak bisa memonitor terus menerus pesan yang masuk, karena signal GPRS/3G untuk koneksi internet dimatikan oleh aplikasi ini. Mengapa aplikasi 3G Manager Battery Saver lebih ampuh untuk menonaktifkan secara otomatis koneksi 3G/GPRS. Karena di smartphone, fitur power saving tidak bisa mengatur koneksi 3G. Aplikasi ini dapat membantu mematikan perangkat 3G untuk sementara tidak digunakan.

Aplikasi 3G Manager dapat mengatur waktu untuk mematikan paket data dari GPRS, dan mengaktifkan koneksi 3G pada jam tertentu seperti siang hari.





Membuat koneksi 3G/ GPRS tidak terus stand-by dan menghabiskan power baterai. Fitur mematikan 3G di Android berbeda seperti mematikan WIFI di power saving. Jadi perlu dibantu dengan aplikasi lain seperti 3G Manager Battery Saver.

Hal yang memboroskan baterai smartphone ada di Hardware, dan Software (Aplikasi).
Hardware seperti GPS, 3G, WIFI dan Bluetooth akan mengunakan baterai terlalu banyak walau tidak dipakai, karena hardware ini akan stand-by menunggu digunakan. Perangkat tersebut bisa dimatikan untuk menghemat pemakaian baterai.
Untuk aplikasi yang tidak perlu, bisa di nonaktifkan dari smartphone untuk menghemat baterai. Jangan menginstall terlalu banyak aplikasi yang tidak dipakai. Gunakan Start-up Manager bila diperlukan agar aplikasi tidak di Load ketika smartphone dinyalakan.


Perangkat di smartphone yang cukup menguras power baterai.
  • WIFI biasanya terus aktif dirumah atau ketika berjalan jalan di mall serta santai di restoran / kafe. Bila tidak berkepentingan dengan jaringan WIFI, untuk sementara bisa di off
  • 3G / GPRS untuk koneksi internet akan aktif walau tidak terpakai. Perangkat di dalam chip terus stand-by dan bekerja mengambil power baterai
  • GPS pasti akan mengambil power baterai, ditambah aplikasi dari smartphone untuk GPS akan memeriksa signal penerimaan satelit navigasi. GPS sebaiknya selalu di Off bila tidak ada aplikasi yang mengunakan.
  • Terakhir layar smartphone, paling memboroskan baterai bila diaktifkan terus. Tentu tidak semua orang mengaktifkan layar tetap on. Tetapi menonton, melihat browsing, akan lebih cepat menghabiskan baterai smartphone.
  • Sebagian perangat diatas diaktifkan melalui aplikasi yang ada atau sudah terinstall di smartphone.

Beberapa tip menghemat baterai smartphone dibawah ini

Periksa di bagian smartphone Android apakah Power Saving sudah di aktifkan
Setting - PowerSavingMode.
Aktifkan power saving di smartphone. Pilih perangkat yang tidak perlu aktif ketika layar smartphone dimatikan atau menonaktifkan hardware seperti WIFI, GPS dan lainnya ketika kondisi baterai mencapai kapasitas tertentu.




Matikan aplikasi yang tidak dipakai, khususnya aplikasi Bloatware
Di smartphone selalu di install aplikasi yang tidak perlu dari pabrikan. Aplikasi yang diberikan gratis tersebut terkadang tidak diperlukan.
Bisa matikan bila tidak dipakai.
Pilih Setting -  Applications - Running Service
Lihat saja daftar, kalau tidak dipakai tapi muncul di daftar. Di click lalu tekan Stop. Atau gunakan Start-up Manager untuk di disable.



Periksa aplikasi apa yang paling boros mengunakan baterai


Setting - Applications - BatteryUsage
Lihat saja pada daftar apa saja aplikasi yang memakan power paling banyak. Bila tidak perlu, di un-install atau dimatikan sementara waktu.




Matikan fitur Sync bila tidak diperlukan
Setting - Account and Sync
Ada beberapa menu penting dibagian atas, Background Data dan Auto Sync
Background data bekerja untuk update otomatis. Boleh diaktifkan bila memiliki beberapa akun email, Facebook, Google+. Agar update dapat dilakukan di smartphone.
Bagian baris kedua ada yang disebut Auto-Sync. Fungsinya melakukan sinkronisasi dari data server berbagai akun seperti Whatsapp, Cloud Storage dan lainnya. Fitur ini bisa dimatikan, karena tidak banyak diperlukan bila pemilik smartphone tidak perlu mengambil datai dari akun seperti foto Picasa dan lainnya.
Kedua fitur ini agak tidak jelas fungsinya. Intinya Background Data adalah fungsi umum. Terkadang pembuat aplikasi mengabaikan fitur ini. Dan sengaja mengaktifkan koneksi. Tetapi bissa di blok untuk tidak mengambil data dengan memutuskan koneksi internet dari WIFI dan 3G.



Untuk OS Kit Kat Android 4.4+
Tambahan tip untuk menghemat baterai di OS Android Kit Kiat
Beberapa smartphone seperti HTC dan Samsung memiliki fitur Ultra Power Saving, aktifkan fitur tersebut. Settings > Battery Settings > Power
Bila mengunakan Google Now. Matikan Location History dari bagian setting aplikasi Google Now.

Hal ini seperti ini menjadi kendala sebuah smartphone menjadi boros. Walau sudah di hemat dengan teknologi terbaru seperti procesor hemat power, layar OLED dan lainnya. Tetap saja baterai smartphone hanya mampu bertahan kurang dari satu hari.

Dan semakin banyak aplikasi yang aktif, akan membuat smartphone lemot bahkan lambat sekali (khususnya smartphone low end). Khususnya smartphone kelas bawah umumnya hanya memiliki RAM 512MB. Membuat penguna lebih banyak menunggu dan membiarkan layar tetap aktif.
Kecuali smartphone high end yang memiliki jumlah core lebih banyak biasanya masih terlihat mulus bekerja walau aplikasi banyak yang aktif.

Cobalah matikan fitur semua koneksi dan sisakan jaringan GSM untuk menelpon dan SMS saja.. Anda bisa melihat kemampuan smartphone tetap menyala sampai 2 hari bila tidak digunakan untuk internet. Jadi yang membuat baterai boros adalah kebutuhan pengunanya. Bukan smartphone yang kuat baterai atau hemat baterai.

Bila tidak terlalu penting mengunakan internet tetapi tetap ingin terhubung secara berkala. Bisa mengunakan aplikasi power saving. Aplikasi Power Saving bisa di lihat di play.google.com dan install. Cobalah beberapa aplikasi terbaik menurut anda. Carilah aplikasi gratis, cukup tersedia aplikasi yang bagus untuk menghemat baterai.

Sistem aplikasi Power Saving akan mematikan perangkat yang tidak digunakan. Misalnya ingin mematikan WIFI di smartphone dalam kurun waktu tertentu, hari hari tertentu serta jam tertentu. Bisa diatur oleh aplikasi Power Saving. Seperti Deep Sleep Battery sudah lumayan baik, karena dapat mengatur kapan saja hardware tetap aktif. Tetapi paling mudah, tetap mengunakan fitur Power Saving dari Smartphone yang sederhana tanpa perlu menginstall aplikasi lain

Hati hati memiliki aplikasi power saving untuk di install ke Smartphone. Terkadang tidak berguna bahkan merepotkan bagi anda yang intensif mengunakan smartphone + internet. Beberapa aplikasi sangat agresif mematikan peralatan di smartphone. Menghemat baterai tapi malah mematikan semua peralatan di smartphone.

Tip untuk pemula, cobalah mengaktifkan Power Saving di smartphone untuk mematikan perangkat WIFI, GPS, Bluetooth yang tidak sering digunakan dan setting maksimum Power Saving. Bila ingin melihat pesan Chatting, tinggal di tekan tombol tengah. Dan WIFI akan aktif untuk sementara waktu lalu smartphone kembali ke mode Sleep dalam beberapa menit.

Jangan menginstall aplikasi yang tidak perlu atau tidak dipakai. Install saja aplikasi yang memang dibutuhkan. Beberapa aplikasi seperti chatting akan terus rutin menghubungi server mereka, un-install saja dan di install kembali bila diperlukan.
Atau matikan sementara waktu sebagian dari aplikasi yang aktif secara diam diam di smartphone, bila aplikasi tersebut tidak dipakai

Informasi lebih detil untuk menghemat baterai smartphone bisa dilihat pada link Smartphone lambat dan boros baterai

Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/174/TP-Link-TL-WA7210N-Acess-Point
www.obengplus.com/artikel/articles/131/Smartphone Android boros baterai dan lambat ada solusinya
www.obengplus.com/artikel/articles/181/Comodo-Battery-Saver-aplikasi-menghemat-baterai-
www.obengplus.com/artikel/articles/162/3G-Manager-Battery-Saver-hemat-baterai-hemat-kuota-internet
Kalau smartphone lambat, bisa disebabkan perangkat yang aktif. Snapchat ada trik agar tidak boros baterai smartphone. Aplikasi Facebook masih bikin boros baterai smartphone. Indonesia laku dengan Powerbank, karena smartphone sudah kelenger dalam 12 jam. Aplikasi pemeriksa baterai malah bikin boros baterai smartphone.

Samsung Galaxy XCover 3 rilis 2016 dengan standar IP67. Samsung terlihat menampilkan XCover 4 terbaru, tapi dengan procesor Exynos. Smartphone berbasis Android ini tahan air dan debu, serta terinstall Android 7. Update nomor model SM-G390W



Coba lihat smartphone rekan anda, dan teliti aplikasi apa saja yang ada disana. Kebanyakan hanya aplikasi chatting, dan media sosial. Sisanya pasti game. 2017, aplikasi media sosial dan chatting. Apakah ini gunanya smartphone

Smartphone baru Xiaomi Mi4 masuk ke jajaran smartphone dengan baterai paling tahan. Setidaknya mencapai 8 jam lebih dari top rekor Motorola Droid Turbo.

Banyak penguna smartphone membicarakan smartphone dengan kapasitas baterai, resolusi layar dan procesor menentukan kekuatan baterai smartphone. Apakah perangkat tersebut mengunakan baterai lebih banyak. Atau kualitas jaringan provider telekom ikut menentukan. Dijawab Yah, karena salah satu pemakaian baterai menjadi lebih boros adalah kebutuhan koneksi jaringan.

Kali ini teori terbalik dalam pengisian baterai lithium. Baterai lithium ideal diisi dengan voltase 4.2V, bila di isi diatas voltase tersebut maka umur baterai turun sampai separuh. Teorinya, semakin sering di charge maka kapasitas baterai lithium akan menurun. Mengisi baterai yang baik sampai 80% membantu usia baterai.

Smartphone, paling dikeluhkan adalah baterai. Bila semua perangkat aktif, dari GPS, 3G dan WIFI terus aktif. Hitungan 6-8 baterai akan terkuras dengan cepat.



Sebuah tim dari universitas Perdue menyalahkan pengembang aplikasi untuk smartphone. Aplikasi yang kurang baik membuat baterai smartphone bisa habis dalam waktu 5 jam. Mungkin bukan handphone yang boros, melainkan aplikasi terlalu banyak memakai power baterai




No popular articles found.
< /body>