Galaksi IC 2163 dan NGC 2207 tabrakan terlihat gambar mata


Kategori : Science | Date : 13 December 2016
Galaksi IC 2163 dan NGC 2207 sedang bertabrakan, tapi kekuatan keduanya terlihat seimbang cukup seimbang.

Tidak ada yang tertarik lebih kedalam, jadi keduanya membentuk lengan spiral lebih panjang. Tabrakan kedua galaksi seperti ini bukan hal langka, dan keduanya berada 110 juta tahun cahaya dari Bumi.

Artinya kedua galaksi tersebut pada 110 juta tahun lalu, keduanya sedang bertabrakan dan terletak di konstelasi Canis Majoris (The Great Dog). Tentu sekarang ini keduanya sudah bergabung menjadi satu galaksi.

Tapi lihat Galaksi IC 2163 di sisi kiri dan NGC 2207 di sisi kanan. Keduanya seperti membentuk pola mata. Gambar yang diambil dari teleskop Hubble ditambahkan dengan warna biru dan digabungkan dengan gambar berwarna pink teleskop Alma di Chile ESO.

Galaksi IC 2163 dan NGC 2207 tabrakan terlihat gambar mata

Ada yang menarik dari keterangan ilmuwan astronomi. Ketika 2 galaksi saling bertabrakan, secara umum satu galaksi dengan massa lebih kecil, maka isi galaksi yang lebih kecil akan tercerai berai (berantakan). Planet dan bintang di galaksi yang lebih kecil dapat terlempar jauh dan pada akhirnya menyatu dengan galaksi yang lebih besar.

Gambar dari teleskop Hubble berwarna biru, adalah struktur dasar galaksi. Gambar berwarna pink adalah gelombang gas karbon monoksida yang diciptakan oleh tabrakan dan bekas dari jejak pemebentukan bintang baru. Di sisi luar galaksi IC2163 di sisi kiri, terlihat jejak tsunami bintang baru. Sehingga di bagian luar galaksi pada gambar kiri memperlihatkan formasi lebih bersinar, dan gumpalan debu dan gas seperti mata.


Ketika melihat 2 galaksi bertabrakan dan warna yang terlihat lebih indah. Mungkin kita mengira 2 galaksi yang berdekatan yang saling tarik menarik. Tetapi bukan 2 galaksi tersebut yang saling tarik menarik, satu galaksi terletak lebih jauh dan tidak terkena dampak pertempuran di antara 2 galaksi lain. Ini terjadi antara galalsi NGC 6771 NGC 6770 dan NGC 6769

El Gordo memiliki nama resmi SPT0615-JD. Disebut juga sebagai The Fat One, salah satu cluster atau gugus kumpulan galaksi terbesar yang pernah ditemukan. Terbentuknya SPT0615-JD akibat 2 gugus galaksi yang dahulunya terpisah dan bergerak saling mendekat dan menjadi satu gugus galaksi baru.



Sebuah galaksi NGC 7674 ini bukan memiliki 1 lubang hitam, tapi 2 lubang hitam atau black hole. Dan bukan lubang hitam kecil, tapi lubang hitam ukuran supermasif seperti yang ada di tengah setiap galaksi.. Galaksi NGC 7674 berada 400 juta tahun cahaya dari Bumi.

Tim observasi teleskop WM Keck di Hawai berhasil menghitung galaksi EGSY8p7, satu galaksi EGS-zs8-1 dengan teleskop Hubble. Mereka melihat sebuah titik cahaya sangat tua yang jaraknya 13,2 dan 13 miliar tahun cahaya dari Bumi. Galaksi ini terlihat dari teleskop ruang angkasa, dan hanya selisih 600 juta tahun setelah terjadi Big Bang. Disebut sebagai galaksi sejarah ketika pembentukan alam semesta.

Menurut peneliti, perubahan cahaya yang tertangkap di bumi mengalami pergeseran di angka 7,51. Rekor sebelumnnya ditemukan di bagian yang sama dengan angka Redshift 7,2. Galaksi z8 GND-5296 terlihat lebih merah. Satu galaksi disebut Tayna mencapai 400 juta tahun setelah Big Bang

Galaksi Markarian 231 atau UGS 8058, ditemukan pada tahun 1969. Galaksi ini menarik karena mengeluarkan radiasi ultraviolet sangat kuat. Galaksi Markarian 231 berada 600 juta tahun cahaya dari Bumi. Apa yang akan terjadi dengan 2 lubang hitam disana.

Sebuah gugus galaksi yang jaraknya sangat cadas, 5 milyar tahun cahaya. Diabadikan oleh Hubble, ESA, Nasa teleskop ruang angkasa. Memberikan penampakan luar biasa dari galaksi yang sangat jauh, maklum fotonya saja harus diabadikan selama 14 jam.

Dari European Space Agency menemukan 2 galaksi secara tidak sengaja sebagai peristiwa kosmik langka. Dua galaksi yang sudah tua bergabung menjadi satu dengan ukuran lebih besar



No popular articles found.