Galaksi IC 2163 dan NGC 2207 sedang bertabrakan, tapi kekuatan keduanya terlihat seimbang cukup seimbang.

Tidak ada yang tertarik lebih kedalam, jadi keduanya membentuk lengan spiral lebih panjang. Tabrakan kedua galaksi seperti ini bukan hal langka, dan keduanya berada 110 juta tahun cahaya dari Bumi.

Artinya kedua galaksi tersebut pada 110 juta tahun lalu, keduanya sedang bertabrakan dan terletak di konstelasi Canis Majoris (The Great Dog). Tentu sekarang ini keduanya sudah bergabung menjadi satu galaksi.

Tapi lihat Galaksi IC 2163 di sisi kiri dan NGC 2207 di sisi kanan. Keduanya seperti membentuk pola mata. Gambar yang diambil dari teleskop Hubble ditambahkan dengan warna biru dan digabungkan dengan gambar berwarna pink teleskop Alma di Chile ESO.

Galaksi IC 2163 dan NGC 2207 tabrakan terlihat gambar mata

Ada yang menarik dari keterangan ilmuwan astronomi. Ketika 2 galaksi saling bertabrakan, secara umum satu galaksi dengan massa lebih kecil, maka isi galaksi yang lebih kecil akan tercerai berai (berantakan). Planet dan bintang di galaksi yang lebih kecil dapat terlempar jauh dan pada akhirnya menyatu dengan galaksi yang lebih besar.

Gambar dari teleskop Hubble berwarna biru, adalah struktur dasar galaksi. Gambar berwarna pink adalah gelombang gas karbon monoksida yang diciptakan oleh tabrakan dan bekas dari jejak pemebentukan bintang baru. Di sisi luar galaksi IC2163 di sisi kiri, terlihat jejak tsunami bintang baru. Sehingga di bagian luar galaksi pada gambar kiri memperlihatkan formasi lebih bersinar, dan gumpalan debu dan gas seperti mata.