Suhu terdingin dan terpanas di alam semesta


Kategori : Science | Date : 2 January 2019
Berapa derajat suhu terdingin yang pernah kita ketahui atau yang terpanas
Berapa derajat suhu terdingin dan suhu terpanas di alam semesta.

Manusia hanya perlu menganti mantel ketika suhu dingin, dan mengunakan sandal jepit ketika suhu memanas.

Perubahan suhu bagi manusia tidak terpaut jauh, antara dibawah 0 derajat C, sampai 50 derajat C.

Di alam semesta berbeda. Suhu dapat menjadi ekstrim bahkan sangat ekstrim.

Ilmuwan mengunakan suhu ini dengan skala Kelvin. Dimulai dari titik 0 secara teori, ditandai dari gerakan molekuler berhenti. Suhu yang sangat dingin tersebut mengakibatkan perubahan fisik dan kimia yang menarik.

Berbeda lagi bila suhu panas, dan mencaapaaai hemm, jutaan derajat.

Fisikawan dari penelitian Large Hadron Collider / LHC di Cern telah mencoba membuat beberapa pengujian. Dengan membuat suhu terpanas yang pernah dibuat sendiri di dalam lab (di bumi). Mencapai 5,5 triliun Kelvin atau setara 9.9 triliun derajat C. 9.900.000.000.000 derajat C.

Percobaan lain ditempat yang sama adalah kebalikannya, untuk mendinginkan gas natrium.

Tepatnya dimana suhu terpanas dan suhu terdingin di alam semesta ini.

Suhu terpanas terjadi ketika terjadinya Big Bang, atau ledakan besar. Ketika awal dari alam semesta.



Dari suhu terpanas
  1. Diperkirakan suhu terpanas terjadi setelah Big Bang dengan 10 pangkat 32 Kelvin
  2. Suhu terpanas buatan manusia di ruang lab LHD, 45,5 triliun derajat C.
  3. Panas dari sisa bintang yang mati 10 miliar derajat.C
  4. Inti bintang atau fusi nuklir di dalam bintang mencapai 15 juta Celcius
  5. Suhu air panas 100 derajat C
  6. Suhu terpanas yang pernah tercatat di Bumi 56.7 deg.C. Tapi belum mampu menguapkan air
  7. Suhu tubuh manusia rata rata 37 derajat C.
Dari suhu terdingin
  1. Suhu terdingin dimulai dari es yang membeku 0 derajat.C
  2. Suhu terdingin di bumi yang pernah tercatat mencapai -94,7 derajat C.
  3. Suhu buatan manusia untuk mendinginkan merkuri menjadi super kondutor -268,95 deg.C
  4. Sisa panas yang terditeksi dari gelombang microwave sisa aktivitas Big Bang -270 derajat.C
  5. Suhu terdingin di sebuah nebula yang pernah diketahui -272.15 deg.C
  6. Suhu terdingin buatan manusia -273.15 deg.C
  7. Suhu absolut 0. Ketika atom bergerak menjadi satu kesatuan dengan teori Bose Einstein Condensate -273.15 deg.C

Suhu terdingin salah satunya ada di Bulan (Februari 2019).
Suhu terdingin tidak terlalu jauh darai Bumi. Pendarat rover dari China yang dikirim ke bulan, baru di bangunkan setelah 2 minggu berada di sisi gelap bulan. Apa yang tercatat disana.
Suhunya mencapai -190 derajat Celcius ketika malam hari (bagian bulan tidak terkena cahaya matahari). Mungkin diakibatkan dari perubahan tanah di kedua sisi bulan antara bagian yang terkena sinar matahari, dan sisi gelap.

Suhu dingin tersebut lebih rendah dari yang dialami misi Amerika kata Zhang He direktor misi Change-4.
Rover yang dibawah oleh pendarat, disebut Jade Rabbit atau Yutu-2. Telah kembali beroperasi seperti yang direncanakan. Dan melakukan eksperimen di kawah Von Karman kata CNSA, membawa instrumen penelitain dari Swedia.



Untuk apa mencari pengetahuan dengan suhu panas dan dingin. Itninya mencari petunjuk bagaimana kita bisa ada, dan diawal keberadaan alam semesta.

Perbandingan suhu terdingin dan terpanas di bumi, inti bintang dan alam semesta



Baca juga tentang Tabel Periodik, asal mula dari semua elemen yang ada di bumi

Teleskop Hubble sudah 2 kali diperbaiki, untuk memperbaiki kualitas gambar dan melihat lebih detail dan lebih jauh. Tahun 2010 lalu, Hubble menambah peralatan dengan Ultra Deep Field Infra red.Video melihat gambar dengan jarak 5 miliar, 10 miliar tahun cahaya jauhnya. Perubahan galaksi dari galaksi muda, galaksi yang berkembang dan galaksi yang telah matang.

Nebula ESO 577-24 sebuah sisa debu dan gas diruang angkasa. Dahulu benda ini sebuah bintang raksasa merah yang disebut Super Red Giant Star. Tapi nasibnya sekarang sudah selesai, dari bintang raksasa menjadi sebuah bintang kerdil berwarna putih. Diabadikan pusat observasi VLT milik ESO, 10 ribu tahun akan hilang.



Disebut bintang katai merah atau Red Dwarf, lebih kecil dari ukuran matahari. Tidak terlalu panas, dan banyak yang memperkirakan bintang lebih redup nyaman untuk kehidupan. Apakah kita mau tinggal di bintang dengan warna merah atau bintang lebih besar berwarna kuning. Jawabannya relatif, dari posisi dan kapan mahluk hidup mulai berevolusi

Westerlund 2 adalah kelompok bintang yang kompak, saling berdekatan dan jumlahnya mencapai 3000 bintang. Rata rata bintang disana memiliki usia sangat muda, antara 1-2 juta tahun. Sebagian besar adalah bintang dengan cahaya sangat panas, paling terang. sampai paling ukurannya paling masif. WR20a menjadi bintang biner terbesar yang diketahui sampai 2007.

Semua materi dapat dibuat oleh manusia, bahkan plutonium dan lithium dapat digunakan untuk energi. Tetapi emas mungkin tidak dapat dibuat. Darimana asalnya emas, apakah datang dari tanah begitu saja. Proses pembentukan emas mungkin dari kejadian luar biasa di alam semesta

Sebuah tempat yang disebut awan molekuler raksasa paling dekat dengan bumi. Disebut awan W51 dan jaraknya hanya 17.000 tahun cahaya. Menjadi sumber lahirnya bintang, bahkan satu bintang yang baru lahir memiliki ukuran supermasif. Peneliti dapat mempelajari bagaimana bintang lahir ketika galaksi terbentuk.

Plasma adalah materi ke 4, setelah gas, padat dan cair. Plasma disebut sebagai gas terionisasi. Di bumi, materi plasma dapat dibuat tapi tidak bertahan lama. Seperti pemanas fusi nuklir, di alam semeta materi plasma hal biasa seperti bintang atau mataharai kita

Sebuah galaksi mengalami kejadian unik, dan terlempar dari kelompoknya sendiri. Disebabkan sebuah galaksi lain yang menabrak ke galaksi lebih besar, sampai menganggu sebuah galaksi mini. Akhirnya galaksi mini terlempar keluar sendirian.



Diawali dari tata surya dengan keberadaan di bumi. Semua terlihat serasi dan berputar pada tempatnya. Menurut ahli astronom, diluar sana berbeda. Dikatakan kacau bahkan saling menghancurkan.

Gambar diambil oleh satelit observasi tanpa awak Voyager 1. Bumi hanya sebesar 1 titik saja.

Mengunakan camera InfraRed. Hasilnya berbeda dengan tayangan biasa. Resolusi mencapai 70MB



No popular articles found.